x

Piala Dunia 2022: Masih Baik, Pelatih Timnas Kamerun Beri Kesempatan Onana

Selasa, 29 November 2022 06:18 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pelatih dan kiper Timnas Kamerun, Rigobert Song (kiri) dan Andre Onana (REUTERS/Ibraheem Al Omari).

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Kamerun, Rigobert Song masih berbaik hati dengan memberikan kesempatan bagi pemainnya, Andre Onana untuk bisa tampil di Piala Dunia 2022.

Baru-baru ini, Song dikabarkan berselisih pendapat dengan kipernya tersebut, usai pertandingan antara Kamerun vs Swiss yang digelar hari Kamis (24/11/22) kemarin di Stadion Al Janoub.

Dalam laga tersebut, Kamerun dipaksa berlutut dengan skor 0-1 dari Swiss yang berhasil unggul lewat Breel Embolo di menit ke-48.

Baca Juga

Buntut dari kekalahan tersebut, Song sempat mengkritik gaya bermain dari Onana yang dianggap terlalu lama memegang bola dan meminta agar kiper milik Inter Milan itu mengubah gaya bermainnya.

Onana menolak hingga membuatnya akhirnya diputuskan bakal dicadangkan oleh Rigobert Song dalam pertandingan melawan Serbia yang berakhir imbang dengan skor 3-3 dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia 2022 yang digelar Senin (28/11/22) sore tadi di Stadion Al Janoub .

Karena dimasukkan sebagai pemain cadangan, membuat Onana memilih untuk keluar dari skuat Kamerun di Piala Dunia 2022.

Dalam pertandingan melawan Serbia pun, posisi Andre Onana sebagai kiper utama Timnas Kamerun digantikan oleh Devis Epassy.

Baca Juga

“Onana tidak masuk Timnas Kamerun karena alasan disiplin. Dia meminta untuk keluar dan kami menerima keputusannya, setelah hari Minggu (27/11) waktu latihan kami mengatakan dia bakal jadi pemain cadangan,” jelas Onana usai laga melawan Serbia dilansir Sportsmole.

“Dia merupakan pemain yang sangat penting, tapi sekarang kami ada di Piala Dunia dan saya bertugas untuk mengutamakan keberhasilan tim daripada individu pemain.”

“Mungkin, itulah yang jadi pemicu untuk penampilan melawan Serbia tadi. Jujur ini risiko besar yang saya buat, tapi mau bagaimana lagi? Saya adalah ayah dari skuat ini, jadi saat saya harus ambil risiko dan buat keputusan, maka saya pasti akan melakukannya.”

“Dia adalah salah satu kiper terbaik yang bermain di Eropa, tapi lagi-lagi ini bukan tentang penampilannya, kita harus bisa menjaga kesolidan tim,” lanjut Song.

Perselisihan antara kiper utama dan pelatih Timnas Kamerun, Andre Onana dengan Rigobert Song disinyalir menjadi penyebab Kamerun nyaris kalah dari Serbia dalam pertandingan kedua Grup G Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Onana Masih Punya Kesempatan Tampil di Piala Dunia 2022

Kiper Timnas Kamerun, Andre Onana dalam pertandingan pertama Grup G Piala Dunia 2022 melawan Swiss (Foto: REUTERS/Marko Djurica).

Lebih lanjut, meski berselisih dengan pemainnya, Rigobert Song nyatanya masih berbaik hati dengan mantan kiper Ajax Amsterdam tersebut.

Pelatih berusia 46 tahun ini mengaku jika dirinya masih memberikan kesempatan bagi Andre Onana agar bisa bermain di Piala Dunia 2022 lagi, termasuk laga terakhir yang juga pertandingan hidup dan mati Timnas Kamerun di Grup G Piala Dunia 2022 saat melawan Brasil.

Namun, semua itu lagi-lagi ia serahkan kepada pemain yang bersangkutan. Andai, Onana masih keras hati, maka dirinya tidak akan memaksa sang pemain untuk kembali ke skuat.

Baca Juga

“Saya sudah meminta untuk bersabar, tapi kita lihat saja nanti. Apa dia masih mau bersabar sama kita atau tidak, terserah dia saja,” tutup Rigobert Song.

Dalam pertandingan tersebut, Kamerun sempat unggul lebih dulu melalui gol dari Jean-Charles Castelleto di menit ke-29.

Sayangnya, mereka sempat lengah. Serbia sempat mengembalikan kedudukan menjadi 1-3 melalui gol dari Strahinja Pavlovic di menit ke-45+1, Sergej Milinkovic-Savic di menit ke-45+3, dan Aleksandar Mitrovic di menit ke-53.

Beruntung Kamerun bangkit hingga mampu menyamakan kedudukan melalui Vincent Aboubakar di menit ke-64 dan Eric Maxim Choupou Mouting di menit ke-66.

Baca Juga

Hasil ini membuat Kamerun berada di posisi ketiga dengan raihan satu poin di bawah Brasil di puncak klasemen yang juga sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan raihan enam poin, disusul oleh Swiss di posisi kedua dengan tiga poin.

Pada laga akhir, mereka wajib harus menang atas Brasil demi menjaga peluang untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pertandingan terakhir Grup G Piala Dunia 2022 antara Kamerun vs Brasil digelar pada hari Sabtu (03/12/22) pukul 02:00 WIB di Stadion Lusail.

Baca Juga
KamerunPiala DuniaInter MilanPiala Dunia 2022Rigobert songAndre OnanaUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler