x

SEA Games: Tanpa Asnawi, Ini Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Kamis, 19 Mei 2022 13:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Asnawi Mangkualam tampak lebih kencang larinya dari pemain Singapura untuk merebut bola

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam absen, ini prediksi susunan pemain Timnas Indonesia U-23 vs Thailand di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/22) malam WIB.

Pertemuan Timnas Indonesia U-23 nampak seperti ulangan final Piala AFF 2020 lalu. Bedanya, kini Thailand tidak mengandalkan pemain senior, melainkan pemain U-23 saja.

Baca Juga

Sedangkan skuat besutan Shin Tae-yong sudah mengandalkan pemain U-23 sejak mengikuti Piala AFF 2020 lalu. Secara pengalaman, Indonesia lebih unggul.

Namun, melihat permainan Thailand yang solid, produktif mencetak gol, dan menjadi juara Grup B, nampaknya tim Negeri Gajah Putih bakal merepotkan penggawa Garuda.

Apalagi, salah satu kelemahan Timnas U-23 adalah sektor fullback. Thailand sudah tahu jika Asnawi Mangkualam akan absen hari ini.

Baca Juga

Maka, menurut analisis Binder Singh, skuat Timnas Indonesia mestinya memasang strategi menyerang dari awal, dan turun bertahan jika sudah unggul atas Thailand.

Untuk itu, kemungkinan peran Syahrian Abimanyu atau Marselino Ferdinan akan dibutuhkan dalam starting line up Timnas.

"Untuk susunan pemain, tergantung taktik Shin Tae-yong. Jika menyerang dari awal, maka akan ada gelandang serang, antara Abimanyu atau Marselino Ferdinan."

Baca Juga

Sementara jika Shin Tae-yong mau main bertahan sejak menit awal, maka peran Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto akan sangat penting di daftar susunan pemain.

"Jika mengandalkan strategi defense dan counter, dengan pressing mulai lini tengah, kemungkinan akan memainkan Kambuaya, Marc Klok, dan Rachmat Irianto," jelasnya.


1. Pemain Kunci: Egy, Witan, Ernando

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan 3-1 atas Myanmar di fase penyisihan grup A SEA Games 2021. Foto: PSSI

Menurut pengamat sepak bola, Binder Singh, Timnas Indonesia U-23 masih bisa memasang strategi menyerang terlebih dahulu, lewat sosok Muhammad Ridwan.

"Di lini depan, apakah Muhammad Ridwan akan diberi kesempatan bermain sebagai striker atau tidak, atau mengandalkan striker palsu," ungkap Bung Binder.

Baca Juga

"Karena Egy (Maulana Vikri) dan Witan (Sulaeman) kita tahu, bisa menjadi feeder, penyuplai bola pada Muhammad Ridwan."

"Kalau di belakang, kita sudah tahu, ada Rizky Ridho dan juga Fachruddin Aryanto. Penjaga gawang seperti biasa, Ernando."

Hal yang menjadi sororan, tentu saja absennya Asnawi Mangkualam di Timnas Indonesia. Rio Fahmi harus bisa menutup pergerakan Thailand dari sektor sayap.

Baca Juga

"Yang jadi masalah, Asnawi Mangkualam tidak bisa bermain di semifinal nanti, kita lihat di pertandingan pertama, Timnas Indonesia lemah di sektor fullback."

"Thailand akan membangun serangan dari dua fullback mereka. Siapapun pengganti Asnawi, kemungkinan besar Rio Fahmi, ia perlu memberi tekanan ke fullback lawan."

Baca Juga

"Ketika distribusi mereka mulai terhambat, mungkin tim Thailand akan mengandalkan direct pass, dan harusnya bisa diantisipasi pemain kita," ungkap Bung Binder lagi.

"Sejauh ini duel-duel udara masih bisa dimenangkan oleh Rizky Ridho dan juga Fachruddin Aryanto, saya harap akan konsisten seperti itu di semifinal ini."


2. Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Thailand

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan 3-1 atas Myanmar di fase penyisihan grup A SEA Games 2021. Foto: PSSI

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi
Bek: Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga
Tengah: Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan
Depan: Egy Maulana Vikri, Muhammad Ridwan, Witan Sulaeman


Pelatih: Shin Tae-yong

SEA GamesTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharBerita Timnas IndonesiaBinder SinghSEA Games 2021

Berita Terkini