x

10 Tahun Bela Persib Bandung, Nomor Punggung I Made Wirawan Berubah

Selasa, 24 Mei 2022 14:28 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Penjaga gawang Persib, I Made Wirawan, memilih menggunakan nomor punggung 15 untuk mengarungi Liga 1 2022-2023. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, dipastikan tidak akan menggunakan nomor punggung 78 dan memilih memakai nomor 15 saat mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Nomor punggung 15 tersebut, sugan digaungkan oleh penjaga gawang senior Persib ini dalam game internal yang berlangsung di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22).

Baca Juga

Saat dikonfirmasi mengenai perubahan nomor punggung tersebut, seusai menjalankan program latihan di Stadion Persib, Senin (23/05/22), penjaga gawang senior skuad Maung Bandung ini belum bisa memberikan komentar.

Menurutnya, alasan perubahan nomor punggung tersebut bakal di jelaskan oleh di akun media sosial miliknya, salah satunya di Instagram.

"Belum belum nanti, karena kan sudah banyak yang tau juga. Dipakai saat uji coba, nanti mau saya update di Instagram dulu," kata I Made Wirawan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (23/05/22).

Baca Juga

Pada Senin (23/05/22) malam, I Made Wirawan melalui postingannya di Instagram membeberkan alasan tidak lagi menggunakan nomor punggung 78 dan memilih untuk memakai nomor 15.

Menurut Made, nomor punggung 15 sebenarnya sudah tidak asing baginya, pasalnya awal karirnya bermain di klub sepakbola profesional dia menggunakan nomor punggung tersebut.

"The story of 15. Dalam postingan ini saya akan sedikit bercerita tentang nomor punggung 15 yang akan saya pakai kembali pada musim ini di @persib bandung," tulisnya dalam postingan @made_wirawan, Senin (23/05/22) malam.

"Nomor 15 ini pertama kali saya pakai pada tahun pertama saya masuk di tim profesional @perseden_dps denpasar tahun 2002 yang bermain di liga bank mandiri," tambahnya.

Baca Juga

Made menuturkan, sebelum menggunakan nomor punggung 15, saat pertama memperkuat tim profesional dia sempat ingin menggunakan nomor 30. 


1. Awal Mula Gunakan Nomor 15

Penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan, saat game internal di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Sabtu (21/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

"Rencana awalnya waktu itu saya berniat memakai no 30 karena pada waktu itu kiper identik dengan no 1, 12, 20 dan 30."

"Entah bagaimana ceritanya jersey saya yang dikirim oleh apparel tim waktu itu adidas Indonesia bernomor 15, bukan 30."

Baca Juga

Dan mulai dari situ saya memutuskan untuk tetap memakai no 15 ini sebagai no punggung saya. Mulai dari perseden, Pon Bali, Persekaba Badung dan Persiba Balikpapan," ujarnya.

Setelah berpisah dengan Persiba Balikpapan dan bergabung dengan Persib, Made memiliki keinginan untuk kembali menggunakan nomor 15 di jersenya.

Namun, saat itu dia datang ke Persib bersamaan dengan Firman Utina, pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut sudah identik dengan nomor 15.

Sehingga, Made memilih untuk tidak menggunakan nomor 15 dan memakai nomor 78, menurutnya 7 di tambah 8 hasilnya adalah 15, sehingga masih ada kaitan dengan nomor lamannya.

Baca Juga

Setelah sekitar 10 tahun menggunakan nomor 78, Made akhirnya memutuskan untuk kembali menggunakan nomor lamannya yakni 15.

Dia juga berharap, nomor punggung tersebut bisa menambah motivasinya untuk menampilkan permainan terbaiknya dan membawa skuad Persib Bandung meraih gelar juara.

"Setelah 10 tahun saya memakai no 15, saya pindah ke Persib Bandung, nah disini awal mula saya memakai no punggung 78 karena pada waktu itu saya datang ke Persib bersamaan dengan @firmanutina1515 yang sudah identik diklub dan timnas memakai no 15," 

Baca Juga

"Tanpa perlu bertanya siapa yang akan memakai no 15 di Persib, saya memutuskan memakai no lain yaitu 78 ( 7+8 =15) dan di tahun ini setelah 10 tahun saya memakai no 78, saya akan kembali memakai no punggung 15."


2. Beckham Tetap Gunakan Nomor 7

Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.Com

"Ya tentunya gak akan dikasih. Saya orang Bandung tetap saya harus pertahankan tradisi," tegas Beckham Putra Nugraha.

Sebagai informasi, sebelumnya nomor punggung 7 digunakan oleh pemain asli Jawa Barat, Atep, yang juga menjadi kapten tim Persib dalam beberapa musim. 

Selain itu, selama memperkuat tim kebanggaan Bobotoh, Atep berhasil mengantarkan skuat Maung Bandung meraih gelar juara di kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2014.

Prestasi tersebut, membuatnya menjadi salah satu legenda di tim Persib. Pasalnya, hasil di ISL 2014 membuat skuat Maung Bandung mampu mengakhiri puasa gelar dalam 19 tahun.

Ciro Alves sendiri memastikan tidak akan menggunakan nomor punggung 7 saat memperkuat skuat Maung Bandung. Meskipun, angka 7 merupakan favoritnya dan sempat digunakan di klub sebelumnya.

Ciro Alves, memberikan alasan tidak menggunakan nomor punggung 7 di skuad Maung Bandung, pasalnya dia menilai nomor tersebut di Persib sudah ada yang menggunakan yakni Beckham.

"Saya memilih nomor punggung 77. Nomor favorit saya sebenarnya adalah 7. Tapi ada pemain lain yang sudah memakainya," kata Ciro Alves saat live di akun Instagram Persib, beberapa hari lalu.

Persib BandungI Made WirawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini