x

Profil Goncalo Ramos, Sang Pencetak Hattrick Pertama di Piala Dunia 2022

Rabu, 7 Desember 2022 06:23 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Striker muda Portugal, Goncalo Ramos mencetak hattrick ke gawang Swiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

INDOSPORT.COM – Goncalo Ramos sukses menjadi pencetak hattrick pertama di Piala Dunia 2022 usai membawa Portugal menang 6-1 atas Swiss dalam laga babak 16 besar di Stadion Lusail.

Tak ada Ronaldo, Ramos pun jadi. Mungkin inilah yang berada dalam benak pelatih Timnas Portugal, Fernando Santos yang mencadangkan pemain megabintangnya tersebut dan lebih memilih Goncalo Ramos sejak menit awal sebagai ujung tombak timnya.

Disimpannya Cristiano Ronaldo sejak menit awal bukan hal yang baru lagi, ia beberapa kali pernah mengalaminya dan klub terakhir yang sering mencadangkannya adalah Manchester United.

Baca Juga

Hasilnya pun terbukti, Timnas Portugal mampu mendominasi pertandingan dan unggul 5-1 sebelum Ronaldo dimainkan menggantikan Ramos pada menit ke-74.

Sebelum ditarik keluar, Goncalo Ramos sudah mencatatkan namanya di papan skor tiga kali hingga membuatnya diistirahatkan oleh sang pelatih demi menjaga stamina bintang mudanya tersebut untuk melakoni pertandingan babak perempatfinal Piala Dunia 2022 melawan Maroko.

Ya, Goncalo Ramos menjadi aktor kemenangan Selecao Eropa dengan skor telak 6-1 atas Swiss di pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Ia menciptakan hattrick di menit ke-17, 51’, dan 67, sementara tiga gol Portugal lainnya dikemas oleh Pepe di menit ke-33, Raphael Guerreiro di menit ke-55, dan Rafael Leao di menit ke-90+2.

Sementara gol hiburan Swiss diciptakan oleh Manuel Akanji di menit ke-58. Selain mencetak tiga gol, Goncalo Ramos juga menciptakan satu assists kepada Guerreiro.

Dengan demikian, maka man of the match dari hasil pertandingan antara Portugal vs Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022 tentu layak diberikan kepada Goncalo Ramos.

Baca Juga

1. Goncalo Ramos, Bintang Muda dari Benfica

Selebrasi striker Portugal, Goncalo Ramos usai jebol gawang Swiss dalam pertandingan babak 16 Piala Dunia 2022 (Foto:REUTERS/Carl Recine).

Nama Goncalo Ramos pastinya belum banyak yang mengenalnya di dunia sepak bola. Wajar saja, pemain berusia 21 tahun itu baru dipromosikan oleh klubnya, Benfica pada tahun 2020 dari tim akademi.

Sehingga bisa dibilang, nama Goncalo Ramos lebih dikenal di dunia sepak bola Portugal, khususnya fans Benfica.

Di musim 2022-23 yang baru berjalan setengah musim ini, ia sudah mencetak 14 gol dalam 21 penampilan bersama Benfica di seluruh kompetisi.

Baca Juga

Sementara jika ditotal sejak ia debut pada tahun 2020 lalu, Goncalo Ramos telah mencetak 28 gol dalam 80 pertandingan di seluruh kompetisi.

Artinya, separuh total gol yang dikemas oleh Ramos di level klub tercipta di musim 2022-23. Jumlah gol ini pastinya bakal terus bertambah, mengingat musim 2022-23 belum benar-benar usai dan Goncalo Ramos juga masih dalam usia yang sangat muda.

Penampilan enerjik dari Goncalo Ramos tak hanya untuk klub, tetapi juga untuk Timnas Portugal U-21, di mana ia mampu mencetak 14 gol dalam 18 pertandingan sejak debut di tahun 2020.

Baca Juga

Tak heran jika dirinya akhirnya mendapat kesan di mata pelatih senior Portugal, Fernando Santos yang memanggilnya pada 17 November 2022 kemarin.

Debutnya pun berjalan mulus saat Portugal menjalani pertandingan persahabatan jelang Piala Dunia 2022 melawan Nigeria.

Kala itu, Portugal menang 4-0 dan Ramos mencetak satu gol dalam laga tersebut. Sementara di Piala Dunia 2022, ia diberikan kesempatan tampil di fase grup, yaitu saat melawan Ghana dan Uruguay.

Meski belum mencetak gol, namun permainannya benar-benar membuat repot lini pertahanan lawan.

Baca Juga

Wajar pula jika pada akhirnya, Fernando Santos menurunkannya sejak menit awal di laga melawan Swiss dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Hasilnya, Goncalo Ramos langsung mencetak gol perdananya di ajang Piala Dunia, sekaligus menjadikannya sebagai pemain pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia 2022.

Tentunya, Goncalo Ramos bakal kembali dipercaya Selecao untuk pertandingan delapan besar. Pertandingan Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 antara Maroko vs Portugal bakal digelar Sabtu, (10/12/22) pukul 22:00 WIB di Stadion Al Thumama.

Baca Juga
Cristiano RonaldoPortugalPiala DuniaPiala Dunia 2022Fernando SantosGoncalo RamosProfil Piala Dunia 2022

Berita Terkini