x

3 Pemain Top Eropa yang Main di Liga Arab Saudi Sebelum Cristiano Ronaldo: Ada Eks Bintang Sevilla

Selasa, 6 Desember 2022 16:28 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo mengukir rekor baru usai mencetak gol ke gawang Ghana di laga pertama Grup H Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay).

INDOSPORT.COM - Sebelum Cristiano Ronaldo resmi mencapai kesepakatan dengan Al-Nassr, sudah ada tiga pemain top Eropa yang bermain di Liga Arab Saudi. Siapa saja mereka?

Seperti diketahui, setelah kontraknya diputus oleh raksasa Liga Inggris yakni Manchester United, akhirnya Cristiano Ronaldo akhirnya sudah memiliki palabuhan baru.

Bukan ke klub raksasa Eropa lainnya, Cristiano Ronaldo secara mengejutkan malah memilih berlabuh ke tim Liga Arab Saudi bernama Al-Nassr.

Kabar ini pertama kali dilaporkan oleh media kenamaan Spanyol, Marca. Media itu mengungkapkan jika Ronaldo bakal bermain Al-Nassr mulai 1 Januari 2023 mendatang, atau saat bursa transfer musim dingin Eropa dibuka.

Baca Juga

Bintang Timnas Portugal tersebut sepakat menandatangani kontrak bersama Al-Nassr selama dua setengah musim, seperti kabar yang telah beredar pekan lalu.

Dengan demikian, Ronaldo akan meninggalkan panggung Eropa untuk terus bermain secara kompetitif, sekaligus mencari pengalaman baru di Timur Tengah.

Baca Juga

Selain itu, ia juga memiliki peran untuk meningkatkan citra sepak bola Arab Saudi yang baru saja tampil mengejutkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebelum Ronaldo, ternyata sudah ada beberapa eks bintang top Eropa yang pernah berkarier di Arab Saudi. Berikut INDOSPORT telah merangkumnya:

Baca Juga

1. Sebastian Giovinco

Eks pemain klub raksasa Liga Italia, Juventus, Sebastian Giovinco.

Sebastian Giovinco merupakan eks pemain klub raksasa Liga Italia, Juventus. Ia tercatat pernah berkarier di Liga Arab Saudi dengan bergabung bersama Al-Hilal.

Dirinya datang pada 30 Januari 2019 lalu dari klub MLS, Toronto FC. Bersama Al-Hilal, penampilan Giovinco terbilang bisa dibilang lumayan.

Meski cuma mencatatkan 16 gol dan 19 assist selama 2,5 musim di Arab Saudi, Sebastian Giovinco berhasil membawa Al-Hilal meraih empat kali gelar juara.

Sebastian Giovinco pernah mengangkat trofi Liga Arab Saudi, satu kali King Cup, dan menjadi kampiun Liga Champions Asia 2019 lalu.

Setelah hengkang dari Al-Hilal, Sebastian Giovinco sempat bergabung dengan klub Italia, Sampdoria, tetapi kini ia tercatat tidak memiliki klub.

Baca Juga

Ever Banega

Mantan kapten Valencia dan Sevilla, Ever Banega, saat ini masih tercatat sebagai bagian dari skuat Al-Shahab. Ia bergabung pada bursa transfer musim panas lalu, setelah membawa Sevilla dalam meraih gelar juara Liga Europa.

Walaupun baru bergabung, Ever Banega telah dipercaya menjadi kapten dari tim Al-Shahab hingga sekarang. Dalam 2,5 musim bersama Al Shabab, Ever Banega sudah melakoni 66 laga dengan torehan 16 gol dan 17 assist.

M'Baye Niang

M'Baye Niang merupakan mantan bintang AC Milan pada musim 2014 hingga 2018. Ia pernah ke Arab Saudi dengan bergabung ke Al-Ahli pada Februari 2021.

Berbeda dengan pemain Eropa lainnya, ia datang ke Arab Saudi dengan status pinjaman dari klub Ligue 1 Prancis, Stade Rennes.

Baca Juga

Sayang penampilan M'Baye Niang di Arab Saudi terbilang mengecewakan. Saat itu ia hanya tampil sebanyak lima kali tanpa mencetak gol atau assist.

Setelah kontraknya di Al-Ahli habis, M'Baye Niang dilepas Rennes ke Bordeaux dan kembali dilepas ke Auxerre pada musim 2022-2023.

Baca Juga
Bursa TransferManchester UnitedCristiano RonaldoSevillaValenciaSebastian GiovincoArab SaudiM'Baye NiangEver BanegaAl Nassr

Berita Terkini