x

Potensi Grup Neraka Bayangi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023

Jumat, 18 Juni 2021 21:44 WIB
Editor: Juni Adi
Timnas Indonesia vs Vietnam

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus lebih dahulu melewati play-off untuk bisa mengikuti Kualifikasi Piala Asia 2023 mendatang.

Timnas Indonesia telah menyelesaikan agenda pertandingan internasionalnya, yaitu mengiktui Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sudah bisa ditebak, penampilan anak asuh Shin Tae-yong jauh dari kata memuaskan.

Tergabung di Grup G yang mayorita dihuni negara-negara Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand dan Uni Emirat Arab, Indonesia tak bisa berbuat banyak.

Baca Juga
Baca Juga

Dari total 8 pertandingan, Skuat Garuda hanya mampu meraih satu poin, dari satu kali imbang dan 7 pertandingan lainnya berakhir dengan kekalahan.

Pil pahit ini ditelan Timnas Indonesia sejak pertandingan perdana kala diasuh oleh pelatih Simon McMenemy. 

Kala itu Timnas Indonesia berhadapan dengan Malaysia di laga perdana Grup G. Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tuan rumah takluk dengan skor 2-3 pada 5 September 2019 lalu.

Lima hari berselang, giliran Thailand yang akan menantang Timnas Indonesia di tempat yang sama. Lagi, tuan rumah tidak bisa berbuat apa-apa karena takluk dengan skor 0-3.

Performa buruk dua kekalahan di laga kandang tersebut rupanya terus mengikuti perjuangan Evan Dimas cs di Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab, di tiga laga tandang selanjutnya Timnas Indonesia takluk yakni melawan Uni Emirat Arab 0-5, Vietnam 1-3 dan Malaysia 0-2.

Rentetan hasil buruk membuat Simon McMenemy dilengserkan oleh PSSI, dan digantikan oleh Shin Tae-yong. Bersama mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu Timnas Indonesia tampil sedikit lebih baik. 

Mereka berhasil menahan imbang Thailand 2-2, namun terbantai di dua laga terakhir melawan Vietnam 0-4 dan Uni Emirat Arab 0-5.


1. Calon Lawan Berat Timnas Indonesia

Timnas Indonesia vs Vietnam

Rapor merah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 jelas menjadi catatan penting bagi PSSI untuk melakukan evaluasi menyeluruh. 

Pemustan latihan atau TC yang dilakukan selama ini nyatanya belum bisa membuat level permainan Timnas Indonesia naik satu tinggkat, untuk bersaing di ajang internasional. 

Dalam artian TC saja rupanya tidak cukup, maka dari itu uji coba dengan negara-negara kuat wajib dilakukan sesering mungkin untuk mengukur dan mengevaluasi kekuatan tim oleh pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga
Baca Juga

Apalagi Timnas Indonesia harus kembali bersiap untuk melakoni laga play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada September 2021 mendatang.

Ya, Timnas Indonesia harus tampil di play-off untuk bisa mengikuti babak utama Kualifikasi Piala Asia 2023, lantaran mereka finis di peringkat terbawah dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia lalu.

Babak playoff akan digelar kandang dan tandang. Laga leg I dilangsungkan pada 7 September, sedangkan leg II digelar pada 12 Oktober 2021.

Kendati belum diketahui lawannya karena AFC baru akan melakukan undian pekan depan, namun persiapan yang matang wajib dilakukan oleh Timnas Indonesia untuk bisa membuka harapan tampil di putaran final Piala Asia 2023.

Sebab yang perlu disadari adalah jalan Timnas Indonesia tidak akan mudah. Andai mereka mampu melewati hadangan play-off, Skuat Garuda dibayangi oleh grup neraka di Kualfikasi Piala Asia 2023.

Total ada 24 tim peserta, yang akan berlaga dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing grup dihuni oleh 4 tim.

Pada pembagian grup tersebut, Timnas Indonesia terancam akan mendapat lawan sulit jika mereka berhasil lolos dari babak play-off.

Dilansir dari media Vietnam, Lao Dong, Timnas Indonesia berpotensi melawan Uzbekistan, Tajikistan, Yordania, Kuwait karena Indonesia akan masuk dalam pot terbawah dalam undian nanti.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, Timnas Indonesia juga berpeluang berjumpa lagi dengan Timnas Thailand yang berada di pot kedua.

Dari putaran tersebut, nantinya akan diambil 11 tim yang terdiri dari 6 juara grup dan 5 runner-up terbaik untuk melaju ke Piala Asia 2023.

Saat ini, sudah ada 13 tim yang pasti tampil di kompetisi terbesar di Asia tersebut. China selaku tuan rumah, kemudian Jepang, Suriah, Qatar, Korea Selatan, Australia.

Iran, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Irak, Oman, Vietnam, dan Lebanon. Mereka berhak tampil di Piala Asia 2023 karena lolos dari putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

PSSITimnas IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022Shin Tae-yong

Berita Terkini

Berita Terpopuler