x

5 Pemain Bintang yang Pindah ke Klub Baru Usai Bersinar di Turnamen Besar

Senin, 6 Februari 2023 12:48 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Enzo Fernandez dari usai menjebol gawang Meksiko di grup C Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

INDOSPORT.COM - Turnamen besar memang menjadi ajang pembuktian diri bagi pesepak bola. Dengan bermain baik, sang pemain bisa melanjuti kariernya di klub baru.

Tetapi, itu tidak selalu terjadi, dan di tahun-tahun sebelumnya, pemain tertentu telah muncul dan membuat namanya semakin bersinar, baik di pentas Euro maupun di Piala Dunia.

Baca Juga

Enzo Fernandez adalah pemain terbaru yang menggunakan nama besarnya setelah menjuarai Piala Dunia 2022 bersama timnas Argentina. 

Tak hanya itu, dia juga meraih penghargaan Pemain Muda Terbaik di ajang tersebut. Tak heran jika Chelsea segera merekrutnya dengan harga begitu fantastis.

Selain Enzo, berikut lima pemain bintang lainnya yang direkrut klub baru usai bersinar di turnamen besar.

Baca Juga

Wayne Rooney

Wayne Rooney mengalami beberapa musim breakout di klub masa kecilnya, Everton, tetapi tetap diramalkan menjadi pemain hebat.

Benar saja, penampilannya untuk Inggris di ajang Euro 2004 mengukuhkan statusnya sebagai pemain bintang masa depan.

Baca Juga

Rooney sendiri menolak perpanjangan kontrak di Everton dan juga menolak tawaran 20 juta poundsterling dari Newcastle United.

Dengan dana lima juta poundsterling lebih mahal dari Newcastle, Manchester United resmi menjadi pelabuhan Rooney berikutnya pada Agustus 2004.


1. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro saat menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Fabio Cannavaro sempat menjadi bek terbaik dunia. Puncaknya setelah ia membawa Italia meraih gelar juara Piala Dunia 2006.

Sejak saat itu, Real Madrid memboyongnya dari Juventus. Sayangnya, kariernya hanya bertahan tiga musim saja di Santiago Bernabeu.

Baca Juga

Meski begitu, bek berkepala plontos ini menjadi satu dari tiga bek top dunia yang mampu memenangi Ballon d'Or, yakni pada edisi 2006.

Mesut Ozil

Mesut Ozil sudah memiliki lebih dari 100 penampilan Bundesliga di bawah klub FC Schalke dan Werder Bremen sebelum Piala Dunia 2010 tiba.

Baca Juga

Sebelum Piala Dunia 2010 bergulir, nama Ozil sejatinya tidak begitu terdengar. Tetapi, namanya kian melambung usai membawa Jerman finis ketiga.

Real Madrid pun memboyongnya pada Agustus 2010 senilai 18 juta euro. Di klub raksasa Spanyol ini, Ozil mencatatkan 27 gol dan 80 assist dalam 159 penampilannya dalam tiga musim.


2. Alexis Sanchez

Alexis Sanchez cetak gol di laga Parma vs Inter, Jumat (05/03/21).

Nama Alexis Sanchez sebenarnya sudah cukup dikenal saat turnamen Piala Dunia 2014 dimulai, terutama atas aksinya bersama Barcelona, klub raksasa Spanyol.

Dalam turnamen akbar tersebut, Sanchez menjadi bintang saat Chili menyingkirkan juara bertahan Spanyol di babak penyisihan grup.

Baca Juga

Selain itu, Sanchez juga membawa laga melawan Brasil hingga babak adu penalti di fase 16 besar. Tidak heran jika Arsenal tertarik membelinya senilai 42,5 juta euro pada Juli 2014.

James Rodriguez

Seperti sudah menjadi tradisi, Florentino Perez selaku Presiden Real Madrid, tampaknya membutuhkan pemain baru yang paling bersinar di setiap edisi Piala Dunia.

Salah satunya adalah di Piala Dunia 2014, di mana ini menjadi turnamen yang tak terlupakan untuk James Rodriguez.

Baca Juga

Selain menjadi topskor (enam gol) terbanyak kala itu, bintang asal Kolombia ini juga mendapat penghargaan gol terbaik dalam turnamen tersebut.

Tak heran jika Madrid merekrutnya dari AS Monaco seharga 75 juta euro pada Juli 2014. Tetapi, dia tidak bisa tampil sempurna sehingga dipinjamkan ke Bayern Munchen, lalu dijual ke Everton.

Piala DuniaWayne RooneyAlexis SanchezBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini