x

4 Klub ASEAN Lain yang Bisa Jadi Pelabuhan Jordi Amat Selain JDT

Kamis, 19 Mei 2022 17:17 WIB
Editor: Juni Adi
Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM Jordi Amat selangkah lagi akan segera menjadi pemain naturalisasi membela Timnas Indonesia. Ia kabarnya berminat main di liga-liga ASEAN. Kemana?

Calon pemain naturalisasi timnas Indonesia, Jordi Amat, memutuskan untuk meninggalkan sepak bola Eropa, setelah kontraknya tak lagi diperpanjang oleh klub asal Belgia, KAS Eupen akhir musim ini.

Baca Juga

Rumornya pemain yang akan segera mendapat kewarganegaraan Indonesia itu berencana untuk melanjutkan karier sepak bolanya di kompetisi sepak bola Asia Tenggara.

"Jordi Amat sudah mengucapkan salam perpisahan kepada tim dan berencana melanjutkan karier di ASEAN," tulis pernyataan KAS Eupen di situs resminya beberapa waktu lalu.

Amat bergabung dengan KAS Eupen pada musim panas 2019. Pemain yang juga menjabat sebagai kapten tim itu sudah bermain sebanyak 86 kali untuk tim yang mentas di Liga Belgia tersebut.

Baca Juga

Pemain yang berposisi sebagai bek itu sudah berpengalaman main di pentas Eropa. Tercatat, Swansea City, Espanyol, hingga Real Betis pernah menjadi klub yang dibela oleh Amat.

Sementara itu seiring perkembangan rumor, nama klub asal Malaysia, Johor Darul Takzim, mencuat akhir-akhir ini yang dikabarkan menjadi kandidat baru pelabuhan karier Jordi Amat.

Kabar akan bergabungnya Jordi Amat ke Johor Darul Takzim, bahkan sampai membuat nama Exco PSSI, Hasani Abdulgani ikut terseret dalam pemberitaan.

Baca Juga

Hal itu juga tidak lepas dari hadiranya Jordi Amat di Indonesia, yang membuat dirinya disebut-sebut akan menyelesaikan proses kepindahannya ke JDT selain mengurus proses naturalisasinya.

Akan tetapi Hasani Abdulgani enggan berkomentar banyak terkait masa depan sang pemain. 

Sebab menurutnya ia hanya membantu proses naturalisasi, dan tidak mencampuri urusan pemilihan klub baru Jordi Amat.

"Kepada teman-teman yang bertanya soal Jordi Amat ke JDT. Tugas saya adalah membantu coach STY untuk bernegosiasi sama pemain keturunan yang bermain di luar negeri. Fokus kami hanya di timnas," jelasnya di keterangan postingannya.

"Kami tidak ikut campur soal pilihan pemain untuk memilih bermain di klub mana, karena itu adalah hak setiap pemain. Terima kasih," pungkasnya.

Hingga saat ini, Jordi Amat masih berada di Jakarta untuk mengurus proses naturalisasinya bersama PSSI dan Pemerintah.

Belum ada kabar lanjutan mengenai masa depan karier sepak bolanya, termasuk rumor ke JDT yang belum pasti.

Jika memang Jordi Amat berminat main di kawasan Asia Tenggara, dirinya bisa mempertimbangkan klub lain selain JDT. Mana saja?


1. Bali United

Perayaan Gelar Juara Liga 1 Bali United

Bali United bisa jadi pelabuhan baru Jordi Amat jika ia ingin melanjutkan kariernya di Asia Tenggara. Manajemen profesional sekaligus penuh prestasi, jadi alasan lain Serdadu Tridatu diperkuat Jordi Amat.

Klub asal Pulau Dewata itu dikenal sebagai klub yang nyaman bagi para pemain asing yang baru menjajal sepak bola Nasional.

Baca Juga

Suasana tim yang kondusif dan didukung banyak pemain berkualitas, bisa bikin Jordi Amat beradaptasi dengan cepat dan mengenal sepak bola Indonesia.

Apalagi musim depan juga Bali United akan tampil di level Asia, yakni kualifikasi Liga Champions Asia. Kehadiran Jordi Amat di lini belakang, bisa jadi tambahan yang bagus bagi Serdadu Tridatu di kompetisi Asia.

Baca Juga

Buriram United

Pengalaman dan status Jordi Amat sebagai pemain bintang dunia mengingat dirinya pernah lama berkarier di Eropa memperkuat beberapa klub ternama, bisa jadi modal tambahan ia membela klub papan atas Liga Thailand, Buriram United.

Seperti diketahui, Buriram United dalah salah satu klub papan atas Liga Thailand, dengan kultur klub seperti klub Eropa karena banyak fasilitas jempolan.

Baca Juga

Kualitas liga yang bagus, juga jadi alasan lain Jordi Amat sebaiknya memilih gabung dengan Buriram United.

Bukan tidak mungkin Jordi Amat bisa berkarier di Liga Thailand, mengingat Buriram United juga kerap jor-joran dalam belanja pemain. 


2. Persib Bandung

Persib Bandung saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Selanjutnya ada Persib Bandung. Tim yang musim lalu finis di posisi ke-2 Liga 1 2021/2022 ini bisa jadi tim alternatif bagi Jordi Amat untuk berlaga di sepak bola nasional.

Apalagi Persib sendiri punya sejarah mendatangkan pemain kelas dunia yakni saat berhasil memboyong Michael Essien hingga Carlton Cole ke Liga 1.

Baca Juga

Tambahan kehadiran Jordi Amat di lini belakang bisa menambah kekuatan pertahanan Persib, yang sudah ditinggal sejumlah pemain seniornya seperti Supardi Natshir dan Ardi Idrus.

Apalagi mereka musim depan akan berkompetisi di Asia, sehingga pengalaman Jordi Amat di level internasional sangat membantu tim meraih hasil maksimal.

Persib juga relatif tak bermasalah jika harus menebus banderol Amat.

Baca Juga

Selama ini, Maung Bandung dikenal memiliki sokongan finansial yang kuat. Mereka pun merupakan salah satu klub dengan taksiran nilai pasar tertinggi pada musim lalu

Lion City Sailors

Terakhir ada klub dari Liga Singapura, Lion City Sailors. Negara ini juga layak jadi pertimbangan Jordi Amat jika ingin bermain di kawasan Asia Tenggara.

Sebab Liga Singapura juga menjadi salah satu liga terbaik di ASEAN. Infrastruktur dan iklim kompetisi yang bagus, bisa jadi kualitas Jordi Amat tetap terjaga.

Baca Juga

Sama seperti JDT, Lion City Sailors adalah salah satu klub tajir yang mungkin tidak akan kesulitan membayar gaji Jordi Amat jiak sang pemain berminat gabung.

Seperti diketahui, Lion City Sailors saat ini dimiliki oleh miliarder asal China, Forrest Li.

Pada musim 2021 lalu, LSC juga mampu memecahkan rekor transfer Liga Singapura ketika mendatangkan Diego Lopes dengan banderool 3 juta dollar Singapura.

PSSINaturalisasiBali UnitedJohor Darul Ta'zimLiga 1TRIVIAJordi Amat

Berita Terkini

Berita Terpopuler