x

Deretan Fakta Mengejutkan Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games

Rabu, 18 Mei 2022 21:13 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

INDOSPORT.COM - Berikut deretan fakta mengejutkan jelang pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal cabang olahraga sepak bola putra SEA Games 2021.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 lolos ke semifinal SEA Games 2021 setelah sebelumnya finis di posisi kedua Grup A di bawah tuan rumah Vietnam.

Baca Juga

Sempat dihajar Vietnam dengan skor 0-3, Egy Maulana Vikri dkk akhirnya bangkit dan mendulang kemenangan dalam tiga laga sisa saat bersua Timor Leste (4-1), Filipina (4-0) dan Myanmar (3-1).

Sementara itu, Thailand lolos ke semifinal setelah finis sebagai juara Grup A. Di laga perdana pasukan Alexandre Polking sempat bermain buruk hingga akhirnya dipermalukan Malaysia dengan skor 1-2.

Baca Juga

Sama seperti Timnas Indonesia U-23, Thailand kemudian mampu bagkit dan menyapu bersih tiga laga sisa. Mereka sukses menggilas Singapura (5-0), Kamboja (5-0) dan Laos (1-0).

Sebenarnya pasukan Shin Tae-yong sempat diprediksi bakal bersua Malaysia di semifinal. Namun Skuat Negeri Jiran justru mengalami hasil pahit di laga terakhir setelah ditahan Kamboja dengan skor 2-2.

Sementara itu, meski bakal bersua lawan kuat yakni Thailand di semfinal, Witan Sulaeman dkk tetap optimistis bisa mendulang kemenangan.

Baca Juga

Apalagi Shin Tae-yong tentu ingin membalas kekalahan dari Alexandre Polking saat bersua di pertandingan final Piala AFF 2020 lalu.

Tim redaksi berita olahraga INDOSPORT juga telah merangkum beberapa fakta menarik jelang duel hidup mati antara Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di Semifinal SEA Games 2021. Apa saja itu?


1. Deretan Fakta Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Timnas Indonesia U-23 vs Filipina

- Timnas Indonesia U-23 dan Thailand sama-sama menjadi tim paling produktiv di SEA Games 2021. Thailand telah mecetak 12 gol, kemudian skuat Garuda mengemas 11 gol.

- Thailand jadi tim kedua yang sukses mendapatkan cleansheet terbanyak di SEA Games 2021 (tiga pertandingan). Negeri Gajah Perang hanya kalah dari Vietnam (empat pertandingan).

Baca Juga

- Duel melawan Thailad menjadi semifinal ke-18 bagi Timnas Indonesia sepanjang gelaran SEA Games.

- Dari 17 semifinal sebelumnya, Timnas Indonesia hanya tujuh kali melangkah ke partai final dengan dua diantaranya meraih medali emas.

- Duel Timnas Indonesia melawan Thailand menjadi pertemuan ke-21 sepanjang gelaran SEA Games.

Baca Juga

- Timnas Indonesia total mengalami 15 kali kekalahan dari Thailand dalam 22 pertemuan di SEA Games. Indonesia hanya menang lima laga dan dua kali imbang.

Baca Juga

- Indonesia tidak pernah menang dalam delapan pertemuan dengan Thailand di semifinal SEA Games.

- Skuat Garuda hanya mampu mencetak satu gol dalam delapan pertemuan dengan Thailand di semifinal SEA Games. (Pencetak gol yakni Johan Prasetyo Wibowo di SEA Games 2005).


2. Deretan Fakta Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

- Dari 10 pertemuan terakhir antara kedua negara, Indonesia hanya mampu meraih dua kemenangan saja atas Thailand di semua kompetisi.

- Timnas Indonesia sukses mendulang kemenangan dalam pertemuan terakhir dengan Thailand di SEA Games. Catatan detailnya Skuat Garuda Muda menang 2-0 di fase penyisihan grup SEA Games 2019 lalu lewat aksi Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.

- Egy Maulana Vikri berpeluang menjadi top skor Timnas Indonesia sepanjang gelaran SEA Games. Ia hanya kalah selisih satu gol dari Osvaldo Haay (8 gol).

Baca Juga
SEA GamesThailandTimnas IndonesiaEgy Maulana VikriShin Tae-yongAlexandre Polking

Berita Terkini

Berita Terpopuler