x

Jelang Man City vs Arsenal, Arteta Ungkap Bagaimana Guardiola Menginspirasi untuk Menjadi Pelatih

Jumat, 27 Januari 2023 21:20 WIB
Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Isman Fadil
Mikel Arteta saat laga Liga Inggris antara Arsenal vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Jelang pertandingan Manchester City vs Arsenal diajang Piala FA (FA Cup), Mikel Arteta mengungkapkan bagaimana dirinya terinspirasi oleh Pep Guardiola.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta pernah menjadi asisten pelatih Pep Guardiola waktu di Manchester City beberapa musim lalu.

Saat ini keduanya akan saling bertemu bukan sebagai rekan kerja, tetapi sebagai lawan karena Manchester City akan bertemu Arsenal di ajang FA Cup.

Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta musim ini tampil trengginas di Liga Inggris membawa The Gunners berada di puncak klasemen.

Posisi tersebut mengangkangi Manchester City yang dilatih Pep Guardiola yang berada di peringkat kedua klasemen Liga Inggris.

Baca Juga

Kedua tim akan bertemu besok tetapi di ajang Piala FA yang tentu akan menjadi pertandingan menarik antara murid yang direpresentasikan Mikel Arteta berhadapa dengan Pep Guardiola sebagai mentornya.

Mikel Arteta bukan sosok pelatih yang lupa akan mentornya pada diri Pep Guardiola, pelatih Arsenal itu menyadari ada banyak pembelajaran yang didapatkannya dari sosok berkepala plontos itu.

Baca Juga

Dilansir dari Mirror, Mikel Arteta mengungkapkan bagaimana cara Pep Guardiola menginspirasi dirinya sehingga membawa kesuksesan untuk Arsenal musim ini

Mikel Arteta menganggap bos Manchester City itu sebagai sosok visioner yang membentangkan pola kepelatihan untuk diikuti orang lain.

Jelang pertandingan Manchester City vs Arsenal, Mikel Arteta menjelaskan utangnya kepada dalang di balik empat gelar Liga Inggris City dalam lima tahun terakhir, yaitu Pep Guardiola.

Baca Juga

1. Pernyataan Mikel Arteta Terkait Pertandingan Melawan Guardiola

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat menemati timnya di Liga Champions melawan Borussia Dortmund

Mikel Arteta menyadari jika pertandingan melawan Manchester City ini menjadi pertemuan antara seorang murid dengan mentornya.

Selain menginspirasi dalam kepelatihan, Mikel Arteta juga mengaku jika sejak menjadi pemain bahwa sosok Pep Guardiola dalam membentuk karakternya dalam melatih.

“Sangat sederhana. Saya merasa bersyukur, pertama-tama karena dia menginspirasi saya sebagai pemain, kemudian dia menginspirasi saya dan memberi saya kesempatan sebagai pelatih,” ucap Arteta dikutip dari Mirror.

Mikel Arteta menyadari apa yang orang pikirkan tentang dirinya dan menerimanya, karena memang mungkin pelatih asal Spanyol itu tidak akan memiliki karir seperti sekarang, jika tanpa pengaruh Guardiola.

Mikel Arteta mungkin dapat dijadikan sebagai Arsene Wenger yang baru, tetapi perolehan Arsenal akan membuktikan kebenarannya terlebih dahulu.

Baca Juga

“Dan saya tidak akan duduk di sini dengan kemauan dan cinta untuk melatih jika Guardiola tidak mempercayai kecintaan saya pada permainan dan memberi saya kesempatan,” ungkapnya.

Mikel Arteta mengakui sebagai pemain, ingin mencapai apa yang Guardiola lakukan, Arteta menyukai cara Guardiola bermain, menyampaikan dan memahami apa yang terjadi di lapangan.

Baca Juga

“Guardiola adalah inspirasi sejak saya berusia 18 tahun. Saya pikir pengaruh Pep terhadap sepak bola dalam 20 tahun terakhir sangat kuat,” tutur Arteta.

“Guardiola mengubah permainan seperti yang dilakukan Johan (Cruyff) di masa lalu, dia melakukannya seperti manajer lain yang akan tercatat dalam sejarah,” imbuhnya.

Manchester City akan melawan Arsenal pada Sabtu (28/01/23) pukul 03.00 di Etihad Stadium markas The Citizens.

Baca Juga

Sumber: Mirror

ArsenalManchester CityPep GuardiolaMikel ArtetaPiala FALiga Inggris

Berita Terkini