x

Bedah Potensi Ricardinho, Wonderkid Brasil Calon Deputi Lukaku di Inter Milan

Jumat, 18 Juni 2021 10:04 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Selebrasi Ricardinho, Wonderkid Brazil Incaran Inter Milan

INDOSPORT.COM – Intip potensi serta statistik Ricardinho, salah satu wonderkid Brasil yang dikabarkan bakal direkrut Inter Milan sebagai calon pelapis dan penerus Romelu Lukaku. Pilihan tepat buat Nerazzurri?

Kubu Inter Milan sendiri sampai saat ini memang terlihat pasif di bursa transfer, tidak ada tanda-tanda sang juara bertahan Liga Italia 20/21 tersebut bakal datangkan punggawa anyar.

Selain masalah finansial, efek kepindahan Antonio Conte akhir musim lalu juga jadi penyebab minimnya pergerakan Inter Milan untuk memperkokoh skuad mereka.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan beberapa waktu lalu dikabarkan, jika Inter Milan malah berniat melepas satu bintang mereka, Achraf Hakimi untuk menutupi kerugian sepanjang musim 2019/20 silam.

Hal ini dilaporkan oleh Fabrizio Romano mengutip dari hasil wawancara sang agen dengan sebuah stasiun radio. Secara terbuka, sang agen menyebut Hakimi menjadi satu-satunya pemain yang sejauh ini dipastikan meninggalkan Inter.

Meski bakal kehilangan pemain utamanya, namun uang penjualan Hakimi tersebut diprediksi bisa mengembalikan kondisi finansial Inter Milan, sehingga musim depan La Beneamata dapat kembali bersaing di papan juara.

Andai keuangan membaik, kubu Inter Milan kabarnya sudah siap untuk berbelanja pemain. Salah satu nama incaran mereka yang belakangan santer diberitakan adalah Ricardo Viana Filha.

Penyerang muda Brasil yang kerap disapa Ricardinho ini, memang sukses tampil gemilang di kompetisi lokal dan membuat namanya mulai dilirik tim-tim Eropa, termasuk Inter Milan.

Melansir dari laman FCInterNews, sang agen pemain yakni Fernando Fernandes, menyebut jika Inter Milan telah mengirimkan pemandu bakat untuk melihat langsung aksi Ricardinho.

Hasilnya, tim analis Inter Milan merasa puas dengan performa penyerang 20 tahun tersebut dan mulai menyiapkan dana untuk bisa memboyong bintang Gremio tersebut.

"Ya, pemandu bakat dan manajemen Inter mengawasinya. Dia (Ricardinho) memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi bagian dari klub seperti Nerazzurri. Dia akan menjadi Nomor 9 Brasil berikutnya, mulai 2023,” ucap Fernandes.

Meski belum ada keterangan resmi dari pihak klub, namun rumor kedatangan Ricardinho mulai memberikan harapan baru bagi para pendukung Inter Milan. Bisa jadi, sang pemain bakal jadi suksesor bintang Amerika Latin di kubu Biru-Hitam setelah era Lautaro Martinez.

Baca Juga
Baca Juga

Lantas, seperti apakah potensi serta statistic Ricardinho sejauh ini? Pantaskah sang pemain jadi penerus atau bahkan pengganti Romelu Lukaku sebagai mesin gol Inter Milan? Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Profil dan Statistik

Ricardinho, Wonderkid Brazil Calon Deputi Lukaku di Inter Milan

Lahir Sao Paulo, Brazil, awal karir sepak bola Ricardinho dimulai dengan bergabung bersama tim lokal Sao Paulo. Di tim akademi tersebut, dirinya mampu tampil selama empat tahun yakni dari 2016 hingga 2020.

Sebelum memperkuat tim akademi Sao Paolo, Ricardinho sempat mencuri perhatian dengan mampu mencetak 14 gol di ajang Campeonato Paulista U-15. Torehan golnya hanya kalah dari Rodrygo (18 gol), penyerang yang kini memperkuat Real Madrid.

Bersama tim muda Sao Paolo, Ricardinho berhasil catatkan 39 pertandingan dan mencetak 16 gol untuk skuad U-17. Namun sayang, meski gemilang di tim junior dirinya belum dapat kesempatan tampil bersama kesebelasan Sao Paolo senior.

Hingga akhirnya pada 2020, Ricardinho Viana gabung ke akademi Gremio di usianya yang masih menginjak 19 tahun. Gemilang di tim U-20, sang pemain pun langsung dipercaya naik kelas ke tim senior.

Pada musim 20/21, walaupun jarang jadi starter namun Ricardinho kerap dipilih untuk mengisi line up Gremio dalam ajang Serie A Brazil atau kasta tertinggi sepak bola negeri Samba.

Total di musim ini, Ricardinho mampu bermain sebanyak 18 pertandingan dengan torehan delapan gol serta satu assists buat Gremio. Selain itu, dirinya juga ikut berkontribusi dalam mempersembahkan gelar juara Campeonato Gaúcho serta Recopa Gaúcha tahun 2021 silam.

Potensi dan gaya Main
Jika melihat dari cuplikan pertandingannya, Ricardinho diketahui memiliki gaya main yang mobile terutama saat berada di area kotak 16 lawan. Dalam salah satu wawancara, dirinya juga menjelaskan bahwa ia lebih suka berada di belakang striker tunggal untuk menarik pemain lawan.

“Saya (striker) mobile nomor 9, saya bisa bergerak di area penalti, tipe petarung, tapi saya juga punya kecepatan. Intinya saya suka banyak bergerak,” ucapnya dilansir ESPN.

Meski bersifat second striker, namun positioning Ricardinho saat dipercaya sebagai goal getter terbilang tepat. Beberapa kali dirinya bisa cetak gol usai memanfaatkan kemelut, atau memaksimalkan umpan silang di depan kotak penalti.

Dengan gaya mainnya ini, Ricardinho cocok sebagai pelapis Romelu Lukaku namun tentu banyak hal yang harus diperbaiki. Mulai dari postur tubuh yang harus diisi, hingga first touch saat menerima bola.

Bursa TransferBrasilInter MilanLiga ItaliaBola InternasionalprofilBerita Liga Italia

Berita Terkini

Berita Terpopuler