x

'Hikmah' Tersingkir dari Piala Presiden, Persib Bandung Fokus Penuh Persiapan Liga 1

Senin, 4 Juli 2022 15:25 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Babak 8 besar Piala Presiden 2022 Persib menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mulai fokus menatap kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang akan digelar pada akhir Juli mendatang, setelah timnya tersingkir dari Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Pelatih asal Belanda ini mengaku kecewa timnya gagal melangkah ke babak semifinal, setelah dikalahkan PSS Sleman melalui adu penalti di 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

Baca Juga

Namun, dia memetik banyak pelajaran dan mengambil sisi positifnya, di antaranya skuat Maung Bandung menjadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk mematangkan persiapan, sekaligus memulihkan kondisi beberapa pemain yang mengalami cedera.

Sebagai informasi, pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, ada beberapa pemain Persib yang mengalami cedera, di antaranya Victor Igbonefo yang mengalami patah tulang pipi.

Kemudian Ciro Alves yang mengalami patah tulang bahu, serta dua pemain asing Persib lainnya yakni Nick Kuipers dan David da Silva.

Baca Juga

"Kini kami mulai fokus ke liga. Jika kami lolos ke babak semifinal dan final artinya kami akan memainkan empat pertandingan dalam waktu sepuluh hari saja," kata Robert Alberts.

"Belum lagi ditambah waktu di perjalanan. Sedangkan di tim kami ada lima pemain mengalami cedera berat," jelas mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan.

Robert Alberts menuturkan, dengan terhentinya perjalanan Persib di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, maka dia akan memanfaatkan waktu yang ada untuk mematangkan persiapan guna menghadapi Liga 1 2022-2023, serta pemulihan cedera.

Baca Juga

"Jadi diharapkan ini memberi waktu bagi mereka untuk memulihkan diri, apalagi mereka adalah pemain kunci dari tim kami seperti Nick, David, Ciro. Teja juga sudah perlahan kembali ke sesi latihan," ucap Robert Alberts.

"Sedangkan Victor masih harus menepi dalam waktu yang lama. Setidaknya ini memberi mereka kesempatan untuk pulih dan kami mulai melakukan persiapan sekarang," ungkap Robert Alberts menambahkan.


1. Bahan Evaluasi

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (08/06/22). Foto: Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (08/06/22

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, memberikan tanggapan mengenai kegagalan Persib Bandung melangkah ke babak semifinal turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Sebagai informasi, tim kebanggaan Bobotoh harus mengakui keunggulan PSS Sleman 2-4 melalui adu penalti, setelah dalam waktu normal pada babak 8 besar skor berakhir imbang 1-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

Baca Juga

Menurut Teddy, hasil tersebut tidak sesuai dengan harapan manajemen dan Bobotoh. Pasalnya, sebelumnya kemenangan menjadi target agar melangkah ke babak semifinal.

"Sungguh hasil yang tidak diharapkan oleh kami dan juga seluruh Bobotoh atas kekalahan kontra PSS Sleman pada babak perempat final turnamen pramusim Piala Presiden 2022 ini," ucap Teddy Tjahjono.

Menurut Teddy, pada turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, pemain sudah mendapatkan kesempatan bermain, hal itu menjadi modal untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

"Namun di sepanjang pertandingan Piala Presiden 2022 tersebut, seluruh pemain telah mendapatkan jam terbang yang dibutuhkan, khususnya dalam rangka persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 tahun 2022/2023 yang akan digelar pada akhir bulan Juli 2022 mendatang," ucap Teddy menambahkan.

Kekalahan yang didapat pada pertandingan babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, menurut Teddy menjadi pelajaran dan bahan evaluasi bagi tim pelatih Persib.

Sehingga, tim pelatih bisa membenahi kekurangan yang ada dalam timnya, dengan demikian diharapkan saat kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal.

Baca Juga

"Berkaca pada kekalahan kami atas PSS Sleman tersebut, tentunya akan menjadi bahan bagi tim pelatih dan seluruh pemain untuk melakukan evaluasi," ujar Teddy.

"Mengingat Piala Presiden 2022 merupakan sebuah turnamen pramusim yang kami jadikan sebagai ajang uji coba untuk kedalaman, kerjasama dan strategi tim, khususnya bagi para pemain baru yang telah kami rekrut," ungkapnya.


2. Dukungan Bobotoh

Kapten tim Persib, Achmad Jufriyanto, setelah gagal memaksimalkan penalti ke gawang PSS Sleman.

Manajemen Persib, menyampaikan permohonan maaf kepada Bobotoh, pasalnya pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 skuat Maung Bandung belum bisa memberikan hasil terbaik.

Selain itu, manajemen Persib mengucapkan terima kasih kepada Bobotoh yang selalu memberikan dukungan kepada skuat Maung Bandung. Meskipun, pada laga 8 besar tidak dapat hadir langsung di Stadion.

"Kami juga memohon maaf belum bisa memberikan hasil terbaik dan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh Bobotoh yang senantiasa selalu mendukung kami, khususnya di semua laga Persib pada turnamen pramusim Piala Presiden 2022 ini," ungkapnya.

Teddy berharap, tim Persib bisa segera bertemu kembali dengan Bobotoh di Stadion, karena kehadiran Bobotoh sangat penting dan dibutuhkan oleh skuat Maung Bandung.

"Semoga kita dapat segera bertemu di stadion saat Liga 1 tahun 2022/2023 kembali bergulir dalam waktu dekat ini," harap Teddy.

Persib BandungPiala PresidenRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini

Berita Terpopuler