x

Sunil Chhetri, Zlatan Ibrahimovic-nya Timnas India yang Tak Kenal Kata Lelah

Jumat, 30 September 2022 22:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sunil Chhetri, legenda sepak bola India yang masih eksis. Foto: Getty Images.

INDOSPORT.COM - Jika Swedia memiliki Zlatan Ibrahimovic, India juga tidak kalah dengan sosok Sunil Chhetri yang masih eksis bermain hingga usianya tidak lagi muda.

Tidak berbeda jauh dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Sunil Chhetri juga seorang bintang besar di negaranya.

Baca Juga

Nama penyerang berusia 38 tahun tersebut berkibar cukup kencang di jagat sepak bola Asia walau India sendiri lebih terkenal dengan olahraga kriketnya.

Ia saat ini berseragam klub Bengaluru setelah merantau ke cukup banyak tempat, termasuk Sporting Lisbon.

Sunil Chhetri juga tercatat sebagai anggota Timnas India yang sejak tahun 2005. Bersama tim ini, ia telah melanglang buana ke berbagai kompetisi mulai dari Piala AFC sampai South Asian Games.

Baca Juga

Bukan Pemain Sembarangan

Selama bermain di level tim nasional, ia sempat beberapa kali mencuri perhatian publik dengan aksi-aksinya di lapangan.

Jika harus mengingat satu, sebut saja sepak terjangnya saat berlaga di Piala Asia 2019 lalu. Eksistensi yang ia tunjukkan kala itu bahkan membawanya melampaui catatan bintang Timnas Argentina, Lionel Messi.

Sunil Chhetri menjadi bintang Timnas India di pertandingan kontra Thailand dengan mencetak dua gol ke gawang tim asuhan Milovan Rajevac.

Baca Juga

Berkat gol tersebut, ia menyalip Lionel Messi di daftar pencetak gol terbanyak di laga internasional, yakni 67 dari 105 penampilan.

La Pulga sendiri mengemas 65 gol dari 128 laga internasional bersama Timnas Argentina, lalu di bawahnya ada Didier Drogba dengan 65 gol dari 104 laga internasional.


1. Sunil Chhetri Masih Terus Eksis

Sunil Chhetri, legenda sepak bola India yang masih eksis. Foto: Getty Images.

Persaingan ketat Sunil Chhetri melawan pemain-pemain bintang di daftar top skor internasional pun tetap berlangsung hingga saat ini.

Bahkan, empat golnya di kualfikasi Piala Asia 2023 membantu India lolos sebagai juara grup atas Hong Kong, Kamboja, dan Afghanistan.

Baca Juga

Bukan hanya itu, sebagai salah satu pentolan Timnas India dengan eksistensi yang luar biasa, Sunil Chhetri juga berhasil menyamai raihan gol internasional Ferenc Puskas (Hungaria).

Hanya saja, untuk saat ini para pemain seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, berada di atasnya dengan raihan gol yang lebih banyak.

Meski begitu, belum lama ini Sunil Chhetri mendapat apresiasi yang sangat luar biasa dari FIFA, lewat sebuah series tentang perjalanan karier sang pemain di dunia sepak bola.

Baca Juga

Tayangan berdurasi tiga episode adalah bukti, bahwa nama Sunil Chhetri juga tidak kalah besar dari Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

“Anda tahu semua tentang Ronaldo dan Messi, sekarang dapatkan kisah pemain internasional dengan skor tertinggi ketiga di level internasional,

“Sunil Chhetri, Captain Fantastic, tersedia di FIFA+ sekarang,” demikian bunyi cuitan induk sepak bola dunia tersebut dari akun Twitter Piala Dunia-nya.

Baca Juga

Tentu saja, ini adalah bentuk apresiasi tinggi bagi Sunil Chhetri yang sudah mendedikasikan waktu dan loyalitasnya untuk Timnas India.

Dengan semangat yang masih membara, Zlatan Ibrahimovic-nya India ini diprediksi masih akan eksis sebagai pemain dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan mungkin, sampai ia berusia kepala 4, dua tahun lagi.

 

2. 3 Fakta Sunil Chhetri

Sunil Chhetri, legenda sepak bola India yang masih eksis. Foto: Getty Images.

Menjadi pentolan Timnas India yang masih terus mendedikasikan dirinya untuk tugas bela negara, tentu ada banyak hal tentan Sunil Chhetri yang mungkin belum diketahui orang.

Seabrek catatan mencengangkan pun berhasil ia ciptakan di kancah sepak bola India dan nyaris tidak ada yang bisa menduakannya.

Baca Juga

Nah, berikut beberapa di antaranya.

Pemain Tiga Benua

Sunil Chhetri merupakan satu-satunya pemain India yang bermain di tiga benua. Selain Asia, ia juga pernah merumput di Eropa (Sporting Lisbon), dan Amerika (Kansas City Wizards).

Hattrick Terbanyak

Jadi satu-satunya pemain India yang mencetak hattrick setidaknya sampai tiga kali. Yang pertama, melawan Tajikistan pada 2008.

Baca Juga

Lalu hattrick kedua yakni menghadapi Vietnam pada 2010 dan yang ketiga saat melawan China Taipei pada 2018.

Ibunya Juga Bermain Sepak Bola

Satu lagi fakta menarik tentang Sunil Chhetri, yaitu sang ibu yang ternyata juga pesepak bola. Begitu pula ayahnya.

Ibu Sunil Chhetri pernah bermain untuk Timnas Pakistan, sementara itu sang ayah bermain untuk tim tentara India.

Baca Juga

“Terjun ke olahraga bukan hal sulit bagi saya. Itu alamiah,” ujar kapten Timnas India tersebut seperti dikutip dari laman indiansuperleague.com.

Demikianlah secuil sepak terjang Sunil Chhetri sang pentolan sepak bola India, pemain yang agaknya tidak kenal lelah seperti sosok Zlatan Ibrahimovic. 

Zlatan IbrahimovicIndiaSunil ChhetriBola InternasionalOne Football

Berita Terkini

Berita Terpopuler