x

Absen di Laga Kedua FIFA Matchday, Dokter Persib Beberkan Kondisi Marc Klok

Jumat, 30 September 2022 18:55 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani, membeberkan kondisi Marc Klok yang baru selesai memperkuat Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung di Liga 1, Raffi Ghani, membeberkan kondisi Marc Klok yang baru selesai memperkuat Timnas Indonesia pada FIFA Matchday menghadapi Curacao.

Pada pertandingan pertama FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/09/22), Marc Klok tampil dan menyumbangkan satu gol bagi skuat Garuda.

Baca Juga

Namun, pada pertandingan kedua FIFA Matchday di Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/22), pemain naturalisasi ini terpaksa absen.

Menurut Raffi, absennya Marc Klok pada pertandingan kedua menghadapi Curacao, bukan karena tifus seperti isu yang beredar sebelumnya, namun pemain yang berposisi sebagai gelandang ini mengalami keluhan di bagian perut.

"Ya Marc Klok memang seperti desas-desus katanya tipfus, ternyata enggak. Pada saat itu, setelah makan siang, dia tidak ada masalah apa-apa, terus ketemu tim official di Timnas tidak ada apa apa," kata Raffi Ghani.

Baca Juga

"Pas dekat-dekat pertandingan ngerasa nyeri di bagian abdomen, bagian perutnya rasa nyerinya yang cukup hebat makanya dari dokter Tim Nasional, official Tim Nasional, dan pelatih, Marc Klok tidak diturunkan pada saat itu," ujar Raffi menambahkan.

Marc Klok sendiri menurut Raffi, sudah menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan. Hasilnya masih dalam batas normal, sehingga diharapkan tampil pada pertandingan pekan ke-11 kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Meski demikian, keputusan diturunkan atau tidaknya Marc Klok pada pertandingan menghadapi Persija Jakarta diserahkan kepada pelatih Persib Bandung, Luis Milla.

Baca Juga

"Dan dilakukan pemeriksaan penunjang dengan USG dan periksa darah dan lain lain, Alhamdulillah hasilnya dalam batas batas normal. Jadi semoga juga bisa diturunkan pada saat lawan Persija," ungkapnya.

"Jadi tim kesehatan memberikan rekomendasi bahwa Marc Klok bisa, tetapi masalah diturunkan atau enggaknya itu pelatih yang menentukan," jelasnya.


1. 3 Penggawa Timnas Indonesia Siap Kembali Perkuat Persib

Asisten pelatih Persib Bandung, Manuel Perez-Cascallana saat memberikan program latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Sementara itu, tiga pemain timnas Indonesia, Marc Klok, Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, sudah berlatih kembali bersama tim Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Kamis (29/09/22).

Bergabungnya ketiga pemain tersebut, membuat pelatih Persib, Luis Milla, merasa senang, pasalnya saat ini skuat Maung Bandung sedang fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Persija Jakarta pada pekan ke-11 kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

Selain itu, Luis Milla, senang dengan performa tiga pemain tersebut bersama timnas Indonesia dan mengucapakan selamat bagi skuat Garuda yang mampu meraih kemenangan atas Curacao pada FIFA Matchday.

Sebagai informasi, tiga pemain Persib ini sebelumnya memperkuat timnas Indonesia menghadapi Curacao pada FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (24/09/22) dan Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/22).

"Saya senang dengan kinerja pemain timnas dan saya juga ucapkan selama kepada tim nasional," kata Luis Milla setelah memimpin latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Kamis (29/09/22).

Baca Juga

Pelatih asal Spanyol ini menuturkan, peran ketiga anak asuhnya di Timnas Indonesia sangat penting. Bahkan, Marc Klok turut menyumbangkan satu gol, pada laga pertama FIFA Matchday di Stadion GBLA.

Saat FIFA Matchday pertama di Stadion GBLA, skuat Garuda berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-2 atas Curacao. 

Tiga gol Timnas Indonesia pada pertandingan tersebut, dicetak oleh Marc Klok (18'), Fachruddin Aryanto (23') dan Dimas Drajad (56'). Sedangkan gol Curacao, melalui Rangelo Maria Janga (7') dan Juninho Gracilelo Bacuna (25').

"Tiga pemain kami merupakan pemain yang sangat penting untuk tim nasional," jelas Luis Milla.

Baca Juga

Mantan pelatih timnas Indonesia ini menambahkan, ketiga pemain timnas Indonesia tersebut kembali ke skuad Maung Bandung dalam kondisi cukup bugar, hanya Ricky Kambuaya yang sedikit mengalami masalah.

"Mereka datang dengan kondisi yang cukup bagus hanya ada sedikit masalah pada Ricky di engkelnya," ungkap Luis Milla.

"Tapi Marc dan Irianto datang dengan kondisi yang bagus, mereka dalam kondisi siap bertanding dan diharapkan besok ketiganya sudah bisa berlatih bersama lagi," harapnya.


2. Luis Milla Ajak Suporter Guyub Jelang Persib vs Persija

Pelatih Persib, Luis Milla.

Luis Milla mengajak dua kubu suporter untuk tetap berdamai, jelang lanjutan pertandingan Liga 1 Indonesia 2022/23, antara Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Laga putaran ke-11 antara Persib melawan Persija akan tersaji di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, pada Minggu (02/10/22) pukul 16.00 WIB.

Pelatih Persib Bandung, Luis Milla mengetahui bahwa ada rivalitas baik antara kedua tim, maupun kedua suporter yang mempertaruhkan gengsi.

Sehingga, tidak jarang dalam laga yang mempertemukan kedua tim tersebut, atau biasa disebut 'El Clasico'-nya Indonesia sering brjalan dengan tensi tinggi.

Hal tersebut membuat Luis Milla meminta kepada suporter Persib Bandung dan Persija Jakarta untuk bisa menjaga rivalitas hanya hanya dalam 90 menit saja, dan tidak berlanjut di luar lapangan.

Baca Selengkapnya: Kelas! Rivalitas Hanya 90 Menit, Luis Milla Ajak Suporter Guyub Jelang Persib vs Persija

Persib BandungLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1Marc KlokBerita Liga 1

Berita Terkini

Berita Terpopuler