x

Debut dan Bawa Persis Pesta Gol di Liga 1, Leonardo Medina Girang Bukan Main

Rabu, 7 Desember 2022 05:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Para pemain Persis Solo merayakan gol ke gawang Rans Nusantara FC. (Foto: Persis Solo)

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Meksiko, Leonardo Medina Arellano, tak ingin jadi pahlawan sendiri ketika Persis Solo tampil mengejutkan pada Lanjutan Liga 1 Indonesia 20022/2023.

Laskar Sambernyawa membuat kejutan besar dengan menghajar Rans Nusantara FC 6-1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (6/12/22).

Gelandang asal Jepang, Ryo Matsumura, menjadi bintang dengan torehan dua gol dan satu assist. Empat gol lain dicetak Fernando Rodriguez, Sutanto Tan, Samsul Arif serta gol bunuh diri Fadilla Akbar.

Jasa Alexis Messidoro juga tak bisa dikesampingkan. Sosok asal Argentina ini menjadi otak dari tangguhnya lini tengah Persis Solo. Ia mencatatkan dua assist pada laga ini.

Kemenangan fantastis ini menandai debut Leonardo Medina bersama Persis Solo. Ia harus menunggu hampir dua bulan untuk memimpin anak asuhnya di Liga 1.

Baca Juga

Bagi Leo, sapaan akrab nya, perubahan besar pada penampilan Persis Solo bukan atas kerjanya sendiri. Ada staf pelatih, ofisial, manajemen dan pemain yang turut kerja keras selama kompetisi terhenti.

"Saya merasa beruntung dengan debut pada laga ini. Saya juga bersyukur dengan kerja keras yang akhirnya bisa membuahkan hasil yang bagus,"

Baca Juga

"Kredit tersendiri buat staf bahwa ini pencapaian kolektif karena mereka bantu untuk meraih hasil maksimal," ucap Leo usai laga.

Menurut Leonardo Medina Arellano, laga ini sebenarnya tak berjalan muda, meski Persis Solo sudah mencetak gol menit ke-5 lewat Sutanto Tan.

Rans Nusantara juga memberikan perlawanan. Namun, para pemain Persis Solo bisa tampil lebih tenang dan memanfaatkan setiap peluang.

"Kami melakukan pekerjaan yang bagus. Kami mencetak banyak gol, tapi bukan berarti kami menghadapi lawan yang mudah. Kami semua kerja keras," tutur Leo.

"Saya senang memiliki pemain yang bisa menampilkan perjuangan untuk mewakili lambang Persis di dada mereka," lanjut mantan asisten pelatih Johor Darul Takzim ini.

Baca Juga

1. Persis Masih Harus Berbenah

Pelatih Persis Solo, Leonardo Medina. (Foto: Persis Solo)

Meski menang telak, Leo merasa Persis Solo masih butuh pembenahan lagi. Sepanjang laga ini, Persis Solo melewatkan banyak momen karena ada kesalahan.

Satu kesalahan pada akhirnya berbuah gol untuk Rans Nusantara lewat sepakan akrobatik Makan Konate. Leo menegaskan bahwa kesalahan ini tak boleh terulang lagi.

"Masih ada beberapa titik yang harus dibenahi dan diimprove pada setiap pertandingan. Setelah ini saya akan menganalisis bersama tim supaya bisa menemukan hal yang bisa di improve," tegas Leo.

"Meski mencetak enam gol, tapi pada beberapa momen, Persis Solo kehilangan bola dan kehilangan momen. Itu yang membuat Persis kecolongan gol," lanjut Leo.

Setelah ini, Persis Solo akan menghadapi lawan tak mudah. Laskar Sambernyawa bakal menantang Arema FC di Stadion Jatidiri Semarang, Minggu (11/12/22).

Baca Juga

"Saya berharap semua pemain bisa fokus 90 menit agar bisa fokus dan tidak kecolongan lagi," harap Leo.

Terpisah, Ryo Matsumura mengungkapkan kegembiraan atas hasil ini. Kemenangan ini merupakan kerja keras seluruh awak tim, bukan pemain dan pelatih saja.

Baca Juga

"Waktu panjang yang dimiliki Persis Solo untuk berlatih membuat kami bisa kerja keras. Saya mengucapkan terima kasih pada staf, pelatih dan para suporter yang menyaksikan laga ini di rumah," tutur Ryo.

Persis Solo memiliki waktu sehari lebih panjang untuk recovery ketimbang Arema FC. Tim Singo Edan baru bermain melawan Dewa United di Stadion Manahan Solo pada Rabu (7/12/22).

Baca Juga
Rans Nusantara FCPersis SoloLiga IndonesiaLiga 1Liga 1 2022-2023Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini