x

Urutan Tim Terkuat di Piala AFF Berdasarkan Ranking FIFA, Indonesia Nomor Berapa?

Selasa, 30 November 2021 16:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut urutan tim terkuat di Piala AFF 2020 berdasarkan ranking FIFA.

INDOSPORT.COM - Dari sepuluh peserta yang bakal beradu nasib di Piala AFF edisi kali ini, sekuat apakah posisi Timnas Indonesia jika merujuk pada ranking FIFA?

Mungkin ini adalah salah satu dari sekian pertanyaan yang sempat singgah di benak para pencinta sepak bola Tanah Air. Apalagi jika mengingat tim-tim peserta lainnya seperti Vietnam atau Thailand bukan calon lawan yang mudah dihadapi.

Piala AFF sendiri rencananya akan mempertandingkan laga perdana mereka yakni Timor Leste vs Thailand pada 5 Desember mendatang. Kedua tim ini berada di Grup A bersama Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Sementara itu, Timnas Indonesia merupakan anggota Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam jadwal yang sudah dirilis, Skuat Garuda bakal berjumpa Kamboja di laga pembuka Piala AFF 2020 Grup B, Kamis (09/12/21). Setelah itu, mereka akan menghadapi Laos di laga kedua, Minggu (12/12/21).

Indonesia baru akan bertemu lawan berat di laga ketiga. Skuat besutan Shin Tae-yong ini dijadwalkan bersua Vietnam di laga ketiga Grup B, Rabu (15/12/21). Baru setelahnya, melawan Malaysia, Minggu (19/12/21).

Total akan ada 26 pertandingan yang dilangsungkan di Piala AFF 2020, termasuk partai final yang bakal digelar dalam format dua leg.

Baca Juga
Baca Juga

Nah, dari sepuluh tim peserta, jelas ada yang berstatus unggulan, favorit pemirsa, dan tentunya para kuda hitam yang siap membuat kejutan. Tentu, predikat-predikat itu pun tidak dilabelkan begitu saja tanpa alasan.

Setiap tim pasti punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, termasuk materi pemain, reputasi, dan sepak terjang mereka jelang bergulirnya Piala AFF 2020.

Namun bagaimana jika membahas ranking FIFA? Kira-kira ada di nomor berapa Timnas Indonesia dari 1 sampai 10?


1. Berdasarkan Ranking FIFA

Berikut urutan tim terkuat di Piala AFF 2020 berdasarkan ranking FIFA.

10. Timor-Leste

Dari keseluruhan peserta Piala AFF 2020, tim yang berperingkat FIFA paling rendah adalah Timor-Leste, yang bercokol di ranking 194 per 19 November 2021.

Meski begitu, tim ini jelas tidak boleh dipandang sebelah mata. Mengingat perkembangan sepak bola di sana yang terus berkembang dari masa ke masa, bukan tidak mungkin Timor-Leste menjelma jadi kuda hitam di Piala AFF 2020.

9. Laos

Selanjutnya ada Laos yang berperingkat 185 FIFA. Sebagai informasi, tim ini baru saja merekrut pemain dari Ligue 2 Prancis yakni Billy Ketkeophomphone, yang diberi status warga negara kehormatan dari pemerintah Laos.

8. Kamboja

Ditangani oleh pelatih asal Jepang, Ryu Hirose, Kamboja agaknya layak jadi salah satu timnas yang mulai diperhitungkan di Asia Tenggara.

Namun jika berbicara tentang ranking FIFA, tim ini masih bercokol di peringkat 170, berada di bawah tujuh peserta lainnya di Piala AFF 2020.

7. Indonesia

Akhirnya nama yang ditunggu-tunggu muncul juga. Timnas Indonesia berada di urutan ke-7 dari 10 tim terkuat Piala AFF 2020 berdasarkan ranking FIFA.

Skuat asuhan Shin Tae-yong ini menghuni peringkat 166. Meski begitu, mereka masih akan mendapat tambahan poin setelah mengalahkan Myanmar tempo hari.

6. Singapura

Di atas Timnas Indonesia, ada Singapura yang lebih unggul untuk soal ranking FIFA. Tim ini berada di peringkat 160.

5. Malaysia

Selanjutnya adalah Malaysia yang saat ini berperingkat 154 FIFA. Meski begitu, mereka termasuk tim yang selalu eksis di ajang Piala AFF lantaran cukup sering finis sebagai empat besar.

Juara edisi 2010 ini yang teranyar berhasil menggondol titel runner-up pada gelaran tahun 2018 lalu.

4. Myanmar

Meski baru saja kalah dari Timnas Indonesia di laga uji coba tempo hari, tim ini memliki peringkat FIFA yang lebih baik dari anak-anak asuh Shin Tae-yong.

Dari seluruh peserta Piala AFF 2020, Myanmar menduduki peringkat 148 FIFA dan siap merepotkan kontestan lainnya di kompetisi ini.

3. Filipina

Sampai ke tiga besar, ada Filipina yang berperingkat 126 FIFA. Tim yang satu ini harus benar-benar diperhitungkan kiprahnya karena berpotensi jadi ancaman besar bagi para peserta Piala AFF 2020.

2. Thailand

Tidak mengherankan apabila tim dari Negeri Gajah Putih berada di peringkat dua teratas, mengingat ranking FIFA mereka juga cukup tingi yakni 118.

Thailand adalah lawan yang sulit ditaklukkan di mata seluruh peserta. Semua berkat sepak terjang mereka yang mentereng sebagai tim tersukses sepanjang sejarah Piala AFF dengan lima gelar juara.

1. Vietnam

Pemegang ranking 99, satu-satunya tim peserta Piala AFF yang berada di 100 besar FIFA. Lagi-lagi, pesaing paling berat lantaran berstatus juara edisi sebelumnya (2018).

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler