x

Piala AFF U-16 2022: Malaysia Gagal Lolos, Timnas Indonesia Dipastikan Jumpa Myanmar di Semifinal

Senin, 8 Agustus 2022 20:46 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan bertemu Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah Malaysia tersingkir karena gagal menjadi runner-up terbaik.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-16 dipastikan akan bertemu dengan Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah Malaysia tersingkir karena gagal menjadi runner-up terbaik

Kabar kurang menyenangkan kini sedang datang dari Timnas Malaysia U-16. Langkah skuad Harimau Malaya di Piala AFF 2022 harus terhenti di babak penyisihan grup.

Baca Juga

Hal tersebut lantaran Timnas Malaysia hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2 melawan Timnas Australia dalam laga terakhir babak penyisihan Grup C, Senin (08/08/22).

Kegagalan Timnas Malaysia ini terjadi setelah Timnas Myanmar berhasil menang atas Kamboja dengan skor 1-0.

Kemenangan Myanmar tersebut membuat Malaysia harus menjadi runner-up. Namun, sayangnya penentuan tidak berhenti di situ saja.

Baca Juga

Malaysia harus bersaing dengan runner-up dari grup yang lain untuk menentukan siapa yang terbaik di antara mereka sebagai syarat lolos ke babak semifinal.

Alih-alih berharap lolos dan berduel dengan Timnas Indonesia U-16 meski menjadi runner-up, skuad Harimau Malaya justru harus angkat koper.

Malaysia harus menerima dengan lapang dada hasil ini lantaran mereka kalah poin dengan Timnas Vietnam dalam penentuan runner-up terbaik.

Baca Juga

Alhasil, atas gagalnya Malaysia ini lantas membuat duelnya dengan Timnas Indonesia pun harus urung terjadi.

Gagalnya Malaysia menembus semifinal membuat Timnas Indonesia U-16 akhirnya harus berhadapan dengan Myanmar pada Rabu (10/08/22) di Stadion Maguwoharjo.


1. Tembus Semifinal, Timnas Indonesia Dapat Wejangan

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini pada laga pertandingan antara Indonesia U-19 vs Korea Utara U-19, Kualifikasi Piala Asia U-19 di GBK, Jakarta.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-16 menembus semifinal Piala AFF U-16 2022 turut mengundang banyak respons dari para penggemar dan penggiat sepak bola Tanah Air.

Salah satunya pelatih kawakan Fakhri Husaini, yang memberikan wejangan kepada timnas Indonesia U-16. Dia berharap Garuda Muda bisa menjuarai Piala AFF 2022 seperti pada saat eranya.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, timnas Indonesia U-16 telah memastikan diri lolos ke semifinal bermodalkan predikat juara Grup A.

Mereka mengemas sembilan poin dari tiga pertandingan yang dijalani. Timnas Indonesia U-16 juga membukukan 13 gol, serta kebobolan satu kali.

Tiket semifinal Piala AFF U-16 2022 dikantongi menyusul hasil pertandingan pemungkas Grup A. Pasukan Bima Sakti berhasil melakukan epic comeback dengan menang atas Vietnam (2-1).

Baca Juga

Fakhri Husaini menjadi sosok yang mencuri perhatian atas lolosnya Timnas Indonesia ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

Sang mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 itu mengaku memberikan semangat dan jangan mudah terbuai dengan pujian.

“Tetap semangat anak muda, nikmati capaian ini, jangan terbuai dengan pujian karena tugas belum selesai,” ungkap Fakhri dikutip dari akun instagram pribadi miliknya. 

Baca Juga

Pelatih kelahiran Lhoksumawe itu juga tak lupa mengucapkan selamat kepada M. Iqbal Gwijangge dkk atas keberhasilan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022.

“Alhamdulillah..Selamat untuk coach @bimasakti230176 dan Timnas U-16. Penampilan hebat, semangat tinggi, gol-gol berkelas,” tambahnya.


2. Kapten Timnas Indonesia U-16 Siap Dijadikan Anak Angkat Ketum PSSI

Kapten Timnas U-16, Muhammad Iqbal Gwijangge

Keberhasilan timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-16 2022, membawa banyak berkah bagi penggawa Garuda Muda besutan Bima Sakti. Salah satunya adalah bagi sang kapten, Iqbal Gwijangge.

Sebelumnya, Ketum PSSI, Mochamad Iriawan telah mengungkapkan bahwa, dirinya akan mengangkat Iqbal Gwijangge sebagai anak.

Hal tersebut dilakukan setelah pria yang kerap disapa Iwan Bule itu, menyaksikan pertandingan antar timnas Indonesia melawan Vietnam dalam matchday ketiga Piala AFF U-16 2022.

“Saya akan kawal sampai dia lulus, dan mendapatkan pekerjaan” ungkap Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip Antara.

Lantas, Muhammad Iqbal Gwijangge yang merupakan bintang Timnas Indonesia U-16 itu menyambut baik niat dari Ketum PSSI tersebut, untuk mengangkatnya sebagai anak.

Baca Selengkapnya: Piala AFF U-16: Bawa Garuda Asia ke Semifinal, Kapten Timnas Siap Dijadikan Anak Angkat Ketum PSSI

Timnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Bola InternasionalTimnas MalaysiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini