x

Piala AFF U-19: Timnas Indonesia Belum Menang, Begini Respons Bijak Menpora

Senin, 4 Juli 2022 15:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora), Zainudin Amali sempat nonton langsung laga perdana Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022, dua hari lalu.

Menpora Zainudin Amali menilai ajang Piala AFF ini bagus untuk skuad Garuda Nusantara sebelum mengarungi Piala Dunia U-20 tahun depan.

Baca Juga

Meski ciptakan banyak peluang, tim asuhan Shin Tae-yong tak mampu bobol gawan lawan karena buruknya penyelesaian akhir. Timnas U-19 hanya bermain imbang 0-0 kontra Vietnam. 

Kendati belum menang, Menpora Zainudin Amali tetap mengapresiasi perjuangan para pasukan Timnas Indonesia U-19. 

Dia menegaskan, pengalaman bertanding lebih penting bagi bagi Garuda Nusantara karena jadi persiapan awal sebelum tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

"Anak-anak yang bermain sekarang ini adalah yang dipersiapkan untuk tampil di FIFA World Cup U-20,” kata Menpora, Zainudin Amali.

"Semakin banyak mereka mengikuti kompetisi, maka semakin bagus ya. Pelatih juga bisa melihat perkembangan mereka," imbuhnya. 

Baca Juga

Saat ini, Timnas U-19 masih tertahan di peringkat keempat klasemen Grup A Piala AFF U19 2022. Skuad Garuda Nusantara baru kumpulkan satu poin, di bawah Myanmar, Thailand dan Vietnam. 

Sementara itu, Brunei ada di dasar klasemen sementara setelah kalah telak 0-7 dari Myanmar di laga perdana. 


1. Dukungan Pemerintah

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Lebih lanjut, Menpora berharap, Marselino Ferdinan dkk, bisa menampilkan permainan terbaiknya di Piala AFF U-19 2022. Jika bisa juara, maka hal itu bisa menambah kepercayaan diri pemain. 

Menpora menegaskan, pemerintah memberikan dukungan penuh terhadap perkembangan sepak bola nasional. Tak hanya Timnas U-19 tapi, semua agenda PSSI. 

Baca Juga

“Pemerintah memberi dukungan penuh, termasuk juga upaya Indonesia yang tengah berjuang untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023,” jelas Menpora.

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan Timnas Indonesia sangat siap mengikuti ajang Piala AFF U-19 2022. Segala persiapan termasuk pemusatan latihan sudah dilakukan.

“Mereka dalam keadaan siap bertanding. Kami berharap mendapatkan hasil terbaik, agar mempermudah langkah selanjutnya,” jelas Iriawan.

Baca Juga

2. Target Juara

Pertandingan antara Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Seperti diketahui, Indonesia berada di grup A bersama Brunei Darussalam, Myanmar, Thailand, Vietnam dan Filipina. PSSI dan pelatih, Shin Tae-yong menargetkan juara pada ajang Piala AFF U-19 2022. 

Untuk tampil di Piala AFF U-19 2022, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Dia memutuskan mencoret dua pemain dari 30 nama yang dipanggil dipemusatan latihan. 

Meski bawa 28 pemain, Timnas U-19 hanya akan mendaftarkan 23 untuk ikut pertandingan atau yang masuk daftar susunan pemain. Para pemain akan dipilih Shin Tae-yong sesuai kebutuhan taktik dan strategi. 

Brunei DarussalamTimnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler