x

4 Bomber Menakutkan yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2023

Rabu, 25 Mei 2022 17:24 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Indonesia Marc Klok bersama teman-teman di laga SEA Games 2021. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Untuk menambah daya gedor di lini depan, Shin Tae-yong sebaiknya memberi kesempatan empat penyerang ini di Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia U-23 sukses meraih kemenangan saat berhadapan dengan Malaysia di perebutan tempat ketiga atau medali perunggu cabang olahraga sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Baca Juga

Bermain di Stadion My Dinh, Vietnam, Minggu (22/05/22) sore WIB, Timnas Indonesia U-23 menang dengan skor 4-3 melalui adu penalti atas Malaysia.

Kini para pemain sudah tiba di Jakarta untuk rehat sejenak kembali ke klubnya masing-masing.

Sementara pelatih Shin Tae-yong, tetap akan bekerja karena sudah dinantikan sejumlah jadwal padat bersama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Terdekat ada dua agenda besar yakni pertandingan uji coba resmi FIFA, dan Kualifikasi Piala Asia 2023 yang akan berlangsung sepanjang bulan Juni mendatang.

Skuad Garuda akan berhadapan dengan Bangladesh di pertandingan uji coba di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada 01 Juni 2022.

Setelah itu Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan penting Kualifikasi Piala Asia 2023 mulai 08 hingga 14 Juni 2022.

Baca Juga

Timnas Indonesia sendiri tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania, dan Nepal.

Untuk lolos ke Piala Asia 2023, Timnas Indonesia wajib finis sebagai juara grup atau merebut status lima runner-up terbaik. 

Para pemain pun akan segera kembali dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia, demi meraih hasil maksimal di dua ajang itu.

Persiapan yang matang harus dilakukan demi bisa lolos berlaga di turnamen sepak bola terbesar antar negara di Benua Asia tersebut. 

Selain persiapan, materi pemain yang akan dibawa menjadi catatan penting bagi pelatih Shin Tae-yong, agar memiliki skuad yang kuat. 

Salah satu sektor yang layak mendapat perhatian lebih adalah lini depan. Saat ini Timnas Indonesia belum mempunyai sosok penyerang menakutkan, dengan naluri gol tajam.

Hal itu dibuktikan kala Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2020 lalu. Striker yang di bawa yakni Ezra Walian, Kushedya Yudo, Dedik Setiawan hingga Hanis Saghara belum mampu menunjukan tajinya.

Dari nama-nama tersebut, hanya Ezra Walian yang bisa mencetak gol.

Agar tak mengulangi kesalahan yang sama, Shin Tae-yong layak memberikan kesempatan bagi empat bomber ini mengisi lini depan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023.


1. Beto Goncalves

Striker naturalisasi Madura United Beto Goncalves.

Alberto Beto Goncalves memang sudah tidak muda lagi. Namun insting membunuhnya di dalam kotak penalti lawan masih cukup menakutkan.

Hal itu dibuktikan di Liga 1 musim lalu. Sempat dipinjamkan ke Persis Solo di Liga 2, ia kembali memperkuat Madura United di putaran kedua dan mencetak total 7 gol dari 16 pertandingan Liga 1.

Baca Juga

Sebuah angka gol yang cukup memuaskan bagi seorang striker dengan usia 41 tahun. 

Kondisi fisik yang masih prima, membuat namanya layak dipertimbangkan untuk dipanggil ke Timnas Indonesia dalam Kualaifikasi Piala Asia 2023.

Beto juga menjadi pencetak gol terbanyak kedua di Liga Indonesia dibawah Cristian Gonzales dengan 177 gol.

Baca Juga

Samsul Arif

Selanjutnya ada nama Samsul Arif. Musim lalu, ia tampil apik bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2021.

Total 11 gol ia cetak dari 26 pertandingan, yang menjadikannya sebagai salah satu striker lokal tertajam di kompetisi Liga 1.

Padahal di awal musim ini, banyak yang mengira jika Samsul Arif sudah habis. Dia bukan pilihan utama di lini depan Persebaya. Sehingga putaran pertama, dirinya hanya bisa membuat 2 gol.

Baca Juga

Sebab Persebaya lebih sering mengandalkan trio asing, Bruno Moreira, Jose Wilkson, dan Taisei Marukawa. Akan tetapi penampilan ketiganya belum memuaskan.

Sampai akhirnya di putaran kedua, Persebaya merombak komposisi pemain impornya. Arsenio Valpoort diboyong untuk menggantikan Wilkson.

Sayang ia juga kesulitan mencetak gol, sehingga pelatih Aji Santoso memilih untuk memberikan kepercayaan kepada Samsul Arif.

Dibayar lunas oleh mantan pemain Persela itu, dengan gol-gol penting. Meski sudah gaek, cara bermain Samsul hampir tak berubah.

Dia mengandalkan kecepatan dan gocekan, sehingga layak masuk ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Asia 2023.


2. Ilija Spasojevic

Pemain Bali United, Ilija Spasojevic top skor di BRI Liga 1 2021-2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pelatih Shin Tae-yong akan banyak mengandalkan pemain naturalisasi keturunan, untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Sandy Walsh dan Jordi Amat adalah bukti nyata agar sang pemain segera bisa membantu Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sebelumnya PSSI juga sudah melakukan naturalisasi beberapa pemain sepak bola, di antaranya tampil sangat baik.

Salah satunya adalah Ilija Spasojevic. Musim lalu, ia tampil tajam dengan menyabet gelar top skor dan mengantarkan klubnya Bali United juara Liga 1.

Spaso jadi raja gol dengan 23 gol dari 34 pertandingan. Kendati catatan golnya cukup bagus, namun Shin Tae-yong belum mau meliriknya.

Baca Juga

Padahal kehadiran Spaso bisa jadi tambahan yang bagus untuk TImnas Indonesia di lini depan. 

Penyerang naturalisasi asal Montenegro ini disinyalir pernah menyindir Shin Tae-yong lewat sebuah unggahan di Instagram. 

Baca Juga

“Lumayan bagus ya untuk pemain tua yang kecapean di latihan,” tulis Spaso sembari mengunggah catatan golnya pada Instagram pribadinya, Selasa 8 Maret 2022.

Dimas Drajad

Penyerang Persikabo 1973 ini layak dijadikan opsi. Dapat tampil sebagai winger dan penyerang tengah, membuat eks penyerang Timnas Indonesia U-19 dan U-23 ini dapat menjadi alternatif mencetak gol.

Bareng Persikabo di Liga 1 2021-2022, Dimas Drajad mengemas 11 gol dari 31 penampilan. Akankah Shin Tae-yong tertarik memanggil pemain yang satu ini?

Timnas IndonesiaPiala AsiaTRIVIAShin Tae-yongKualifikasi Piala Asia 2023

Berita Terkini

Berita Terpopuler