x

Viral! Akun AFC Posting Foto Shin Tea-yong saat Perkuat Seongnam FC, Netizen: Bulgogi Coach!

Jumat, 30 September 2022 20:30 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
Warganet digemparkan dengan unggahan dari akun AFC yang menunjukkan foto pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat masih aktif bermain untuk Seongnam FC.

INDOSPORT.COM – Netizen digemparkan dengan unggahan dari akun AFC @theafchub yang menunjukkan foto pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, saat masih aktif bermain untuk Seongnam Ilhwa-Chunma. 

Seperti diketahui, jauh sebelum berkarier sebagai pelatih, Shin Tae-yong memang sempat berkarier sebagai pemain sepak bola profesional.

Baca Juga

Namun demikian, Shin Tae-yong terkenal sebagai pemain yang setia, mengingat hanya dua klub yang dibela sepanjang kariernya.

Seongnam Ilhwa-Chunma adalah klub Liga Korea Selatan yang dibela oleh pelatih 52 tahun tersebut selama 12 tahun karier di sepak bola.

Bahkan, hanya satu klub saja yang dibela Shin Tae-yong di luar Korea Selatan, yaitu tim asal Australia, Queensland Roar, yang hanya dibela dalam satu kali bermain saja.

Baca Juga

Di luar klub tersebut, Shin Tae-yong membela timnas Korea Selatan dalam berbagai kelompok umur, mulai dari U-17 hingga tim senior pada 1997.

Total, sepanjang karier bersama Seongnam, pelatih yang menangani Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur ini bermain dalam 296 pertandingan dengan mencetak 76 gol.

Selain itu, ada banyak gelar yang didapat oleh Shin Tae-yong sebagai pemain Seongnam, yaitu K-League 1 pada tahun 1993, 1994, 1995, 2001, 2002, dan 2003 atau enam kali sepanjang kariernya.

Baca Juga

Selain itu, gelar spesial lain yang sempat didapat Shin Tae-yong bersama Seongnam Ilhwa Chunma adalah Liga Champions Asia tahun 1996.

Salah satu unggahan dari akun AFC yang juga merangkum berita-berita Liga Champions Asia di Instagram pun mengingakan penampilan Shin Tae-yong di era tersebut.


1. Netizen Gempar Lihat Foto Shin Tae-yong Muda

Pelatih Shin Tae-yong bersama asistennya pada latihan Timnas Indonesia sebagai persiapan FIFA Matchday menghadapi Curacao di Stadion Sidolig, Bandung, Kamis (22/09/22).

Shin mengenakan seragam Seongnam berwarna kuning biru hijau, mirip seperti kaus tim nasional Brasil lengkap dengan ban kapten berwarna biru di lengan kirinya.

Selain itu, penampilan sang pelatih yang menjadi sorotan adalah rambut gondrong yang agak pirang dipadu dengan kalung yang melingkari lehernya.

Baca Juga

Sontak, warganet pun dibuat terkagum dengan penampilan Shin Tae-yong dan langsung mengenali foto tersebut.

Namun demikian, belum jelas tahun berapa foto ini dibuat, mengingat akun @theafchub tidak menyebutkannya.

Hanya saja, diyakini bahwa foto ini diambil saat Seongam berjuang menuju juara Liga Champions Asia di tahun 1996.

Baca Juga

Netizen pun mengingat ucapan Shin Tae-yong saat membintangi salah satu iklan mie instan Korea yang baru-baru ini viral di jagat maya. Mereka tak segan-segan membanjiri kolom komentar. 

“Bulgogi coach,” ujar salah satu warganet.

“Bulgogi bulgogi,” imbuh warganet lainnya.


2. Shin Tae-yong Sempat Bintangi Iklan Mie Instan

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bersama pemainnya Dimas Drajad, usai FIFA Match Day menghadapi Curacao.

Iklan mie instan inilah yang membuat warganet semakin mengamati sosok Shin Tae-yong yang tampil tak biasa karena kerap kali garang di lapangan ketika mengasuh timnas Indonesia.

Dalam iklan tersebut, pelatih yang membawa timnas Korea Selatan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0 di Piala Dunia 2018 Rusia ini mengenakan pakaian berwarna merah jambu berikut rambut keriting,

Dalam iklan berikutnya, nampak Shin Tae-yong berjoget sambil mempromosikan produk Mie Instan asal Korea Selatan tersebut.

Bukan kali ini saja Shin Tae-yong nampak membintangi sebuah iklan. Sebelumnya, bersama beberapa pemain Timnas Indonesia, sang pelatih muncul dalam iklan kopi.

Baca Selengkapnya: Kerap Kritisi Shin Tae-yong Latih Timnas Indonesia, Fakhri Husaini Dibela Coach Justin

Korea SelatanLiga Champions AsiaTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBerita Liga Champions AsiaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini