x

Doni, Kiper Fenomenal yang Pernah Dipermalukan Manchester United

Sabtu, 18 September 2021 20:08 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Donieber Alexander Marangon pernah dipermalukan Manchester United saat masih berseragam AS Roma.

INDOSPORT.COM - Mengingat sosok kiper yang pernah fenomenal di Liga Inggris, Donieber Alexander Marangon alias Doni, yang pernah dipermalukan Manchester United.

Wajah penjaga gawang yang satu ini memang cukup familier di mata para pencinta Liga Inggris, terutama Manchester United dan Liverpool.

Doni sempat beken di kalangan publik Liga Inggris karena timnya dahulu, AS Roma, pernah dibabat tujuh gol saat berlaga di leg kedua perempat final Liga Champions 2006-2007. Setan Merah saat itu menang dengan skor 7-1.

Gawang Doni secara mengerikan diberondong bola habis-habisan oleh skuat Manchester United yang masih beranggotakan Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo dkk.

Baca Juga
Baca Juga

Dua nama yang disebut di atas pun juga turut mencatatkan namanya di papan skor malam itu. Awal mula mimpi buruk AS Roma sendiri adalah Michael Carrick yang membuka keunggulan timnya pada menit ke-11.

AS Roma yang baru diberi kesempatan bernapas enam menit pun harus ngos-ngosan lagi meladeni serangan Manchester United yang tiada habisnya. Sampai akhirnya, Alan Smith mencetak gol pada menit ke-17.

Namun hanya selang dua menit, Manchester United mengamuk lagi. Kali ini aktor utamanya adalah Wayne Rooney, yang membuat publik Old Trafford kembali bersorak karena dianugerahi gol ketiga.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan skor 3-0, Setan Merah sejatinya sudah cukup di atas angin. Walaupun yang dilawan adalah sama-sama klub besar seperti AS Roma, Wayne Rooney cs juga bukan tim yang bakal mudah dikalahkan begitu saja, apalagi sudah unggul tiga gol tanpa balas.

Justru sebaliknya, Giallorossi-lah yang terus-terusan dibabat di laga ini. Cristiano Ronaldo semakin menambah duka tim tamu dengan dua golnya yang menjadikan skor 5-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Memasuki menit ke-60, Michael Carrick lag-lagi mencatatkan namanya di papan skor dan menyulap perolehan angka menjadi 6-0. Namun tidak berapa lama, AS Roma akhirnya berhasil pecah telur juga lewat Daniele De Rossi.

Gol De Rossi itu pun jadi satu-satunya yang bisa dicetak AS Roma ke gawang Manchester United. Setan Merah kemudian menutup laga dengan skor 7-1 lewat tambahan gol Patrice Evra.


1. Apa Kabar Doni?

Donieber Alexander Marangon saat berseragam AS Roma.

Manchester United pun berhak melaju ke semifinal usai unggul agregat 8-3. Sebagai informasi, hasil ini merupakan salah satu comeback impresif Setan Merah setelah sempat kalah 1-2 di leg pertama di kandang AS Roma.

Tidak tanggung-tanggung, pembalasan dendam mereka langsung fantastis dengan membabat lawan 7-1 dan berakhir dengan keunggulan agregat 8-3.

AS Roma tentu saja harus pulang tertunduk dari Old Trafford malam itu. Doni sebagai pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang pun dengan mudah jadi kambing hitam kegagalan Giallorossi yang dipermalukan di Old Trafford.

Soal peristiwa bersejarah ini, Doni juga sudah sempat buka suara. Ia mengaku AS Roma hanya tidak beruntung malam itu. Hal tersebut diungkapkannya saat kedua tim dijadwalkan berjumpa kembali di perempat final Liga Champions 2007-2008.

Sempat percaya diri karena skuat Giallorossi sudah bertambah kuat, Doni yang cedera yakin timnya kali ini bisa tampil sebagai pemenang. Namun apa mau dikata, lagi-lagi AS Roma ditendang keluar dari kompetisi, kali ini lewat aggregat 3-0.

Sudah dikenal publik Premier League, Doni pun dibawa nasib kembali ke tanah Inggris saat bergabung dengan Liverpool pada 2011.

Namun sepertinya Inggris bukan tempat yang ramah bagi sosok kelahiran 22 Oktober 1979 tersebut. Setelah punya kisah pahit dengan Manchester United, ia juga tidak punya karier yang cemerlang bersama Liverpool.

Lantas apa kabar Doni setelah masa-masa kurang menyengangkannya di Inggris? Ia hengkang ke Botafogo-SP pada 2013, namun memutuskan pensiun tidak lama kemudian karena memiliki penyakit jantung.

Setelah gantung sepatu, Doni pun terjun ke dunia bisnis dan membuka sebuah taman rekreasi. Ia juga hidup bahagia dengan istri dan anak-anaknya sampai saat ini. 

Manchester UnitedLiverpoolLiga ChampionsAS RomaBola InternasionalDonieber Alexander Marangon

Berita Terkini