x

Rodrigo de Paul vs Dusan Vlahovic, Mana yang Paling Menguntungkan untuk AC Milan?

Sabtu, 8 Mei 2021 17:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM - Rodrigo de Paul vs Dusan Vlahovic, siapa di antara keduanya yang paling bisa menjawab permasalahan di tubuh AC Milan?

AC Milan dikabarkan ingin memboyong Rodrigo de Paul dari Udinese. Rodrigo de Paul merupakan seorang penyerang sekaligus gelandang sayap yang banyak menorehkan gol untuk timnya. 

Menurut laporan surat kabar Italia, La Gazzetta dello Sport, Rossoneri setidaknya harus menyediakan dana sebesar 40 juta euro (Rp694 miliar), apabila ingin memboyong bintang berusia 26 tahun itu ke San Siro. 

Nilai tersebut terbilang cukup besar. Namun, tentunya Diavolo Rosso tidak menyerah begitu saja. Paolo Maldini, Ricky Massara dkk sedang menyusun strategi guna mendaratkan eks pemain Valencia tersebut. 

Baca Juga
Baca Juga

AC Milan bisa melakukan negosiasi dengan tawaran berupa uang tunai ditambah menyisipkan nama Jens Petter-Hauge di dalam kesepakatan transfer itu. 

Nama Rodrigo de Paul rupanya bukan satu-satunya penyerang yang jadi incaran AC Milan. Stefano Pioli ingin memboyong mantan anak buahnya sekaligus penyerang Fiorentina, Dusan Vlahovic, sebagai penerus Zlatan Ibrahimovic di lini depan AC Milan.

Baru berusia 21 tahun, Dusan Vlahovic tampil cukup baik di musim ini yang merupakan musim ketiganya bersama La Viola. Dari 26 laga Serie A Italia, ia berhasil mencetak 12 gol alias hanya tertinggal 2 gol dari Ibrahimovic.

Di sisi lain, Dusan Vlahovic pun diketahui memiliki kedekatan dengan Stefano Pioli. Ia sempat menjadi anak buah Pioli ketika sang pelatih masih membesut Fiorentina pada musim 2018/2019.

Munculnya nama Vlahovic di radar AC Milan pun tidak lepas dari peran Pioli yang sangat menyukai permainannya dan mengusulkan namanya kepada manajemen Rossoneri.

Dusan Vlahovic sendiri masih terikat kontrak hingga Juni 2023 di Fiorentina sejak diboyong dari Partizan Belgrade di bursa transfer musim panas 2018. Meski demikian, La Viola diyakini tidak keberatan melepasnya dengan harga yang sesuai.

Sebetulnya, Rodrigo de Paul dan Dusan Vlahovic adalah dua pemain yang berbeda posisi. Meski sama-sama di lini depan, namun De Paul lebih sering beroperasi di sisi sayap. Sementara Dusan Vlahovic adalah seorang striker murni. 

Baca Juga
Baca Juga

Namun, jika harus memilih siapa di antara keduanya yang paling menguntungkan untuk didatangkan AC Milan di brusa transfer musim panas ini?


1. Rodrigo de Paul vs Dusan Vlahovic

Rodrigo De Paul, gelandang serang Udinese yang diminati AC Milan

Membandingkan keduanya secara langsung memang kurang efektif mengingat keduanya main di dua posisi berbeda. Namun, jika bicara rekam jejak, maka dua pemain ini layak untuk diadu. 

Rodrigo de Paul sudah beberapa tahun ini wara-wiri di Serie A. Tercatat musim ini ia sudah membukukan 8 gol dan tujuh assist dalam 31 penampilannya untuk Udinese di ajang Serie A.

AC Milan di bahwa pelatih Stefano Pioli mengandalkan formasi 4-2-3-1. Formasi ini ditemukan Pioli di paruh kedua musim lalu dan berhasil mengantar AC Milan ke persaingan papan atas Liga Italia. 

Sayang, pada tahun 2021 ini performa I Rossoneri mengalami kemunduran. Selain masalah cedera, AC Milan memiliki kelemahan di pos sayap kanan. 

Jika Pioli bertahan, maka formasi 4-2-3-1 diyakini bakal tetap dipakai AC Milan untuk musim depan. Tentu saja dengan satu syarat, AC Milan meng-upgrade kualitas skuad mereka. 

Rodrigo de Paul pun bisa menjawab permintaan itu. Rodrigo de Paul bisa meng-upgrade pos sayap kanan yang selama ini ditempati oleh Alexis Saelemakers dan Samu Castillejo. 

Kecepatan dan insting mencetak gol yang dimiliki Rodrigo diyakini bakal menambah daya gedor AC Milan. Apalagi, berbeda dengan di Udinese, Rodrigo akan mendapatkan asupan bola dan rekan setim yang lebih baik. 

Rupanya, sektor sayap bukan satu-satunya masalah. Ketika ditinggal Ibrahimovic yang cedera, AC Milan kelimpungan mencari pengganti sepadan. Di sinilah kebutuhan akan Dusan Vlahovic ada. 

Dusan Vlahovic merupakan striker muda terbaik di Serbia saat ini. Masih berusia 21 tahun ia sudah menembus tim utama Fiorentina dan bahkan telah mencetak 19 gol di Serie A musim ini. Catatan yang terbilang bagus bagi striker yang masih berusia 21 tahun. 

Apalagi, tahun 2020 lalu ia dipanggil ke tim senior Timnas Serbia. Di bawah asuhan Dejan Stankovic, ia mengoleksi empat caps dengan kontribusi satu gol. 

Jika ditotal, maka Dusan saat ini telah mencetak 20 gol (73 laga) untuk Fiorentina senior, 20 gol (22 laga) untuk Fiorentina Primavera , dan 3 gol (27 laga) untuk Partizan Belgrade senior. 

Bomber Fiorentina, usan Vlahovic.

Sebagai seorang penyerang, Dusan Vlahovic adalah sosok striker sejati. Ia bukan pemain yang versatile karena posisi terbaiknya adalah striker murni. 

Kelebihan utama dari Dusan Vlahovic adalah kemampuannya dalam melakukan finishing di depan gawang. Gaya mainnya memang sedikit lebih konservatif. 

Akibatnya, ia tidak begitu bagus dalam dribel, menahan bola, dan membantu pertahanan. Dengan tinggi 1,90 m Dusan Vlahovic lebih ganas sebagai target man. 

Ia memiliki kemampuan tembak yang bagus. Dusan juga sangat berbahaya dalam situasi set piece. Ia terkadang bisa mengambil bola-bola mati walau lebih sering menjadi target man. 

Jika bicara kebutuhan, sebetulnya AC Milan memiliki kebutuhan lebih mendesak di sektor striker murni. Cukup sah jika mengatakan bahwa Dusan Vlahovic adalah kebutuhan utama Milan untuk menambah kedalaman skuad musim depan. 

Namun AC Milan diyakini tidak akan berhenti berburu striker saja. Sangat mungkin Rodrigo de Paul pun ikut diangkut manajemen Rossoneri. Sebab, sektor sayap kanan juga jadi sektor yang mengganggu kualitas permainan AC Milan

AC MilanDusan VlahovicLiga ItaliaRodrigo De PaulBerita Liga Italia

Berita Terkini