x

Piala AFF U-16: Tak Kalah Seru dari Timnas Indonesia, Thailand vs Vietnam Sudah Mulai Perang Saraf

Rabu, 10 Agustus 2022 09:30 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Salah satu aksi Timnas Vietnam di Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Laga Timnas Indonesia vs Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022, Rabu (10/08/22) jelas akan dibanjiri penonton. Namun, pertemuan Thailand vs Vietnam juga tak kalah menarik.

Thailand dan Vietnam sempat menjadi sorotan pada Piala AFF U-19 2022 lalu. Ada dugaan kedua negara itu sengaja main imbang agar sama-sama lolos ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Peristiwa itu bahkan sempat dikritik keras pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dengan mengunggah video laga kedua tim di instagram pribadinya.

Pada akhirnya, Piala AFF U-19 berjalan sesuai keinginan suporter Indonesia. Kedua tim sama-sama gagal melangkah ke final setelah disingkirkan Malaysia dan Laos.

Lebih spesial lagi, kedua negara kembali bertemu saat kejuaraan usia 16 tahun. Mereka harus saling menikam demi merebut tiket lolos ke partai final.

Baca Juga

Suguhan terbaik dijanjikan kedua negara. Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, menyebut para pemain dalam kondisi siap tempur.

"Pemain kami kondisinya sangat bagus. Kami sudah siap menghadapi semifinal," kata Nguyen Quoc Tuan dalam jumpa pers di The Rich Jogja, Selasa (9/8/22).

Sesumbar yang sama dilakukan pelatih Thailand U-16, Pipob Onmo. Meski dari segi recovery lebih lama Vietnam, namun Tontawan dkk siap dari berbagai aspek.

Baca Juga

Pada fase grup Piala AFF U-16 2022, Thailand melaju ke babak semifinal sebagai jawara Grup B, dengan torehan 7 poin dari tiga pertandingan.

"Kami sudah baik secara mental dan fisik untuk laga semifinal," papar Pipob Onmo.


1. Drama Adu Penalti

Fase gugur Piala AFF U-16 2022 tidak memberlakukan perpanjangan waktu ketika skor pertandingan berakhir imbang.

Dalam Piala AFF U-16 2022, ketika laga berakhir imbang pada waktu normal, penentuan pemenang dilakukan dengan adu tendangan penalti.

Situasi ini berpotensi terjadi saat Thailand U-16 vs Vietnam U-16 bertemu mengingat kedua negara memiliki kekuatan yang hampir seimbang.

Baca Juga

Nguyen Quoc Tuan mengatakan timnya siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi pada babak semifinal ini.

"Pertandingan bisa selesai dalam 90 menit bisa juga lewat adu penalti. Kami siap untuk dua situasi tersebut," tegas Nguyen Quoc Tuan.

Baca Juga

Hal sama pun dipaparkan Pipob Onmo yang sebenarnya belum terlalu puas dengan performa timnya pada fase grup.

"Kami siap (jika adu penalti)," singkat Pipob Onmo.


2. Pembuktian Hasil Uji Coba di Jerman

Salah satu aksi Timnas Vietnam di Piala AFF U-16 2022. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Partai melawan Thailand tak sekadar pertemuan dua tim kelompok usia yang muda.

Bagi Vietnam, laga ini juga bagian dari tanggung jawab mengingat sebelum terbang ke Indonesia mereka membuat program persiapan yang mewah.

Vietnam melakukan persiapan di Jerman dengan mengadakan sejumlah uji coba di sana.

Jika mereka pulang dengan disingkirkan Thailand pada babak semifinal, program ke Eropa jelas akan dievaluasi lagi.

Sementara jika berhasil, bisa saja kelompok usia lain akan diterbangkan ke Eropa. Kemenangan juga bisa membuat Vietnam berjumpa Timnas Indonesia lagi, yang akan bertemu Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022.

VietnamThailandPiala AFF U-16Piala AFFBola InternasionalPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini