x

Persib Bandung Tersingkir di Piala Presiden, Begini Tanggapan Pemain Anyar Daisuke Sato

Senin, 4 Juli 2022 16:05 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain anyar Persib Bandung, Daisuke Sato. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pemain anyar Persib Bandung, Daisuke Sato, memberikan tanggapan mengenai penampilan timnya di babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022. 

Menurut pemain asal Filipina ini, pada pertandingan di babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22), tim Persib sudah berusaha keras untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

Hal itu bisa terlihat dalam pertandingan, saat Persib tertinggal lebih dulu dan berhasil menyamakan kedudukan, hingga akhirnya laga babak 8 besar tersebut dilanjutkan ke adu penalti.

Namun, pada babak adu penalti tim kebanggaan Bobotoh harus mengakui keunggulan PSS Sleman dengan skor 2-4, setelah dua pemain Persib, Erwin Ramdani dan Achmad Jufriyanto gagal menjalankan tugasnya dengan baik sebagai eksekutor.

"Ya tentunya mereka sudah berusaha menampilkan yang terbaik," kata Daisuke Sato.

Baca Juga

Meski gagal melangkah ke babak semifinal, Daisuke Sato menilai ada banyak pelajaran yang bisa didapatkan tim dari turnamen pramusim Piala Presiden 2022 tersebut.

Selain itu Persib memiliki banyak waktu untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang rencananya akan digelar pada akhir Juli mendatang.

Menurut Daisuke Sato, meraih juara di Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 cukup penting, namun ada hal yang lebih penting dari turnamen pramusim yaitu meraih gelar juara di kompetisi Liga 1.

"Kini kami memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan persiapan menuju liga yang mana itu lebih penting bagi kami sekarang. Liga adalah target utama, bukan Piala Presiden," ucap pemain yang baru bergabung dengan tim Persib di musim ini.

"Tentu kami ingin juara (Piala Presiden) dan mereka sudah melalukan yang terbaik tapi perjuangan itu sudah usai," jelas Daisuke Sato menambahkan.

Baca Juga

Setelah tersingkir dari Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, Daisuke Sato mengajak rekan-rekannya untuk bangkit dan fokus mempersiapkan diri guna menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

"Kini kami harus melihat ke depan untuk liga, jadi kami masih punya waktu melakukan persiapan untuk liga," tegas pemain timnas Filipina ini.


1. Robert Alberts Fokus Penuh Liga 1

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Kamis (16/06/22), saat konferensi pers jelang lawan Persib Bandung. Foto: Arif Rahman/Indosport.com

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mulai fokus menatap kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang akan digelar pada akhir Juli mendatang, setelah timnya tersingkir dari Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022.

Pelatih asal Belanda ini mengaku kecewa timnya gagal melangkah ke babak semifinal, setelah dikalahkan PSS Sleman melalui adu penalti di 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

Namun, dia memetik banyak pelajaran dan mengambil sisi positifnya, di antaranya skuat Maung Bandung menjadi memiliki waktu yang lebih banyak untuk mematangkan persiapan, sekaligus memulihkan kondisi beberapa pemain yang mengalami cedera.

Sebagai informasi, pada Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, ada beberapa pemain Persib yang mengalami cedera, di antaranya Victor Igbonefo yang mengalami patah tulang pipi.

Kemudian Ciro Alves yang mengalami patah tulang bahu, serta dua pemain asing Persib Bandung lainnya yakni Nick Kuipers dan David da Silva.

Baca Selengkapnya: 'Hikmah' Tersingkir dari Piala Presiden, Persib Bandung Fokus Penuh Persiapan Liga 1 


2. Kontrak Daisuke Sato

Pemain anyar Persib Bandung, Daisuke Sato. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Daisuke Sato sendiri sudah bergabung dengan tim satu hari menjelang laga dan pada pertandingan babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, dia masuk dalam daftar susunan pemain dengan menggunakan nomor punggung 66.

Meski begitu, pemain berusia 27 tahun ini tidak diturunkan oleh pelatih Persib, Robert Rene Alberts, pada pertandingan yang berlangsung pukul 20.30 WIB tersebut. 

Baca Juga

Daisuke Sato tidak mendapatkan kesempatan bermain pada pertandingan babak 8 besar Turnamen Pramusim Piala Presiden 2022, kemungkinan karena kondisinya yang belum bugar 100 persen dan belum berlatih bersama tim.

Pasalnya, Daisuke Sato sebelumnya harus bergabung dengan timnas Filipina dan sempat terkendala dalam proses administrasi untuk berangkat ke Indonesia. Sehingga, dia baru bisa bergabung dengan tim satu hari sebelum pertandingan 8 besar Turnamen pramusim Piala Presiden 2022.

Sementara itu, dari laman Transfermarkt, Daisuke Sato tercatat sempat memperkuat beberapa tim asal Thailand di antaranya Muangthong United, Suphanburi FC dan pada musim lalu dia membela Ratchaburi FC.

Baca Juga

Selain itu, dengan bergabungnya Daisuke Sato maka slot pemain asing Asia yang ditinggalkan Mohammed Rashid kembali terisi.

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono, mengungkapkan durasi kontrak yang disepakati bersama pemain asing Asia tersebut, menurutnya manajemen mengikat kontrak Daisuke Sato dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

"Kontrak 1 plus 1," kata Teddy.

Posisi Daisuke Sato sendiri merupakan bek kiri, padahal sebelumnya Persib membutuhkan tambahan pemain di posisi gelandang, setelah kehilangan Mohammed Rashid.

Baca Juga

Terkait hal tersebut, Teddy kembali menegaskan masalah perekrutan pemain merupakan wewenang dari pelatih, sebab Robert Alberts lebih memahami kebutuhan tim.

"Untuk alasan teknis, silakan bertanya ke tim pelatih," ungkap Teddy.

Foto : Pemain anyar Persib, Daisuke Sato.(Arif)

Persib BandungPiala PresidenLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Daisuke Sato

Berita Terkini