x

2 Kunci Timnas Indonesia U-17 Kalahkan Uni Emirat Arab: Awas Lini Pertahanan!

Rabu, 5 Oktober 2022 08:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

INDOSPORT.COM - Berikut ini adalah dua kunci yang harus diterapakan oleh Timnas Indonesia U-17, jika ingin mengalahkan Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Asia U-17.

Timnas Indonesia U-17 akan menghadapi sang pemuncak Grup B, Uni Emirat Arab pada hari ini, Rabu (5/10/22) malam WIB, di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Baca Juga

Setelah sebelumnya sukses melumat Timnas Guam dengan skor 14-0, Timnas Indonesia U-17 baru akan mendapati ujian sesungguhnya saat bersua UEA.

Tim ini memiliki postur tubuh yang besar, teknik kelas dunia, mengingat mereka jadi langganan Piala Asia U-17, dan tentunya benteng pertahanan pun sangat solid.

Komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh memberikan bocoran kekuatan UEA U-17.

Baca Juga

"Uni Emirat Arab adalah tim yang kuat, karena kalau kita melihat rekam jejak tim ini di level U-17, mereka sering menjadi juara di babak knock out, sering lolos ke Piala AFC."

"Uni Emirat Arab adalah salah satu tim yang juga mengandalkan permainan passing, mereka dilatih oleh pelatih asal Spanyol."

"Pelatih-pelatih asal Spanyol itu akan mengutamakan permainan teknik tinggi, passing-passing datar, plus kombinasi passing-passing tinggi," jelas Binder.

Baca Juga

Jika sebelumnya saat melawan Guam, lini pertahanan Timnas Indonesia tidak perlu bekerja keras karena minim peluang, beda halnya saat menghadapi Uni Emirat Arab.

Namun, bukan hanya lini pertahanan yang dituntut seratus persen, lini tengah dan lini serang pun harus fokus sepanjang laga, jika ingin membidik peluang dan mencetak gol.


1. Binder: Jangan Ada Pelanggaran

Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Setidaknya ada dua kunci yang diberikan Binder Singh, agar Timnas Indonesia U-17 berpeluang menang atas Uni Emirat Arab dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 Grup B.

Dengan postur tubuh yang menjulang, Uni Emirat Arab tidak hanya bermain dengan passing-passing datar, tapi juga memiliki akurasi umpan lambung yang mumpuni.

Baca Juga

"Caranya bagaimana untuk mengantisipasi passing-passing tinggi ini, pertama, cegah para pemain Uni Emirat Arab memberikan crossing-crossing tersebut," jelas Binder.

"Artinya, memaksa mereka untuk bermain dari tengah. Jika itu bisa dilakukan, maka 50 persen tugas pemain Timnas U-17 itu sudah dilakukan," ujar sang komentator.

Selain itu, Arkhan Kaka dkk juga dituntut untuk waspada, jangan sampai melakukan pelanggaran yang menguntungkan lawan.

Baca Juga

"Kedua, menutup ruang gerak, karena tim asal Timur Tengah itu juga sesekali mereka melakukan skill individu untuk memancing tim lawan untuk melakukan pelanggaran."

"Kemudian, mereka akan mendapatkan tendangan bebas, mereka memanfaatkan untuk menciptakan peluang, mencetak gol."

"Menutup ruang area akan jauh lebih baik daripada melakukan pressing man to man, takutnya ada banyak pelanggaran yang akan dilakukan," ucap sang komentator.

Baca Juga

Jika dua hal itu sudah dilakukan, maka kans Timnas Indonesia U-17 untuk menang atas Uni Emirat Arab akan terbuka cukup lebar.

"Pemain Uni Emirat Arab posturnya cukup bagus, tetapi para pemain kita juga ideal semua, para striker di depan tinggi-tinggi, punya fisik yang kuat," tuntas Binder Singh.


2. Jadwal Timnas Indonesia U-17

Pertandingan antara Guam vs Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi AFC U17 2022, Senin (03/10/22). (Foto: Herry Ibrahim)

Berikut adalah jadwal Timnas Indonesia U-17 pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Grup B.

Senin, 3 Oktober 2022
Guam 0-14 Indonesia
Stasion Pakansari, Bogor

Rabu, 5 Oktober 2022
Indonesia vs Uni Emirat Arab
Stadion Pakansari, Bogor

Jumat, 7 Oktober 2022
Palestina vs Indonesia
Stadion Pakansari, Bogor

Minggu, 9 Oktober 2022
Indonesia vs Malaysia
Gelora Bung Tomo, Surabaya

Seluruh pertandingan dihelat pada pukul 19.30 WIB, dan disiarkan langsung dari kanal televisi nasional, Indosiar dan Vidio.com.

Timnas U-17Uni Emirat ArabTimnas IndonesiaIn Depth SportsBerita Timnas IndonesiaBinder SinghKualifikasi Piala Asia U-17Timnas Indonesia U-17

Berita Terkini