x

Resmi Gabung Tottenham, Apa yang Bisa Diberikan Adama Traore untuk Conte?

Minggu, 23 Januari 2022 11:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Pemain Wolverhampton Wanderers, Adama Traore dilaporkan akan segera resmi bergabung Tottenham Hotspur. Lalu, apa yang bisa ia berikan untuk Antonio Conte?

Jelang penutupan bursa transfer, Tottenham bergerak cepat untuk mengamankan jasa Adama Traore dari Wolves demi memenuhi keinginan sang pelatih, Antonio Conte.

Winger yang juga bisa beroperasi sebagai Wing Back kanan ini menjadi awalan sekaligus target utama Conte guna merevolusi skuat Tottenham musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dilaporkan oleh The Athletic, Tottenham dan Wolves terus intens melakukan negosiasi untuk mencapai kata sepakat mengenai biaya transfer.

Sedangkan laporan Football Insider menyebutkan, Adama Traore akan segera resmi bergabung Tottenham Hotspur dengan biaya 22,5 juta poundsterling (Rp437 miliar).

Kepindahan ini pun diklaim hanya menunggu waktu saja. Pemain berusia 25 tahun itu sendiri telah dibawa ke London saat Wolves bersua Brentford dalam lanjutan Liga Inggris 2021/22.

Baca Juga
Baca Juga

Hadirnya Adama Traore di kubu Tottenham pun akan menjadi tambahan sempurna bagi Conte yang membutuhkan suntikan pemain baru untuk membawa Spurs ke empat besar.

Selain itu, bagi Tottenham dan sang petinggi, Daniel Levy, usaha mendatangkan Traore menjadi janji yang harus ditepati ke Conte saat mendapuknya sebagai pelatih.

Pertanyaannya, apa yang bisa diberikan Adama Traore nantinya baik untuk Antonio Conte dan Tottenham Hotspur? Berikut INDOSPORT.com akan membedah kualitas pemain berkebangsaan Spanyol tersebut.


1. Adama Traore: 'The New Victor Moses' bagi Antonio Conte

Adama Traore, pemain Wolves

Bagi penikmat Liga Inggris, Adama Traore bukanlah sosok asing. Ia dikenal sebagai pemain dengan daya juang tinggi yang diberkahi kecepatan dan fisik mumpuni.

Bisa dikatakan, Adama Traore adalah tipikal pemain kesukaan Conte, yakni pekerja keras, fisik mumpuni dan punya kecepatan, terlebih untuk posisi Wing Back.

Kebetulan apa yang dimiliki Adama Traore mengingatkan Conte pada salah satu pemain kesukaannya, yakni Victor Moses saat menukangi Chelsea.

Baik Moses dan Traore juga punya riwayat yang sama, yakni penyerang sayap atau winger yang juga bisa beroperasi sebagai Wing Back dalam skema tiga bek yang dipakai Conte.

Dengan kata lain, Traore akan menjadi ‘The New Victor Moses’ bagi Conte di Tottenham. Dari sini saja bisa dibilang pembelian ini merupakan langkah cerdas bagi Spurs.

Beralih ke kualitas Traore sendiri, yakni berdasarkan statistiknya. Apakah benar ia akan menjadi ‘The New Victor Moses’ bagi Conte?

Traore punya kreatifitas perihal dribel, di mana ia merupakan pemain dengan salah satu tingkat kesuksesan dribel tertinggi di Liga Inggris musim ini dengan 5,04 kali per 90 menit.

Bahkan, dribel ini tak hanya soal menggocek bola saja. Traore melakukan dribel suksesnya  dengan melakukan tusukan ke pertahanan lawan atau Progressive Carries.

Rata-rata tusukan ke area lawan yang dibuat Traore dengan dribelnya merupakan yang tertinggi di Liga Inggris musim ini, dengan 9,55 kali per 90 menit.

Tak pelak, dari pergerakannya itu, Traore kerap menciptakan peluang tembakan baik dengan operan, dribel dan pelanggaran bagi rekannya atau Shot Creating-Actions (SCA) dengan rataan 3,85 kali per 90 menit.

Dari statistik ini bisa dibedah bahwa Traore merupakan pemain yang cocok mengisi pos Wing Back kanan Tottenham di era Conte saat ini.

Bandingkan saja dengan Emerson Royal yang cenderung aktif bertahan, namun pasif saat menyerang dan melakukan tusukan. Apalagi dengan Matt Doherty yang juga bertipikal sama.

Dengan adanya Wing Back kanan yang aktif melakukan tusukan, maka para pemain depan akan diuntungkan dengan banyaknya ruang kosong yang didapat.

Traore dengan kekuatan fisik dan kecepatan maupun dribelnya, bisa menarik para pemain bertahan lawan dan memberi ruang bagi para penyerang Tottenham nantinya.

Kualitas ini sama dengan apa yang dimiliki Victor Moses saat membela Chelsea di bawah arahan Conte, di mana para penyerang The Blues saat itu seperti Eden Hazard, Diego Costa dan Pedro Rodriguez aktif mencetak gol.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pembelian Adama Traore nantinya akan menjadi pembelian cerdas bagi Tottenham Hotspur.

Bukan tidak mungkin kehadiran Adama Traore akan membuat Tottenham Hotspur jauh lebih baik dan berkembang pesat di paruh kedua Liga Inggris 2021/22, sama seperti saat Chelsea diasuh Conte.

Bursa TransferTottenham HotspurAntonio ConteAdama TraoreIn Depth SportsWolverhampton Wanderers (Wolves)Sepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler