x

Menakar Peluang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Pecah Telur?

Sabtu, 26 November 2022 11:57 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Timnas Indonesia akan menghadapi gelaran Piala AFF 2022 dengan sejumlah perubahan. Berikut analisis peluang tim garuda.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia akan menghadapi gelaran Piala AFF 2022 dengan sejumlah perubahan. Berikut analisis peluang tim garuda.

Timnas Indonesia akan menjalani partai Piala AFF 2022 pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023 mendatang atau selepas gelaran Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Laga kali ini akan menjadi saat bagi tim Garuda untuk mencoba meraih juara Piala AFF untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Terlebih lagi, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-Yong akan menjalani Piala AFF keduanya sepanjang karier dengan mengandalkan pemain-pemain lama.

Berikut analisis peluang timnas Indonesia bersama sang pelatih, Shin Tae-Yong di Piala AFF 2022 nanti.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia akan menurunkan materi pemain yang familiar dan merupakan anggota tim di Piala AFF 2020 lalu.

Seperti diketahui, timnas Indonesia sudah mendaftarkan 65 pemain ke AFF yang akan dimainkan oleh pelatih, Shin Tae-Yong.

Dari materi pemain yang ada, Timnas Indonesia diprediksi akan menurunkan Sandy Walsh dan Jordi Amat yang menjadi pemain naturalisasi baru.

Selain itu, timnas Indonesia akan menurunkan beberapa pemain muda, seperti Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferrari.

Tentu saja, materi pemain ini akan disertai dengan beberapa bintang-bintang timnas Indonesia yang bermain di luar negeri.

Baca Juga

Beberapa pemain yang dipastikan akan masuk dalam skuat arahan pelatih Shin Tae-Yong adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani yang kerap kali jadi andalan.

Jangan lupakan juga Asnawi Mangkualam Bahar dan Pratama Arhan yang menjadi andalah pada gelaran Piala AFF 2020 lalu.

Hanya saja, masalah ada di sektor penyerang tengah yang belum juga menemukan pemain terbaik, meskipun ada bintang timnas U-19, Hokky Caraka yang bisa diandalkan.

Meskipun demikian, dengan tambahan pemain-pemain baru, Indonesia jelas akan jadi ancaman berat bagi lawan, meskipun materi pemainnya sudah banyak dikenal

Dengan materi pemain ini, timnas Indonesia diprediksi bisa saja unggul dari kompetitor di Piala AFF 2022 nanti.

Lawan di Penyisihan Grup

Indonesia sendiri akan menghadapi lawan yang cenderung lebih ringan di babak penyisihan grup setelah masuk dalam grup A Piala AFF 2022.

Timnas Indonesia akan berada satu grup dengan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam, yang sebenarnya cenderung lebih ringan.

Hanya Thailand dan Filipina yang kemungkinan akan jadi lawan berat bagi Indonesia dan pasukan arahan Shin Tae-Yong harus berhati-hati.

Apalagi, Thailand kerap kali menjadi lawan yang menjadi batu sandungan bagi timnas Indonesia, sehingga Shin Tae-Yong harus meramu strategi dengan baik.

Timnas Indonesia sendiri akan memainkan laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi karena tak ingin.

Lawan yang Bisa Menyulitkan

Melihat grup B yang cenderung berat karena diisi oleh beberapa mantan juara Piala AFF, seperti Vietnam, Malaysia, dan Singapura, Indonesia harus memikirkan strategi tepat di grup A.

Timnas Indonesia harus mendapatkan status juara grup, mengingat mereka akan menghadapi tim yang cenderung lebih ringan.

Pada grup B Piala AFF 2022, Vietnam dan Malaysia diprediksi akan masuk semifinal, mengingat kedua tim ini cukup kuat di dataran Asia Tenggara.

Namun, jangan lupakan pula Singapura yang pada gelaran Piala AFF 2020 lalu menjadi kontestan mengejutkan di semifinal.

Indonesia kemungkinan akan menghadapi Malaysia jika mampu menjadi juara grup A di gelaran Piala AFF 2022 nanti di semifinal.

Prediksi Peluang timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Dengan materi pemain dan persebaran lawan, timnas Indonesia punya peluang untuk setidaknya lolos hingga final Piala AFF 2022.

Meskipun demikian, Indonesia harus menahan ujian terlebih dahulu dari unggulan, seperti Thailand dan Filipina yang ada di babak penyisihan grup.

Baca Juga

Jika timnas Indonesia bisa lolos dengan mudah dengan status juara grup, tentu saja timnas Indonesia bisa menghadapi tim peringkat kedua, grup B, seperti Malaysia atau Singapura.

Hal ini terjadi lantaran posisi juara grup kemungkinan akan jadi milik Vietnam yang juga akan diunggulkan meraih trofi Piala Dunia 2022.

Dengan tambahan pemain baru, seperti Sandy Walsh dan Jordi Amat, pertahanan timnas Indonesia akan cukup kuat, sehingga bisa bersaing dengan jagoan Asia Tenggara lainnya.

Artikel ini disponsori oleh Indomie. Jangan lupa beli Indomie Goreng kesukaanmu DI SINI untuk menemani sobat INDOSPORT nonton pertandingan Liga 1 dan Hidupkan Inspirasimu bareng Indomie!

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalSandy WalshBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF 2022Indomie

Berita Terkini

Berita Terpopuler