x

3 Fakta Albert Sambi Lokonga, Wonderkid Belgia Calon Penganti Xhaka di Arsenal

Jumat, 18 Juni 2021 20:38 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Arsenal memburu bintang muda Belgia, Albert Sambi Lokonga, sebagai calon pengganti Granit Xhaka. Sebagus apa pemain 21 tahun milik Anderlecht itu?

INDOSPORT.COM – Arsenal memburu bintang muda Belgia, Albert Sambi Lokonga, sebagai calon pengganti Granit Xhaka. Sebagus apa pemain 21 tahun milik Anderlecht itu?

Arsenal menjadi tim yang sibuk di bursa transfer musim panas ini. Meski belum meresmikan satu pun pemain baru, The Gunners terus mengejar sejumlah bintang untuk diboyong demi mendongkrak performa tim.

Seperti diketahui, Arsenal memang tampil  buruk di musim lalu sehingga hanya finis di posisi 8 Liga Inggris dan gagal lolos ke kompetisi Eropa.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, kebutuhan mendatangkan pemain anyar ini juga terkait dengan bakal hengkangnya sejumlah bintang. Satu nama yang santer disebut bakal segera meninggalkan Emirates Stadium adalah gelandang Granit Xhaka.

Bintang asal Swiss itu disebut menjadi bidikan Jose Mourinho yang kini membesut AS Roma. Laman Football London bahkan menyebut Arsenal dan AS Roma telah mencapai kesepakatan terkait kepindahan sang pemain dengan biaya 20 juta euro (Rp344 miliar).

Kepergian Xhaka ini jelas harus diantisipasi oleh Arsenal. Pasalnya, meski tak menunjukkan performa memukau, Xhaka terbilang konsisten musim lalu dan menjadi andalan di lini tengah. Ia mencatatkan 45 penampilan di semua kompetisi dan menjadi rekan duet utama bagi Thomas Partey.

Dalam pencarian gelandang anyar ini, The Gunners sempat dikaitkan dengan sejumlah nama seperti Ruben Neves dan Yves Bissouma, namun satu nama yang kini menjadi prioritas adalah bintang muda Belgia, Albert Sambi Lokonga.

Baca Juga
Baca Juga

Lokonga sendiri memang tampil memukau musim lalu bersama klubnya, Anderlecht. Meski baru berusia 21 tahun, ia menjadi pilihan utama dengan catatan 37 penampilan di semua kompetisi, serta menyumbangkan 3 gol dan 3 assist.

Bertipe sebagai gelandang box to box, Lokonga punya rataan akurasi passing yang apik yakni 85,8% dan  kemampuan membaca permainan lawan yang terbukti lewat rataan 1,8 intersep per laga, Dengan catatan itu, Lokonga dinilai bisa pendamping yang tepat bagi Thomas Partey.

Demi mengenal lebih dalam buruan anyar Arsenal ini, berikut INDOSPORT merangkum 3 fakta tentang Albert Sambi Lokonga, wonderkid Belgia dan Anderlecht.


1. Kapten Muda yang Nyaris Tampil di Euro 2020

Albert Sambi Lokonga, pemain Anderlecht.

1. Jadi Kapten Anderlecht di Usia 21 Tahun

Albert Sambi Lokonga bergabung dengan akademi Anderlecht pada 2015 lalu ketika berusia 15 tahun. Tampil gemilang di berbagai tingkat usai, ia akhirnya diberi kontrak profesional pada November 2017 sebelum menjalani debut di tim utama pada 22 Desember 2017.

Hingga saat ini, sang gelandang box to box secara total sudah mencatatkan 78 penampilan di semua kompetisi untuk Anderlecht sejak debutnya.

Tak hanya memiliki kemampuan teknis yang baik, Lokonga juga dikenal memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi meski masih sangat belia. Sejak Desember 2021 lalu, ia bahkan ditunjuk menjadi kapten tim Anderlecht walaupun baru berusia 21 tahun. Secara total ia sudah mengenakan ban kapten di 26 laga.

2. Nyaris Tampil di Euro 2020

Tak hanya menjadi andalan Anderlecth, Albert Sambi Lokonga juga merupakan andalan tim timnas Belgia. Ia tercatat sudah membela timnas Belgia di level u-17 hingga u-21, sebelum akhirnya dipanggil ke timnas senior pada Maret lalu meski belum berhasil menjalani debut.

Aksi gemilangnya bersama Anderlecht bahkan membuat pelatih Belgia, Roberto Martinez, mempertimbangkannya masuk ke skuat Euro 2020. Namun, ketatnya persaingan di lini tengah Setan Merah membuat Lokonga akhirnya hanya masuk ke skuat cadangan.

3. Bisa Diboyong Murah

Meski menjadi andalan Anderlecht khususnya dalam dua musim terakhir ini, kontrak Lokonga bersama raksasa Belgia itu akan habis akhir bulan ini dan belum ada tanda-tanda perpanjangan.

Dengan demikian, Arsenal bisa memboyongnya dengan banderol murah mengingat Anderlecht harus segera menjualnya di bursa transfer musim panas ini jika tak ingin kehilangan dirinya secara gratis.

Arsenal sendiri sudah mengajukan tawaran 13,5 juta pounds (Rp271 miliar) yang ditolak Anderlecht. Namun, nominal sebesar 17 juta pounds (Rp341 miliar) diyakini sudah cukup untuk mendapatkan Albert Sambi Lokonga di bursa transfer musim panas ini.

Bursa TransferBelgiaArsenalAnderlechtGranit XhakaLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa Transfer

Berita Terkini