x

Moncer Bareng Timnas Indonesia U-23 di SEA Games, Marc Klok Jadi Sorotan Media Malaysia

Kamis, 19 Mei 2022 14:50 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Sebagai satu-satunya pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, sosok Marc Klok mencuri perhatian publik Malaysia.

INDOSPORT.COM – Sebagai satu-satunya pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021, sosok Marc Klok mencuri perhatian publik Malaysia.

Marc Klok merupakan salah satu dari tiga pemain di atas usia yang dibawa oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia U-23 pada kompetisi sepak bola putra SEA Games 2021.

Baca Juga

Selain Klok yang berusia 29 tahun, pemain senior lainnya yang dibawa yakni kapte sekaligus bek Fachruddin Aryanto yang berusia 33 tahun dan sesama Ricky Kambuaya yang berusia 26 tahun.

Berperan di sektor gelandang, Klok mampu membawa kestabilan di lini tengah Garuda Muda. Ketiga pemain senior ini bahkan membantu Indonesia mencapai semifinal SEA Games 2022.

Timnas Indonesia U-23 selanjutnya akan menghadapi pemenang medali emas 16 kali Thailand di Stadion Thien Truong di Nam Dinh pada hari Kamis (19/05/22) pukul 16.00 WIB.

Baca Juga

Jelang laga tersebut, The Star, menyoroti lebih dalam peran Marc Klok sebagai satu-satunya pemain naturalisasi yang membela Timnas Indonesia U-23 di pesta olahraga se-Asia Tenggara ini.

“Sementara sebagian besar tim di turnamen ini memiliki pemain keturunan campuran, Klok kelahiran Belanda adalah pengecualian,” demikian tulis media ini.

Media ini lebih dulu memaparkan bahwa Klok mendapatkan status kewarganegaraannya pada April tahun ini setelah tinggal di Indonesia berkarier di kompetisi Liga domestik selama lima tahun.

Baca Juga

Keberadaan Klok pun membuat media asal Malaysia tersebut mengulik harapan sang pemain yang saat ini berseragam Persib Bandung tersebut di SEA Games edisi ke-31.

Klok ingin menjadikan SEA Games ini sebagai kesempatan untuk menunjukkan kepada pelatih Shin Tae-yong bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk memenangkan pertandingan internasional pertamanya.


1. Marc Klok Mulai Melebur di Timnas Indonesia U-23

Duel Marc Klok dan Braif Fatari di laga Persib vs Persija

Kendati dirinya sempat kesulitan beradaptasi dengan gaya bermain timnas dan gaya kepelatihan Shin Tae-yong, namun Klok akhirnya bisa membangun chemistry untuk mewujudkan targetnya.

“Saya pikir saya memiliki awal yang lambat di sini, beradaptasi dengan gaya bermain, gaya kepelatihan, dan mengenal rekan satu tim saya,” ujar jebolan klub Eredivisie Utrecht ini.

Baca Juga

“Tetapi dalam dua pertandingan grup terakhir, saya merasa terhubung dan saya berada di jalur yang benar untuk mewujudkan target saya,” lanjutnya

Lebih lanjut, The Star juga menguliti peran Marc Klok ketika berjuang bersama para pemain muda sekaliber Witan Sulaeman, 20, Egy Maulana Vikri, 21, Marselino Ferdinan, 17, dan striker Ronaldo Kwateh, 17.

Menurut media tersebut, peran Klok sebagai deep-lying playmaker di lini tengah justru membantu lini pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga

Tentunya, peran ini cocok dengan tuntutan Shi Tae-yong untuk bekerja lebih keras dan disiplin tinggi dalam menghentikan serangan lawan sebelum mencapai pertahanan.

Yang jelas, Marc Klok ingin mengakhiri puasa medali emas SEA Games di cabor sepak bola yang sudah bertahan selama 31 tahun. Terakhir kali Timnas Indonesia keluar sebagai juara pada 1991 silam.

Hal tersebut selangkah lagi bisa dia dan rekan-rekannya wujudkan jika berhasil mengalahkan Thailand yang terhitung tim berat di kancah sepak bola regional.

“Saya tidak keberatan siapa yang kami hadapi selama kami menang. Itu hal terpenting dalam pertandingan knockout,” ujar Klok.

Baca Juga

“Saya telah memenangkan empat Piala dalam karir saya. Dan semuanya dimulai dengan pola pikir dan keyakinan untuk memenangkannya.”

“Apa tujuan saya di Hanoi? Untuk menerima medali emas dan menjadi pemain terbaik turnamen. Kami harus selalu membidik yang setinggi mungkin.”


2. Marc Klok: Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar Lawan Thailand

Duel Marc Klok dan Braif Fatari di laga Persib vs Persija

Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marc Klok, angkat bicara jelang laga Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand di babak semifinal SEA Games 2021. Bakal menghadapi Thailand, Klok pun mengaku tidak gentar.

Pemain yang kini bermain di Persib Bandung itu meminta rekan-rekannya tak gentar dengan Thailand.

"Saya pikir siapa pun lawan Timnas U-23 Indonesia di semifinal SEA games 2021, kami harus siap," pungkas pemain naturalisasi berdarah Belanda tersebut.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 vs Thailand pastinya akan menarik. Sebab, bakalan menjadi adu strategi antara Pelatih Alexandre Polking dan Shin Tae-yong.

Baca selengkapnya: Jawab Tantangan Polking, Marc Klok: Timnas Indonesia U-23 Tak Gentar Lawan Thailand

MalaysiaThailandTimnas Indonesia U-23NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalMarc KlokBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler