x

Timnas U-23 Gagal Emas di SEA Games, Iwan Bule Minta Maaf dan Bakal Evaluasi

Selasa, 24 Mei 2022 15:42 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, meminta maaf atas kegagalan Timnas Indonesia U-23 meraih emas SEA Games 2021. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, meminta maaf kepada semua pihak setelah Timnas Indonesia U-23 gagal raih medali emas di SEA Games 2021 Vietnam.

Garuda Muda tak bisa wujutkan target PSSI dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Baca Juga

Pada SEA Games di Vietnam, Timnas U-23 hanya meraih medali perunggu. Tim asuhan Shin Tae-yong menang adu penalti 4-3 (1-1) atas Malaysia di perebutan tempat ketiga.

“Kami mohon maaf belum bisa meraih medali emas," kata Mochamad Iriawan.

"Semoga pada kesempatan selanjutnya kami bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Para pemain telah berjuang maksimal,” imbuh Iwan Bule, sapaan ketum PSSI tersebut.

Baca Juga

Timnas U-23 gagal ulangi capaian pada SEA Games 2019 yakni lolos ke final. Tim  Merah Putih dikalahkan Thailand dengan skor 1-0 di babak semifinal.

Usia pulang dari SEA Games 2021, Ketum PSSI mengatakan akan melakukan evaluasi Timnas U-23. Hal ini bertujuan agar ke depannya bisa meraih prestasi yang lebih baik.

Baca Juga

Kendati gagal penuhi target, Ketua Umum PSSI sangat bersyukur atas dukungan penuh dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Sosok itu sangat peduli terhadap perkembangan sepak bola di Tanah Air. 


1. Menpora Ikut Dukung Timnas

Iwan Bule mengapresiasi Menpora Zainudin Amali yang ikut dukung langsung Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT.COM.

Menpora bahkan saksikan langsung laga semifinal SEA Games 2021. Dia juga turun ke ruang ganti untuk berikan semangat ke pemain setelah dikalahkan Thailand.

"Kami bangga punya Menpora yang peduli terhadap sepak bola," tutur Iriawan lagi.

Baca Juga

“Dukungan pak Menpora menjadi semangat kami dalam menjalani latihan dan mengikuti kejuaraan yang akan datang. Terima kasih pak Menpora yang selalu mendukung untuk kemajuan sepak bola,” tuntas Iwan Bule.

Timnas Indonesia U-23 tidak turun dengan skuad komplet di SEA Games 2021. Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Ramai Rumakiek tidak bisa bergabung karena alasan pribadi dan klub.

Baca Juga

Timnas U-23 kini telah tiba di Jakarta. Para pemain diliburkan sementara dan kemungkinan dipanggil lagi untuk FIFA match day pada 1 Juni nanti. 


2. 5 Evaluasi Timnas Indonesia di SEA Games

Lima evaluasi untuk Timnas Indonesia disampaikan pengamat sepak bola, Akmal Marhali, pascagelaran SEA Games 2021. Foto: PSSI.

Lima evaluasi untuk Timnas Indonesia disampaikan pengamat sepak bola, Akmal Marhali, pascagelaran SEA Games 2021. Shin Tae-yong ikut kena.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia lagi-lagi mentok meraih perunggu di SEA Games 2021. Padahal sebelumnya, skuat Garuda setidaknya meraih medali perak.

Timnas Indonesia justru kalah dari Thailand di semifinal, mendapatkan tiga kartu merah, dan berdampak saat laga perebutan medali perunggu vs Malaysia, Minggu (22/05/22).

Witan Sulaeman cs kesulitan menembus gawang Malaysia, begitu pula sebaliknya, sehingga laga berlanjut dengan adu penalti.

Indonesia akhirnya menang dengan agregat 4-3 atas musuh bebuyutannya, Malaysia, dan berhak berkalung medali perunggu.

Baca selengkapnya: 5 Evaluasi Timnas Indonesia: Akmal Marhali Kritik Pedas Shin Tae-yong dan PSSI

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini