x

Piala AFF U-19: Balas Kritik Shin Tae-yong di SEA Games, Vietnam Balik Permalukan Lapangan Indonesia

Jumat, 1 Juli 2022 15:56 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Vietnam keluhkan kualitas lapangan stadion Patriot Candrabhaga yang buruk di Piala AFF U-19 yang mana jadi tamparan bagi Shin Tae-yong dan Indonesia.

INDOSPORT.COM - Panitia penyelengara Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Indonesia mendapat tamparan keras saat kompetisi akan berlangsung dalam hitungan hari saja.

Pasalnya Vietnam mengkritik habis kualitas lapangan dari salah satu stadion yang ditetapkan sebagai venue yang mana sepertinya bentuk balasan dari kecaman pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di SEA Games 2021 lalu.

Baca Juga

Seperti yang sudah diketahui, pada gelaran SEA Games lalu Shin Tae-yong sempat menyindir panita lokal di Vietnam usai timnya tidak diberi fasilitas latihan yang tidak memadai.

Lapangan yang digunakan Tim Garuda tidak terawat dengan baik dan rumputnya sampai berwarna kekuningan. Bahkan ukurannya juga tidak memenuhi standar semestinya.

Kritik tersebut Shin Tae-yong sampaikan lewat konferensi pers maupun media sosial. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengunggah video soal kondisi lapangan melalui media sosialnya.

Baca Juga

Akan tetapi keburukan fasilitas yang terdapat di Piala AFF U-19 kali ini rasanya lebih fatal. Pasalnya Vietnam menemukan kecacatan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, yang nantinya juga digunakan oleh timnas Indonesia.

Dari rekaman video yang dirilis oleh akun Youtube resmi federasi sepak bola Vietnam, VFF, tampak kondisi lapangan yang tidak ideal. Selain rumput yang kuning juga permukaannya tidak rata.

Dengan demikian maka tim manapun akan kesulitan untuk bermain optimal dengan lapangan tersebut. Pasalnya akurasi umpan dan tendangan bisa berkurang karena benjolan di sana dan sini.

Baca Juga

Apa yang dilakukan Vietnam di SEA Games mungkin adalah salah satu taktik melemahkan persiapan lawan namun stadion yang digunakan untuk bertanding tetap apik.

Timnas Indonesia dan Vietnam akan bertemu setidaknya satu kali di Piala AFF U-19 mengingat sama-sama masuk di Grup A dan buruknya lapangan Stadion Patriot Candrabhaga bisa menjadi bumeran untuk tuan rumah.


1. Timnas Indonesia U-19 Target Juara

Laga uji coba antara Timnas Indonesia U-19 vs Persija Jakarta. Foto: PSSI

Piala AFF U-19 akan digelar mulai Sabtu (02/07/22) mendatang dan timnas Indonesia adalah salah satu tim yan bermain paling awal.

Tepatnya di pertandingan ketiga setelah Myanmar vs Brunei Darussala dan Thailand vs Filipina yang memang sama-sama di Grup A.

Baca Juga

Grup A memang terbilang sebagai grup sulit. Terutama jika dibandingkan dengan Grup B yang relatif lebih aman karena tim favorit hanya ada Malaysia dan Singapura.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam dan laga ini dipastikan akan berjalan seru mengingat kedua negara sama-sama mengincar gelar juara.

Baca Juga

Sejauh ini baik Tim Garuda maupun The Golden Star Warriors baru punya stau gelar di ajang Piala AFF U-19.

Vietnam menjadi kampiun edisi 2007 silam sementara timnas Indonesia lebih baru di 2013 dan kala itu kebetulan Merah-Putih juga bertindak sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Maka dari itu fans sepak bola tanah air boleh kembali berharap melihat pemain-pemain muda timnas Indonesia kembali berjaya meski harus bersaing dengan para raksasa seperti Vietnam nda Thailand sejak awal.

Semoga saja buruknya kualitas lapangan Stadion Patriot Candrabhaga tidak menjadi penyulit anak-anak asuh Shin Tae-yong untuk membawa pulang piala.


2. Timnas U-19 Telan Hasil Buruk di Uji Coba, Ini Kata STY

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Timnas Indonesia U-19 kalah 0-1 dari Bhayangkara FC pada laga uji coba, Senin (27/06/22) di Stadion Patriot, Bekasi. Hasil minor itu tidak dipermasalahkan pelatih Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia sejatinya mampu menahan imbang Bhayangkara FC yang juga menurunkan pemain senior hingga 80 menit. Sayangnya, striker lawan yakni Youssef Ezzejjari mampu bobol gawang skuad Garuda Nusantara menit ke-81.

Meski Timnas U-19 telan kekalahan, pelatih Shin Tae-yong tetap memuji permainan anak asuhnya. Dia menilai Marselino Ferdinand dkk, sudah banyak kemajuan selama jalani pemusatan latihan.

"Saya sangat senang karena performa pemain, lumayan. Memang baru saja memasuki training camp beberapa hari, tapi secara organisasi menjadi lebih baik, jadi saya senang," kata Shin Tae-yong.

ni jadi uji coba kedua Timnas U-19 selama pemusatan latihan di Jakarta. Sebelumnya, tim Merah Putih bermain imbang 0-0 lawan tim muda Persija Jakarta.

Baca selengkapnya:  Timnas U-19 Kalah dari Bhayangkara FC di Laga Uji Coba, Begini Respons Berkelas Shin Tae-yong

VietnamStadion Patriot BekasiTimnas IndonesiaBola InternasionalVietnam U-19Timnas VietnamTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini