x

Robert Alberts Senang Persib Bisa Gunakan Stadion GBLA di Liga 1 2022, tapi...

Kamis, 26 Mei 2022 17:45 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Persib Bandung berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (24/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, senang lantaran Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, bisa digunakan oleh pemainnya baik latihan maupun pertandingan di Liga 1 2022-2023.

Persib sendiri sudah mulai menggunakan Stadion GBLA untuk latihan, Selasa (24/05/22), sehingga saat ini tim kebanggaan Bobotoh memiliki tiga tempat untuk berlatih.

Baca Juga

Sebagai informasi, sebelumnya selama sepekan skuat Maung Bandung hanya menggunakan dua tempat untuk berlatih yakni Stadion Persib (Sidolig), Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, dan Lapangan Soccer Republic, Pasteur, Kota Bandung.

"Ya kami sangat senang, kini progresnya kami mempunyai lapangan yang bagus di Sidolig, kami bisa berlatih di sana dan berterima kasih atas dukungan tersebut," kata Robert Alberts.

"Kini kami juga akhirnya bisa berlatih lagi di GBLA setelah mendapat persetujuan dan ini akan menjadi home base kami," jelas Robert Alberts menambahkan.

Baca Juga

Mantan pelatih PSM Makassar ini menuturkan, meski sudah mendapatkan izin untuk menggunakan Stadion GBLA sebagai tempat latihan dan pertandingan, namun Persib dipastikan tidak akan berlatih setiap hari di Stadion berkapasitas 38 ribu penonton tersebut.

Pasalnya, jika dipakai setiap hari untuk latihan, dikhawatirkan kualitas lapangannya menjadi menurun, apalagi Stadion GBLA akan menjadi kandang skuat Maung Bandung di kompetisi Liga 1.

Sehingga, tim kebanggaan Bobotoh akan berlatih di beberapa tempat pada masa persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

"Tapi tentunya ini tidak bisa terlalu sering digunakan dan itu hal yang terpenting," ungkap pelatih berusia 67 tahun ini.

"Karena ini akan menjadi lapangan kami di liga, jadi kami harus pintar dalam bagaimana memakai ini supaya dalam kondisi optimal ketika pertandingan," jelas Robert Alberts.
 


1. Opsi Selain GBLA

Stadion Perib (Sidolig).

Robert Alberts menuturkan, selain Stadion GBLA, Stadion Persib juga memiliki lapangan yang bagus pasalnya baru direnovasi dan disiapkan untuk venue latihan Piala Dunia U-20 2023.

Sehingga, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, tim kebanggaan Bobotoh memiliki beberapa alternatif tempat latihan.

Baca Juga

Stadion Persib, pada pekan lalu selain digunakan sebagai tempat latihan juga dipakai game internal oleh skuat Maung Bandung. Game tersebut, digelar pada Sabtu (21/05/22) dengan durasi empat kali 20 menit.

"Sidolig sangat bagus dan kami sangat senang dengan itu. Kami bisa memilih antara Sidolig dan GBLA," ujar Robert Alberts.

"Jadi menjadi kemajuan yang bagus untuk tim perihal lapangan latihan," jelas Robert Alberts menuturkan.

Baca Juga

Sementara itu, pada masa persiapan untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023, Persib Bandung juga menggandakan pemusatan latihan atau Training Center (TC) di Batam.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, mengatakan pemusatan latihan tersebut rencananya akan digelar sekitar 10 hari pada awal Juni 2022 mendatang.

Saat ini pihaknya dan manajemen masih mematangkan rencana pemusatan latihan tersebut, agar TC bisa berjalan lancar dan sesuai rencana.

Baca Juga

"Ya di Batam, dari tanggal 2 hingga 12 Juni. Kami kini sedang merampungkan hal detilnya, tapi yang pasti bahwa rencananya sudah dikonfirmasi (TC di Batam)," kata Robert Alberts.

Selama pemusatan latihan, Persib berencana menggelar pertandingan ujicoba dengan tim asal Singapura, laga tersebut rencananya bakal digelar di Batam dan Singapura.
 


2. Uji Coba di Singapura

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat memimpin latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung

"Rencananya adalah saya sudah bicara dengan dua tim asal Singapura dan kami bisa memainkan satu laga di Singapura dan satu lainnya di Batam," kata Robert Alberts.

Menurut pelatih asal Belanda ini, rencana uji coba menghadapi tim asal Singapura tersebut harus dipersiapkan dengan matang. Pasalnya, dikabarkan ada gelombang panas di Singapura.

"Masalahnya adalah waktu dari perjalanan dimana sedang ada gelombang panas, jadi kami harus berhati-hati ketika bermain," ungkap Robert Alberts.

Robert Alberts menilai, cukup beresiko jika anak asuhnya tetap bertanding dengan cuaca yang panas, karena hal itu bisa membahayakan kondisi pemain.

"Ini masih dalam masa pramusim dan pemusatan latihan, jadi kami tidak ingin mengambil resiko terlalu banyak untuk pemain. Karena di sana bisa mencapai 40 derajat dan itu tidak baik," jelas Robert Alberts.
 

Persib BandungStadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA)Liga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini

Berita Terpopuler