x

Indra Sjafri ke Belanda untuk 'Rayu' Pemain Keturunan, Begini Respons Menpora

Jumat, 30 September 2022 20:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dilaporkan diutus oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, untuk berangkat ke Belanda.

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dilaporkan diutus oleh Ketum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, untuk berangkat ke Belanda.

Ia ditugaskan mencari dan mendekati pemain keturunan buat Timnas Indonesia U-20 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. 

Baca Juga

Indra Sjafri ditemani Hamdan Hamedan yang sudah berpengalaman ditugasi PSSI untuk urusan luar negeri, terutama berhubungan dengan pemain keturunan.

Hal itu tak terlepas dari keinginan pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong yang ingin ada pemain keturunan untuk tingkatkan kualitas Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 tahun depan. 

Baca Juga

Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, sehingga Shin Tae-yong butuh pemain dengan skill, fisik dan pengalaman apik. Sebab, lawan yang dihadapi nanti tidak mudah.

"Indra Sjafri dan Hamdan akan ke Belanda. Pemainnya masih pendekatan dan penjajakan."

"Ada dua nama yang sudah oke sisanya masih pendekatan," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ke awak media. 

Baca Juga

Kabar tersebut juga sudah diketahui oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. 

Dia menyatakan mendukung semua langkah yang dilakukan PSSI, jika hal tersebut untuk kebutuhan jangka panjang Timnas Indonesia. 


1. Bantuan Menpora

Menpora RI Zainudin Amali soal target Timnas Aputasi Indonesia. Foto: Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT

Menpora mengatakan akan membantu proses naturalisasi, jika memang diperlukan. Tapi, ada catatan penting yakni hanya sesuai permintaan Shin Tae-yong. 

"Kalau yang untuk Timnas U-20 kan kemarin tiga orang dipulangkan karena tidak sesuai, tak cocok," buka Menpora. 

Baca Juga

"Ini adalagi yang baru. Saya prinsipnya di era saya, saya hanya merekomendasikan naturalisasi dari federasi, saya gak mau dari klub."

"Kalau pilihan pelatih, itu selektif. Kalau Shin Tae-yong bilang oke, butuh tiga orang ini, maka kita rekomendasikan," kata Zainudin Amali. 

Sebelumnya ada tiga pemain keturunan yang sempat dipanggil ikut latihan jelang Piala AFF U-19 2022 lalu. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Baca Juga

2. Belum Puas

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong.

Akan tetapi, kabarnya Shin Tae-yong belum puas dengan kemampuan ketiga nama itu. Sehingga dia memutuskan mengajukan nama baru ke PSSI. 

Sayangnya, PSSI masih merahasiakan siapa kandidat pemain baru yang diajukan Shin Tae-yong. Ketum PSSI hanya menyampaikan ada dua nama yang sudah setuju dan satu lainnya masih pembicaraan. 

Sebagai informasi, pada tahun 2020 lalu, Shin Tae-yong juga mengajukan nama Elkan Baggott untuk membela Timnas Indonesia U-19 di Piala Dunia U-20 2021. 

Hanya saja, Elkan kemudian tak bisa tampil lantaran event tersebut ditunda ke 2023 karena pandemi Covid-19. Tapi, Elkan tetap memilih jadi WNI dan telah membela Timnas Indonesia senior. 

PSSIIndra SjafriPiala Dunia U-20NaturalisasiBola InternasionalLiga IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini