x

Pemain Naturalisasinya Tolak Bela Timnas Malaysia, Ini Pembelaan FAM

Selasa, 25 Januari 2022 19:21 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
Mohamadou Sumareh menolak membela timnas Malaysia di Piala AFF dan membuat geram fans Harimau Malaya namun FAM masih menengahi.

INDOSPORT.COM - Kegagalan timnas Malaysia di ajang Piala AFF 2020 lalu dianggap oleh federasi mereka (FAM) sebagai buah ketidaksempurnaan skuat yang dibawa oleh pelatih Tan Cheng Hoe yang saat ini sudah mundur.

Contohnya saja bintang naturalisasi Mohamdou Sumareh yang menolak untuk dipanggil namun justru mendapat pembelaan.

Sumareh sejak 2018 sudah menjadi bagian dari Malaysia usai pergantian paspor dari Gambia sukses dilakukan. Sejak awal kariernya di negeri jiran pada 2013 lalu bersama PDRM FC, ia memang sudah dianggap sebagai talenta elite dan kemudian dinaturalisasi.

Hanya saja Sumareh enggan pergi ke Piala AFF edisi lalu karena punya urusan keluarga di negara asalnya. Skuat Malaysia pun tidak lengkap tanpa kehadiran winger 27 tahun pengoleksi 22 caps dan enam gol tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Hasilnya Malaysia gagal untuk lolos dari fase grup usai kalah saing dengan Timnas Indonesia dan Vietnam. Akan tetapi, FAM meminta pada publik untuk tidak menjadikan Sumareh sebagai kambing hitam.

"FAM memang bersalah dalam kegagalan di Piala AFF karena tidak mengirim jumlah pemain yang semestinya. Kami ingin menggunakan 30 pemain seperti regulasi namun sembilan orang menolak panggilan, contohnya Sumareh," ungkap Datuk Haji Hamidin Mohd Amin selaku presiden FAM.

Baca Juga
Baca Juga

"Sebelum ajang dimulai, Sumareh sudah bertemu dengan coach Tan dan saya. Jika ada masalah penting keduanya pasti akan datang. Ada persoalan mendesak di Gambia dan itu membuatnya tidak dapat mebela timnas,"

"Setelah itu kami putuskan untuk memanggil Arif Aiman sebagai ganti. Padahal sebelumnya kami sepakat untuk menunggu Sumareh bergabung di tengah-tengah kompetisi," lanjutnya lagi.


1. Naturalisasi Kian Dikecam

Guilherme De Paula

Walau sudah ada alasan yang masuk akal namun Sumareh tetap jadi sasaran kemarahan publik sepak bola Malaysia. Ia dianggap tidak profesional dan bisa jadi hanya mengarang cerita saja perkara keluarganya.

Hal ini kemudian memicu kekecewaan susulan pada program naturalisasi dari FAM. Sebelumnya fans Harimau Malaya juga sudah tidak puas dengan performa striker kelahiran Brasil, Guilherme de Paula Lucrécio, yang kebetulan jadi rekan satu tim Sumareh saat ini di Johor Darul Ta'zim.

De Paula gagal bikin satu pun gol pada Piala AFF 2020 lalu. Bahkan posisi sebagai penyerang inti pun seringkali gagal ia amankan sehingga wajar fans Malaysia meminta agar tidak ada naturalisasi lagi ke depannya.

Bola InternasionalTimnas MalaysiaAsosiasi Sepakbola Malaysia (FAM)Mohamadou Sumareh

Berita Terkini

Berita Terpopuler