x

Kalah Telak dari Persebaya di Manahan, Persis Terlalu Percaya Diri Sepulang dari Malaysia?

Minggu, 27 November 2022 06:22 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Uji coba Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). (Foto: Official Persebaya)

INDOSPORT.COM - Kekalahan telak 1-5 Persis Solo atas Persebaya Surabaya dalam uji coba di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22), sangat mengagetkan. Banyak pihak menilai Rian Miziar dkk. terlalu percaya diri sepulang dari Malaysia.

Persis Solo menjadi satu-satunya tim yang melakukan pemusatan latihan di luar negeri saat Liga 1 2022/2023 terhenti.

Alexis Messidoro dkk. diajak ke Johor Bahru, Malaysia, selama sepuluh hari. Persis Solo mendapat keistimewaan karena bisa memakai training ground milik JDT II dan III.

Dalam agenda itu, juara Liga 2 2021 ini tak sekadar berlatih, namun juga menjalani uji coba melawan Johor Darul Takzim (Malaysia) dan Tanjong Pagar FC (Singapura).

Persis Solo pulang dengan percaya diri tinggi karena tampil bagus dalam dua uji coba itu. Persis Solo menahan Johor Darul Takzim 1-1 dan menang telak atas Tanjong Pagar 5-2.

Baca Juga

Namun, catatan itu seakan tak ada artinya ketika Persis Solo dihajar Persebaya 1-5 di Manahan. Meski tajuknya hanya uji coba, namun kebobolan lima gol di Manahan merupakan hal yang tak pernah diduga.

Banyak kalangan pun menilai Persis Solo terlalu percaya diri setelah pulang dari Malaysia. Ada pula yang menyalahkan duet Andri Ibo dan Rian Miziar yang dinilai lamban.

Baca Juga

Serangan terhadap Ibo dan Rian bisa dilihat dari komentar di media sosial Persis Solo. Ada pula yang menilai Taufiq Febriyanto gagal bermain lugas di sektor tengah.

Terkait hal itu, Persis Solo coba melihat sisi positif dari kekalahan telak pada laga uji coba. Asisten Pelatih Persis Solo, Rasiman, juga turut berbicara soal faktor terlalu percaya diri awak Laskar Sambernyawa.

"Pasti kita selalu melakukan evaluasi, apapun hasil dari uji coba. Ini juga bagus untuk refleksi karena mungkin kita merasa over confidence dengan hasil selama ini," kata Rasiman usai pertandingan.

Baca Juga

1. Rapor Uji Coba Persis Jelang Liga 1 Bergulir

Uji coba Persis Solo melawan Persebaya Surabaya di Stadion Manahan Solo, Sabtu (26/11/22). (Foto: Persis Solo)

Dalam 12 uji coba sebelumnya, Persis Solo mencatatkan sembilan kemenangan dan tiga hasil seri.

Kekalahan 1-5 dari Persebaya menjadi peringatan bagi Persis Solo bahwa mereka harus berbenah lagi sebelum Liga 1 dilanjutkan. Rasiman menyebut Persis Solo memang pantas kalah dengan cara bermain seperti itu.

"Ini bagus juga buat kita, bahwa kita belum ada di sana (level terbaik), terbukti dengan sesama tim liga, kita kalah dengan cara yang sangat mudah," tutur Rasiman.

Selain refleksi diri, satu gol yang dicetak Samsul Arif juga memberi kelegaan. Dalam beberapa uji coba, Samsul Arif mendapat banyak peluang, namun gagal mencetak gol.

Akhirnya gawang Persebaya yang dibobol Samsul Arif. Pada uji coba pramusim lalu, Samsul Arif juga mencetak dua gol untuk Persis Solo.

Baca Juga

"Alhamdulillah tombo kangen," tulis Samsul Arif saat membuat story tentang cuplikan gol di instagram pribadinya.

Dalam laga ini, banyak pihak bertanya-tanya tentang keberadaan Alexis Messidoro. Pasalnya, gelandang asal Argentina itu merupakan nyawa dari permainan Persis Solo.

Baca Juga

Ternyata, Persis Solo memang sengaja bermain tanpa Messidoro. Hal ini ditegaskan media officer Persis Solo, Bryan Barcelona.

"Bagian dari rotasi," singkat Bryan.

Bisa jadi ini merupakan strategi Persis Solo dalam menyimpan kekuatan. Pasalnya, partai lawan Persebaya disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

Persis Solo juga tak menurunkan Jaimerson Xavier dan baru menurunkan Fabiano menit ke-64 atau setelah kebobolan empat gol.

Persebaya SurabayaPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1RasimanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini

Berita Terpopuler