x

Menerawang Calon Lawan Berat Liverpool di Liga Champions, Catat Juga Jadwal Drawing-nya

Kamis, 11 Agustus 2022 17:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Selebrasi Liverpool di semifinal Liga Champions 2021-2022 melawan Villarreal. Foto: REUTERS/Pablo Morano.

INDOSPORT.COM - Liverpool akan kembali menjajal taring mereka di Liga Champions 2022-2023 usai finis sebagai runner-up Liga Inggris musim lalu.

Untuk diingat kembali, Jordan Henderson dkk berjuang hingga titik darah penghabisan di Liga Inggris 2021-2022 akibat persaingan sengit dengan sang musuh bebuyutan, Manchester City.

Baca Juga

Pertandingan pamungkas yang digelar bersamaan pun jadi hari menegangkan bagi The Reds dan para suporter setianya.

Namun sayang, Manchester City yang melawan tim besutan Steven Gerrard justru menang dramatis dengan skor 3-2.

Padahal sebelumnya, kemenangan nampak sudah berada dalam genggaman Aston Villa saat unggul dua gol tanpa balas memasuki menit-menit krusial babak kedua.

Baca Juga

Manchester City, memang dinaungi keberuntungan karena menceploskan tiga bola secara beruntun dalam kurun waktu 5 menit saja.

Harapan Steven Gerrard untuk ‘membantu’ Liverpool memenangkan Liga Inggris 2021-2022 pun sirna dalam sekejap.

Kegagalan merengkuh takhta sebagai raja sepak bola Inggris pun berlanjut di level Eropa, usai anak-anak asuh Jurgen Klopp tidak berdaya menghadapi Real Madrid di partai final.

Baca Juga

Namun kini semua sudah berlalu dan Liverpool menatap masa depan yang lebih menantang pada 2022-2023.

Langkah mereka di Liga Inggris musim ini mungkin agak terseok-seok usai bermain imbang melawan tim promosi, Fulham, pekan lalu.


1. Tentang Liga Champions Musim Ini

Pemandangan tim Liverpool saat parade. Foto: REUTERS/Phil Noble.

Walaupun gagal di Liga Inggris dan Liga Champions 2021-2022, Jurgen Klopp berhasil melengkapi raihan trofinya selama membesut Liverpool berkat kemenangan di Community Shield tempo hari.

Kini, Liverpool tentu membidik hasil yang lebih baik lagi pada 2022-2023 termasuk gelar raja Eropa, yang mana sudah mereka rengkuh sebanyak enam kali sepanjang sejarah.

Baca Juga

Liverpool sendiri sudah bukan nama baru di kancah Liga Champions. Selain juara enam kali, The Reds juga sering mondar-mandir di final dengan status runner-up.

Di edisi kali ini, dengan status runner-up musim lalu, eksistensi Mohamed Salah dkk jelas akan diperhitungkan sebagai salah satu unggulan di kompetisi.

Di drawing Liga Champions 2022-2023, Liverpool berada di pot 2, yang berpotensi satu grup dengan tim-tim besar seperti Real Madrid, AC Milan, PSG, FC Porto, Ajax, dan Bayern Munchen.

Baca Juga

Drawing-nya sendiri rencananya bakal digelar pada 25 Agustus mendatang. Terdapat 32 tim yang bakal dibagi menjadi 8 grup.

Saat ini, agenda Liga Champions yang masih berjalan adalah putaran play-off yang menyajikan laga dari 12 tim pemenang kualifikasi ketiga.

Jika tidak ada aral merintang, leg kedua play-off Liga Champions 2022-2023 akan selesai pada tanggal 25 Agustus dini hari WIB, tepat sebelum acara drawing grup dimulai.

Baca Juga

Setelah itu, barulah agenda pertandingan grup dimulai pada awal September, yang mana dimajukan karena ada event Piala Dunia 20022 Qatar.

Jika Liverpool berhasil melaju jauh di edisi 2022 ini, mereka akan menginjakkan kaki di tempat yang sangat bersejarah, yakni Istanbul, Turki.

 

2. Masalah Liverpool Jelang Liga Champions 2022-2023

Selebrasi Liverpool di semifinal Liga Champions 2021-2022 melawan Villarreal. Foto: REUTERS/Pablo Morano.

Ya, Istanbul adalah tempat spesial yang akan selalu diingat oleh para penggemar Liverpool, apalagi kalau bukan karena epic final Liga Champions 2004-2005 yang mempertemukan mereka dengan AC Milan.

Pertandingan final Liga Champions 2022-2023 sendiri rencananya bakal diselenggarakan pada 10 Juni 2023.

Baca Juga

Di pot 2 drawing, Liverpool ditemani Barcelona, Juventus, Sevilla, RB Leipzig, Sevilla, dan juga Atletico Madrid, ditambah dua wakil sesama klub Liga Inggris yakni Chelsea dan Tottenham Hotspur.

Kini, UEFA hanya tinggal menanti 6 pemenang dari putaran play-off bulan ini, untuk mengisi sisa tempat di pot 4.

Masalah Liverpool

Memasuki musim 2022-2023, Jurgen Klopp sudah dihadapkan pada tantangan besar yakni badai cedera yang menimpa beberapa pemainnya.

Baca Juga

Selain itu, Liverpool di sisi lain juga memiliki isu di sektor gelandang yang cepat atau lambat harus dibenahi.

Kondisi ini pun semakin diperparah dengan cederanya mantan gelandang Bayern Munchen, Thiago Alcantara, beberapa waktu lalu.

Bukan tidak mungkin, Jurgen Klopp akan mencari solusi jangka pendek untuk menyelamatkan sektor lapangan tengah The Reds.

Baca Juga

Namun pelatih asal Jerman tersebut nampaknya masih enggan mencari gelandang baru lantaran masih merasa cukup dengan stok yang ia miliki saat ini.

Hanya saja, jika ia berubah pikiran, nama-nama seperti Youri Tielemans, Jude Bellingham, dan Nicolo Barella mungkin bisa jadi opsi.

LiverpoolLiga ChampionsJurgen KloppBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini

Berita Terpopuler