x

Piala AFF U-16: Dihancurkan Timnas Indonesia, Aksi Kiper Vietnam Pancing Emosi Netizen

Sabtu, 13 Agustus 2022 10:37 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Aksi kiper Timnas Vietnam, Phan Dinh Hai, saat melawan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan final Piala AFF U-16 2022 telah memancing emosi netizen.

INDOSPORT.COM – Aksi kiper Timnas Vietnam, Phan Dinh Hai, saat melawan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan final Piala AFF U-16 2022 telah memancing emosi netizen.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-16 berhasil merengkuh gelar juara Piala AFF U-16 2022 usai mengandaskan perlawanan Vietnam di partai final, Jumat (12/08/22).

Baca Juga

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo itu, skuad arahan Bima Sakti mampu menang tipis 1-0 atas Vietnam.

Adapun gol semata wayang Garuda Asia ini dicetak oleh Kafiatur Rizky pada injury time babak pertama pertandingan tersebut.

Usai menerima sodoran bola di kotak penalti, Kafiathur dalam posisi terjepit mampu melepaskan sepakan ke arah pojok atas kanan gawang Vietnam yang dijaga Phan Dinh Hai.

Baca Juga

Ini merupakan trofi kedua yang dimenangkan Timnas Indonesia U-16, di mana trofi pertama berhasil diraih era Bagas  dan Bagus Kahfi di bawah kepelatihan Fakhri Husaini pada 2018.

Terlepas dari keberhasilan Iqbal Gwijangge dkk merengkuh trofi Piala AFF U-16 2022, keberadaan kiper Vietnam U-16 Phan Dinh Hai mencuri perhatian netizen.

Bagaimana tidak. Phan Dinh Hai kedapatan oleh netizen dua kali melakukan aksi yang dianggap kontroversial pada menit-menit akhir pertandingan dan sesudah laga usai.

Baca Juga

Pada menit akhir, Timnas Vietnam U-16 mendapat peluang dari tendangan pojok. Saat itu, semua pemain Vietnam sampai sang kiper maju ke depan di area pertahanan Timnas Indonesia U-16.

Menurut netizen, aksi yang dilakukan Phan Dinh Hai ini adalah tak hanya jadi hiburan tetapi juga memicu emosi mereka yang sudah di ambang kemenangan.


1. Kiper Vietnam Protes sampai Ogah Salaman

Gelandang, Achmad Zidan Rossi saat menguasai bola dengan kawalan pemain Vietnam, Le Duc Phat. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Bukan hanya itu saja, Phan Dinh Hai juga kedapatan memasang raut wajah menahan amarah lantaran tak terima timnya dikalahkan Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

Pada momen-momen usai pertandingan, Phan Dinh Hai juga dinilai netizen berlagak sombong karena tidak mau menerima tos dari para pemain Timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

Padahal, momen tos dan salaman ini adalah penanda bahwa pertandingan ini berakhir dengan sportif dan tidak akan ada dendam di kemudian hari.

Sejatinya, keberadaan Phan Dinh Hai di pertandingan Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam sejak awal pertandingan sudah jadi buah bibir karena sebelumnya dia sempat mengalami cedera.

Sebelumnya, Phan Dinh Hai mengalami cedera kala memperkuat Vietnam dalam partai kontra Thailand di semifinal. Saat itu Vietnam meraih kemenangan 2-0.

Baca Juga

Namun, menurut laporan The Thao 274, Phan Dinh Hai sudah bisa berjalan normal setelah melakukan pemulihan dengan menggunakan es dan beberapa tindakan khusus dari tim dokter.

Pada sesi latihan jelang final yang digelar Kamis (11/08/22), Phan Dinh Hai juga turut di antara para pemain. Phan Dinh Hai terlihat melakukan lompatan tinggi tanpa kendala atas perintah dari pelatih Nguyen Quoc Tuan.


2. Timnas Vietnam U-16 Diguyur Bonus 300 Juta!

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam pada laga fase grup Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (06/08/22).

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengguyur bonus ratusan juta ke skuat Vietnam U-16 yang secara mengejutkan mampu lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

Timnas Vietnam U-16 akhirnya berhasil menjejakkan kakinya ke semifinal Piala AFF U-16. Pasukan Nguyen Quoc Tuan ini lolos sebagai runner-up Grup A, di belakang timnas Indonesia U-16.

Dilansir Bongda, ketua umum dan pengurus VFF tidak menyangka bahwa anak-anak mereka berhasil mencapai semifinal turnamen kelompok umur se-Asia Tenggara.

VFF juga memberi wejangan agar seluruh tim giat berlatih demi mempersiapkan penampilan yang terbaik untuk pertandingan semifinal melawan Thailand.

Selain itu, sebagai suntikan semangat, VFF juga memberikan penghargaan sebesar 300 juta VND (Dong Vietnam) atau setara dengan Rp190 juta kepada skuad Vietnam U-16. Apes bagi mereka, Vietnam dikalahkan Timnas Indonesia U-16 di partai puncak Piala AFF U-16 2022.

Baca selengkapnya: Tak Disangka Lolos Semifinal Piala AFF U-16, Timnas Vietnam Diguyur Bonus 300 Juta!

VietnamTimnas Indonesia U-16KiperTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini

Berita Terpopuler