x

Abramovich Berulah Lagi, Penjualan Chelsea Terancam Dibatalkan Pemerintah Inggris

Selasa, 17 Mei 2022 05:17 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Yosef Bayu Anangga
Proses kepemilikan baru klub Liga Inggris, Chelsea menemui babak baru. Muncul gosip jika Pemerintah Inggris batal memberi ijin lisensi penjualan The Blues.

INDOSPORT.COM - Proses kepemilikan baru klub Liga Inggris, Chelsea menemui babak baru. Muncul gosip jika Pemerintah Inggris batal memberi ijin lisensi penjualan The Blues. Akibatnya, Chelsea berada di ambang kebangkrutan.

Kabar tersebut jelas mengejutkan publik. Pasalnya, awal bulan ini The Blues telah resmi mengumumkan jika kepemilikan tim resmi jatuh kepada konsorsium asal Amerika Serikat yakni Todd Boehly.

Baca Juga

“Chelsea Football Club mengonfirmasi bahwa persyaratan telah disetujui untuk grup kepemilikan baru, yang dipimpin oleh Todd Boehly, Clearlake Capital, Mark Walter dan Hansjoerg Wyss, untuk mengakuisisi Klub," bunyi pernyataan klub pada Sabtu (07/05/22) pagi WIB.

Meski The Blues telah mengumkan Todd Boehly akan jadi pemilik baru Chelsea, nyatanya hingga sekarang kabar tersebut belum terealisasikan.

Usut punya usut rupanya Pemerintah Inggris belum memberi lampu hijau terkait penjualan Chelsea ke tangan Todd Boehly.

Baca Juga

Melansir dari Sky Sports, Pemerintah Inggris tak yakin dengan komitmen Roman Abramovich yang disebut akan merelakan hasil penjualan Chelsea untuk membantu korban perang Ukraina.

Diketahui duit penjualan Chelsea menghasilkan dana sekitar 2,5 miliar poundsterling (Rp44,7 triliun). Jumlah tersebut digadang-gadang akan dipakai Abramovich untuk korban perang.

Sayangnya, para pejabat di Pemerintah Inggris tidak yakin bahwa Abramovich benar-benar mengalokasikan dana penjualan Chelsea untuk alasan kemanusiaan.

Baca Juga

"Pengambilalihan Chelsea Football Club telah dilemparkan ke dalam keraguan baru menyusul kebuntuan antara pemilik Roman Abramovich dan Whitehall mengenai persyaratan kesepakatan," tulis laporan tersebut.

"Orang-orang yang dekat dengan diskusi mengatakan bahwa para menteri belum menerima jaminan yang mereka cari dari Abramovich tentang tujuan dari hasil penjualan £2,5 miliar," tambahnya.


1. Nasib Chelsea

Logo Chelsea

Ditambahkan oleh laporan tersebut jika keraguan Pemerintah Inggris pada komitmen Abramovich bakal berimbas pada nasib Chelsea.

Bahkan, kemungkinan terburuknya Chelsea bakal gagal berkompetisi di Liga Inggris musim depan hingga terancam bangkrut.

Baca Juga

Bagaimana tidak, tenggat waktu penjualan klub sendiri akan berakhir pada 31 Mei 2022 alias kurang dari 2 minggu lagi.

Andai lisensi tak segera diterbitkan Pemerintah Inggris, Chelsea tak bisa mendaftarkan dirinya ikut kompetisi Premier League.

Jika hal tersebut terjadi, The Blues berada di ambang kebangkrutan lantaran mereka tak menemukan pemilik baru.

Baca Juga

"Tanpa kesepakatan di depan berbagai tenggat waktu otoritas sepakbola, Chelsea dapat dikeluarkan dari kompetisi klub musim depan atau bahkan menghadapi ancaman administrasi baru," bunyi laporan tersebut.

"Pengambilalihan Chelsea tetap tunduk pada persetujuan dari Liga Premier, dan penerbitan lisensi khusus dari pemerintah,"

"Itu diharapkan dalam dua minggu ke depan, meskipun orang-orang yang dekat dengan kesepakatan telah memperingatkan bahwa itu belum pasti akan terjadi,"

Baca Juga

Meski demikian, muncul gosip jika musim depan Chelsea tetap jadi aset sitaan Pemerintah Inggris.

Itu artinya, kemungkinan besar aktifitas klub bakal tetap dibekukan seperti sekarang. Kecuali Chelsea menemukan pemilik baru.


2. Chelsea Temukan Permata Tim Gurem

Logo Chelsea.

Sementara itu, Chelsea nampak serius mencari bek baru dan telah menemukan permata di tim gurem Liga Jerman yakni Amos Pieper dari Arminia Bielefeld.

Sebentar lagi Chelsea akan melepas dua bek andalannya yakni, Antonio Rudiger dan Andreas Christensen secara gratis di bursa transfer musim panas mendatang.

Chelsea diketahui tak bisa mencapai kesepakatan akan kontrak baru dengan dua pemainnya itu. Salah satunya akibat sanksi yang diberikan pemerintah Inggris.

Baca Juga
InggrisChelseaRoman AbramovichLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini