x

Media Inggris Sebut Elkan Baggott Absen di Babak Grup Piala AFF 2022, Ini Penjelasan PSSI

Minggu, 27 November 2022 04:26 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Respons PSSI usai kabar Ipswich Town dan Gillingham FC yang berikan izin Elkan Baggott ke Timnas Indonesia jika bisa lolos penyisihan grup Piala AFF 2022.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyempatkan diri ke Inggris, tepatnya berkunjung ke klub kasta keempat, Gillingham FC sebelum kembali ke Indonesia usai pemusatan latihan Timnas U-20 di Spanyol.

Rupanya, Shin Tae-yong bertemu bek keturunan, Elkan Baggott. Juru taktik asal Korea Selatan itu juga bersua pelatih Gillingham untuk membicarakan izin membawa Elkan ke Piala AFF 2022 yang dimainkan mulai 20 Desember nanti.

Meski demikian, belum ada informasi terbaru soal peluang Elkan bermain di Piala AFF 2022. 

Kabar terbaru dari media Inggris yakni TWRD, Ipswich Town dan Gillingham FC baru akan memberikan izin apabila Timnas Indonesia lolos dari babak penyisihan grup.

Artinya, pemain 20 tahun itu hanya dilepas jika skuad Garuda lolos ke babak semifinal dan final Piala AFF 2022.

Baca Juga

Berdasarkan informasi tersebut, maka Elkan Baggott akan melewatkan pemusatan latihan dan empat laga di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2023.

Jika Indonesia lolos semifinal Piala AFF 2022, maka Elkan baru bisa beraksi pada 6 dan 10 Januari. Sedangkan final akan berlangsung pada 13 dan 16 Januari.

Baca Juga

Ketika ditanya nasib Elkan Baggott, PSSI menyampaikan belum mengetahui hasil komunikasi tersebut karena menunggu kepulangan Shin Tae-yong lebih dulu.

"Nanti coach Shin yang update. Karena besok (hari ini-red) Shin dan rombongan Timnas U-20 pulang," kata direktur teknik PSSI, Indra Sjafri.

Elkan Baggott memang didaftarkan PSSI ke AFF untuk kejuaraan tahun ini. Dia satu dari empat pemain keturunan yang jadi andalan Shin Tae-yong.

Elkan sudah pernah jalani debut di Piala AFF 2020 yang dimainkan tahun lalu. Ketika itu, dia tampil enam pertandingan dan cetak satu gol.

Baca Juga

1. Peluang Elkan Baggott Tampil di Piala AFF

Shin Tae-yong membagikan potret pertemuannya dengan Elkan Baggot di Inggris. (Foto: Instagram@shintaeyong7777)

Sementara itu, pelatih Gillingham FC, Neil Harris telah angkat bicara soal proses izin tersebut. Dia menjelaskan, kepastian izin berada di tangan Ipswich Town, selaku klub induk Elkan Baggott karena bek jangkung itu dalam masa pinjaman.

"Tidak ada jendela UEFA/FIFA yang akan datang hingga Maret, meski saat ini ada Piala Dunia,"

"Elkan adalah pemain kami, ketika dipanggil oleh timnasnya, maka diskusi akan selalu dilakukan dengannya dan Ipswich Town sebagai klub induknya dan kami sangat menghargai itu," ucap Harris dikutip dari Kent Online pada Jumat (25/11/22).

Walau begitu, Neil Harris mengetahui bahwa Piala AFF 2022 tidak masuk jadwal resmi FIFA. Oleh sebab itu, klub sejatinya tidak harus melepaskan Elkan Baggott ke timnas Indonesia.

"Kami mengetahui turnamen Asia Tenggara (Piala AFF) digelar periode Natal dan Tahun Baru dan diskusi akan dilakukan dengan Ipswich serta Elkan. Tapi pada akhirnya klub tidak harus melepas pemain," imbuhnya.

Baca Juga

Elkan Baggott bergabung dengan Gillingham FC pada bulan Juli 2022 dan kini telah membuat 23 penampilan sebagai starter dan satu pemain pengganti, mencetak dua gol.

Pada Piala AFF 2022, Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Laga pertama dimainkan 23 Desember lawan Kamboja.

PSSIIndra SjafriTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalElkan BaggottPiala AFF 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler