x

Jordi Amat Nyaris Batal Naturalisasi, Sandy Walsh: Pahami Fanatisme Sepak Bola Indonesia

Jumat, 1 Juli 2022 07:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Jordi Amat tiba di Jakarta.

INDOSPORT.COM - Sejak mengumumkan kepindahan ke Johor Darul Takzim di Malaysia, nasib naturalisasi Jordi Amat jadi pro kontra. Begini tanggapan Sandy Walsh.

Sebagaimana diketahui, Jordi Amat akan segera menjadi WNI. Ia diharapkan dapat meningkatkan prestasi timnas Indonesia, atas permintaan pelatih Shin Tae-yong.

Baca Juga

Namun, bukannya melanjutkan karir di Liga Eropa, Jordi Amat kini justru diperkenalkan sebagai pemain anyar Johor Darul Takzim.

Bek kelahiran Spanyol itu masuk sebagai pemain ASEAN, tapi memiliki kualitas level Eropa, itulah yang tim Malaysia inginkan.

Melihat Malaysia meraup keuntungan dari proses naturalisasi Jordi Amat, masyarakat pun jadi terpecah, ada yang pro dan kontra.

Baca Juga

Banyak suara yang menyatakan agar PSSI menarik proses naturalisasi Jordi Amat, dan ia tidak bisa membela Timnas Indonesia.

Di sisi lain, salah satu pemain yang juga dalam proses naturalisasi, Sandy Walsh mengaku serius mengharapkan proses kepindahan warga negara berjalan lancar.

Pasalnya, ia benar-benar ingin menjadi WNI, mengikuti jejak orang tua dari ibunya yang merupakan orang Surabaya dan Purworejo.

Baca Juga

"Hubungan saya dengan kakek dan nenek sangat dekat," ungkap Sandy Walsh saat berbincang dengan Chandra Margatama.

"Beliau selalu bilang ke saya bahwa saya bisa main di timnas Indonesia, jika tak ada kesempatan bermain di Eropa, saya harus mempertimbangkan (main di Indonesia)."


1. Sandy Walsh: Di Indonesia, Sepak Bola Seperti Agama

Sandy Walsh saat membela Zulte Waregem di Liga Europa.

Dengan keputusannya naturalisasi menjadi WNI, Sandy Walsh mengaku akan totalitas mengabdi untuk Indonesia, khususnya bagi kepentingan prestasi Timnas Indonesia.

Apalagi, Sandy Walsh paham betul dengan fanatisme sepak bola Indonesia. Ia bahkan menyebut jika sepak bola bagi masyarakat Indonesia sudah seperti sebuah agama.

Baca Juga

"Indonesia merupakan negara sepak bola yang besar, mereka juga menyukai sepak bola seperti sebuah agama, seperti Tuhan, kamu akan merasakannya," ungkap Sandy.

Tak hanya di Timnas Indonesia, fanatisme sepak bola justru lebih terasa di level klub. Sandy Walsh mengaku sudah cukup lama mengikuti berbagai klub di Liga Indonesia.

"Sudah tiga sampai empat tahun ini saya merasakannya, saya sudah mengetahui betul arti sebuah tim," ucap Sandy Walsh.

Baca Juga

"Itu akan menjadi hal yang hebat untuk saya pribadi, dengan dukungan dari kakek saya," tambah pesepak bola kelahiran Belgia itu.

Seeprti beberapa waktu lalu, Sandy Walsh hadir di stadion dan menyaksikan laga uji coba Timnas Indonesia. Ia merinding saat melihat fanatisme suporter Tanah Air.

"Saat melihat suporter menyanyikan lagu Indonesia Raya secara langsung, banyak orang bersama-sama, itu perasaan yang luar biasa," ungkap Sandy Walsh lagi.

Baca Juga

"Melihat bagaimana mereka mendukung Timnas, kadang cukup gila, bagaimana mereka mencintai sepak bola," ucapnya.

"Kamu bisa melihatnya, dan merasakannya, bagaimana mereka menambah semangat, sehingga membuat energi lebih untuk main di Timnas Indonesia," tuntas Sandy Walsh.


2. Penolakan Naturaliasi Jordi Amat

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. (Foto: Petrus Manus Da Yerimon/INDOSPORT)

Sebelumnya, anggota DPR Komisi X Syaiful Huda membuat pernyataan secara pribadi di akun Instargramnya, bahwa ia menolak naturalisasi Jordi Amat, Rabu (29/6/22).

"Saya setuju, naturalisasi Jordi Amat dibatalkan. Kita minta STY dan Kemenpora bersikap tegas," tulis Syaiful Huda dalam foto yang ia unggah di akun Instagramnya.

Kendati demikian, pernyataan Syaiful menuai pro dan kontra. Sebagian besar netizen mengkritik alasan Syaiful yang menolak kelanjutan naturalisasi Jordi.

Namun, tak sedikit pula warganet yang ikut mendukung opini Syaiful, karena Jordi Amat bergabung dengan tim asal Malaysia, Johor Darul Takzim, dengan status pemain Asean.

NaturalisasiBola InternasionalJohor Darul Ta'zimSandy WalshJordi Amat

Berita Terkini

Berita Terpopuler