x

Skema Calon Lawan Portugal di 16 Besar Piala Dunia 2022: Final Kepagian Kontra Brasil?

Selasa, 29 November 2022 07:47 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Portugal sukses memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai amankan kemenangan di matchday kedua penyisihan Grup H pada Selasa (29/11/22).

INDOSPORT.COM – Portugal sukses memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 usai amankan kemenangan di matchday kedua penyisihan Grup H pada Selasa (29/11/22) dini hari WIB.

Menghadapi Uruguay di Lusail Stadium, timnas Portugal berhasil raih poin penuh dengan menang telak dua gol tanpa balas.

Bruno Fernandes jadi bintang di laga ini usai catatkan brace. Sempat tanpa gol sepanjang babak pertama, Portugal akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-54.

Memaksimalkan umpan dari Raphael Guerreiro, dengan sekali kontrol Bruno Fernandes lepaskan bola lambung yang mengarah ke gawang.

Cristiano Ronaldo sempat mencoba menyambar bola tersebut dengan sundulan, tetapi sepakan Bruno Fernandes terlalu tinggi dan sulit dijangkau.

Baca Juga

Akan tetapi, laju si kulit bundar malah melaju mulus ke dalam gawang Uruguay dan membuat Portugal memimpin 1-0. Jelang pertandingan usai, Bruno Fernandes kembali catatkan nama di papan skor lewat eksekusi penalti.

Berbekal kemenangan ini, Portugal pun merangsek ke posisi teratas Grup H dengan perolehan enam angka serta memastikan diri lolos ke 16 besar Piala Dunia terlepas dari apapun hasil pada matchday ketiga nanti.

Baca Juga

Usai memastikan diri lolos ke babak gugur, Portugal sudah ditunggu oleh sejumlah calon lawan tangguh dari Grup G.

Salah satunya adalah Brasil yang sejauh ini juga sudah pastikan tiket lolos usai kalahkan Swiss pada matchday kedua.

Meski sama-sama berada di puncak klasemen, namun peluang kedua tim ini untuk bertemu tetap terbuka andai salah satu dari Portugal atau Brasil turun sebagai runner up.

Selain Brasil, tiga tim lain di Grup G juga berpotensi jadi lawan Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT rangkum skema calon lawan Portugal yang akan dihadapi di babak knock out Piala Dunia 2022 nanti:

Baca Juga

1. Calon Lawan Portugal di 16 Besar Piala Dunia 2022

Selebrasi para pemain Brasil saat melawan Swiss dalam laga kedua Grup G Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Marko Djurica).

Dengan hanya selisih tiga poin dari peringkat dua ke pemuncak klasemen, serta tiga poin dari peringkat tiga dan empat ke posisi runner-up, peluang bergantinya urutan klasemen di Grup G memang sangat besar.

Hal tersebut juga bakal mempengaruhi calon lawan Portugal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 nanti. Lantas seperti apakah skema tim yang mungkin dihadapi Portugal? Berikut ulasannya:

Brasil: Portugal bakal bertemu Brasil, jika mereka tidak kalah di partai terakhir. Sementara Tim Samba kalah lawan Kamerun dan Swiss mampu menang atas Serbia dengan margin di atas tiga gol.

*Kondisi di atas membuat Portugal tetap menempati puncak klasemen Grup H, sedangkan Brasil turun ke peringkat dua Grup G dan harus bertemu Portugal di fase knockout.

Swiss: Portugal tidak kalah di laga terakhir dan Ghana gagal menang atas Uruguay atau Portugal telan kekalahan dari Korea Selatan. Namun, Ghana tak boleh menang dengan margin gol lebih dari tiga.

Baca Juga

Sementara di Grup G, Swiss minimal tidak kalah saat hadapi Serbia. Serta tak boleh menang atas Brasil dengan margin di atas dua gol.

*Kondisi di atas membuat Portugal tetap menempati puncak klasemen Grup H dan akan menghadapi Swiss sebagai runner up Grup G.

Baca Juga

Kamerun: Portugal tidak kalah dan Ghana minimal raih hasil seri atau menang dengan margin tidak lebih dari tiga gol atas Uruguay.

Sementara di Grup G, Kamerun harus menang lawan Brasil dengan margin dua gol, serta berharap Swiss kalah dari Serbia dengan skor tak lebih dari 1-0.

*Kondisi di atas membuat Portugal tetap menempati puncak klasemen Grup H, sementara Kamerun menggeser Swiss sebagai runner-up dan bertemu Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Serbia: Portugal tidak kalah dan Ghana minimal raih hasil seri atau menang dengan margin tidak lebih dari tiga gol atas Uruguay.

Sementara di Grup G, Serbia wajib menang atas Swiss dengan skor lebih dari 3-0 dan Kamerun kalah dari Brasil atau menang tetapi tidak lebih dari 1-0.

*Kondisi di atas membuat Portugal tetap menempati puncak klasemen Grup H, sementara Serbia menggeser Swiss sebagai runner-up dan bertemu Portugal di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga
PortugalBrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini