x

PSSI Cari Pengganti Shin Tae-yong, Ini 3 Pelatih yang Layak Asuh Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Jumat, 30 September 2022 16:44 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Shin Tae-yong, Latihan Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2020 di Singapura

INDOSPORT.COM - Berikut tiga pelatih yang layak menggantikan Shin Tae-yong untuk mengasuh Timnas Indonesia U-23 di ajang bergengsi SEA Games 2023 di Kamboja.

Seperti diketahui, PSSI melalui ketua umum yaitu Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berencana mencari pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23.

Baca Juga

Bukan tanpa alasan, ternyata PSSI hanya ingin meringankan beban kerja Shin Tae-yong pada 2023. Pasalnya, pada tahun depan bakal ada dua turnamen kelompok umur yang akan diikuti.

Timnas Indonesia U-23 akan mengikuti SEA Games 2023 dan skuat U-20 ikut ajang Piala Dunia U-20. Dua turnamen besar ini digelar pada saat bersamaan antara Mei dan Juni 2023.

Baca Juga

Karena Piala Dunia U-20 2023 dinilai lebih penting ketimbang SEA Games, maka PSSI menyuruh Shin Tae-yong agar fokus memimpin Timnas Indonesia U-20.

"Tahun depan jadwal tim nasional sangat padat. Ada SEA Games di bulan Mei, lalu di bulan yang sama ada Piala Dunia U-20," ujar Iwan Bule.

"Kami akan diskusikan nanti. Pasti akan ada pelatih pengganti untuk memegang tim mana saja yang tentunya dengan seizin Shin Tae-yong," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Sementara itu, sebenarnya ada banyak pelatih berkualitas yang sanggup untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023.

Namun kali ini INDOSPORT telah merangkum tiga pelatih yang dinilai sangat layak menggantikan peran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23:


1. 1. Dzenan Radoncic

Tiga asisten pelatih yakni Kim Bong-soo, Shin Sang-gyu, dan Dzenan Radoncic sudah bergabung di Thailand bersama timnas Indonesia mulai Senin (4/5)

Dzenan Radoncic kini masih menjabat sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.  Pria asal Montenegro ini disebut-sebut menjadi salah satu kandidat kuat untuk mengisi kursi pelatih kepala di SEA Games 2023 mendatang.

Bukan tanpa alasan, Dzenan Radoncic sudah pasti sangat tahu soal gaya permainan yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. Ia juga dikenal dekat dengan para pemain dari kelompok umur hingga senior.

Baca Juga

Selain ahli dalam melatih, Dzenan Radoncic juga memiliki pengalaman bermain di lapangan yang bisa ditularan kepada para pemain skuat Garuda Muda.

Bukan pengalaman kaleng-kaleng, ia pernah membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjuarai Liga Champions Asia bersama Shin Tae-yong.

Baca Juga

2. Jeon Kyung-jun

Setelah Dzenan Radoncic, ada sosok yang baru saja menjadi buah bibir yakni Jeon Kyung-jun. Pria ini merupakan eks tangan kanan Shin Tae-yong di Piala Dunia 2018 lalu.

Baca Juga

Jurnalis Korea Selatan, Steve Han sempat menyarankan agar PSSI merekrut Jeon Kyung-jun untuk membantu tugas Shin Tae-yong.

Apalagi kini Jeon Kyung-jun dikabarkan masih menganggur seusai jabatannya sebagai pelatih interim Jeongnam Dragons dilepas pada Juni 2022 lalu.


2. 3. Fakhri Husaini

Momen Fakhri Husaini berpamitan dengan skuat Persela Lamongan. Foto: MO Persela

Meski dikenal sebagai pengkritik Shin Tae-yong, PSSI bisa memanggil Fakhri Husaini untuk mendampingi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023 mendatang.

Meski kurang beruntung bila berkarier di klub, namun Fakhri Husaini memiliki prestasi mentereng ketika menukangi Timnas Indonesia U-16.

Di tangan Fakhri, Timnas Indonesia U-16 merengkuh satu gelar bergengsi yakni Piala AFF U-16 2018 dan dua trofi turnamen Turnamen Jenesys 2018 dan Tien Phong Plastic Cup 2017.

Baca Juga
PSSISEA GamesFakhri HusainiTimnas IndonesiaShin Tae-yongDzenan Radoncic

Berita Terkini

Berita Terpopuler