x

Sudah Lama Dievaluasi, Manajemen Persib Bandung Beberkan Proses Mundurnya Robert Rene Alberts

Rabu, 10 Agustus 2022 17:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono, membeberkan proses mundurnya Robert Rene Alberts dari posisi pelatih Persib Bandung di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Kuswara S Taryono, membeberkan proses mundurnya Robert Rene Alberts dari posisi pelatih Persib Bandung di Liga 1.

Menurut Kuswara, manajemen Persib Bandung sudah sejak lama melakukan evaluasi terkait tidak maksimalnya penampilan Persib di kompetisi Liga 1 2022-2023. Namun, butuh waktu untuk mengambil keputusan.

Baca Juga

Hingga akhirnya pada Rabu (10/08/22) siang, Robert Alberts memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan skuad Maung Bandung.

Sebagai informasi, pada tiga pertandingan kompetisi Liga 1 2022-2023, skuat Maung Bandung tidak meraih kemenangan dan hanya meraih satu poin.

Satu poin tersebut, didapat oleh Persib pada pertandingan perdana kompetisi Liga 1 2022/23, saat bermain imbang dengan Bhayangkara FC 2-2 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Bekasi, Minggu (24/07/22).

Baca Juga

Kemudian pada pekan kedua kompetisi Liga 1 2022-2023, Persib menelan kekalahan dari Madura United dengan skor 1-3 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (30/07/22).

Terbaru, skuad Maung Bandung kembali gagal mengamankan poin, setelah ditaklukkan Borneo FC dengan skor telak 4-1, pada pertandingan tandang kompetisi Liga 1 2022-2023 di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (07/08/22).

"Yang perlu kami sampaikan, Manajemen sudah lama melakukan proses evaluasi, saya Pak Umuh (Komisaris PT PBB), Pak Glenn (Direktur Utama) PT PBB, Pak Zainuri (Komisaris PT PBB), Pak Teddy (Direktur PT PBB)," ucap Kuswara saat konferensi pers di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (10/08/22).

Baca Juga

"Kenapa lama? karena kami membutuhkan waktu untuk evaluasi," jelas Kuswara menambahkan.


1. Marah dan Kecewa

Demo Bobotoh di Graha Persib.

Kuswara menuturkan, manajemen merasakan kekecewaan seperti yang dirasakan oleh Bobotoh. Pasalnya, PT PBB ingin skuat Maung Bandung meraih hasil maksimal pada setiap pertandingan di kompetisi Liga 1 2022-2023.

Lebih lanjut Kuswara menuturkan, manajemen menyampaikan permohonan maaf kepada Bobotoh, karena butuh waktu untuk mengumumkan keputusan terkait mundurnya Robert Alberts. 

Baca Juga

"Karena keinginan Bobotoh sama dengan manajemen, kami sedih, marah dan kecewa dengan hasil pertandingan draw, kalah dan kalah. Untuk itu mohon maaf, barangkali memerlukan waktu, tapi ini akan lebih jelas oleh Pak Umuh," jelasnya.

Sama seperti Kuswara, Umuh juga menjelaskan jika manajemen Persib sudah membahas dan melakukan evaluasi terkait penampilan Persib di kompetisi Liga 1 2022-2023, bahkan hal tersebut dibahas sampai Rabu (10/08/22) dini hari.

"Saya, Pak Glenn dari kemarin dengan Pak Kuswara, panjang lebar, saya tunggu ada keputusan, akhirnya Alhamdulillah, kurang lebih 12.30 WIB tadi, Pak Glenn nelepon saya, jadi Rene Alberts sudah mengundurkan diri dan tidak di Persib lagi," ungkap Umuh.

Baca Juga

Umuh menambahkan, pada pertandingan pekan keempat Kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (13/08/22), Robert Alberts dipastikan tidak akan mendampingi skuat Maung Bandung.

Selain itu, pada sesi latihan untuk persiapan menghadapi PSIS Semarang, Kamis (11/08/22), pelatih asal Belanda tersebut sudah tidak ada lagi di lapangan.

Baca Juga

Sebagai gantinya, untuk sementara waktu kursi pelatih Persib bakal disisi dulu oleh asisten, Budiman, termasuk pada pertandingan menghadapi PSIS Semarang.

"Jadi besok lawan Semarang di-back up dulu sama asisten pelatih, Robert besok juga tidak ada di lapangan. itu intinya," ujar Umuh.


2. Bobotoh Geruduk Graha Persib

Demo Bobotoh di Graha Persib.

Sebagai informasi, ribuan Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib, Rabu (10/08/22), mereka tidak hanya berasal dari Bandung saja, tetapi dari beberapa daerah di Jawa Barat, DKI, Banten dan Jawa Tengah.

Mereka datang ke Graha Persib, untuk menyampaikan tuntutan kepada manajamen Persib, agar Robert Alberts mundur dari kursi pelatih. Pasalnya, mereka kecewa dengan penampilan skuat Maung Bandung di tiga pertandingan kompetisi Liga 1 2022/23.

Menurut Umuh, dengan adanya keputusan dari Robert Alberts, maka tuntutan Bobotoh tersebut sudah terpenuhi. Sehingga, pada kesempatan tersebut dia juga menyampaikan informasi tersebut kepada Bobotoh.

"Kita penuhi dulu (tuntutan Bobotoh) jadi sekarang sudah aman, sudah tenang Bobotoh, Alhamdulillah. Kalau saya tadi apa perintah Pak Glenn, saya siap, apa yang harus dikatakan di hadapan Bobotoh," urainya.

Umuh menilai, keputusan yang diambil Robert Alberts bisa diterima oleh semua pihak, sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

"Tapi tetap saya cari jalan yang terbaik buat semua, buat PT enak, Persib enak, pemain jadi nyaman lagi, Bobotoh terutama, semua juga menunggu keputusan," ungkapnya.

"Media juga nunggu sampai hampir tengah malam, saya juga sampai tengah malam (rapat keputusan Robert)," kata petinggi Persib Bandung di Liga 1, Umuh Muchtar. 

Persib BandungUmuh MuchtarBobotohKuswara S TaryonoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini