x

AC Milan Lagi-lagi Dilumat Inter Milan: Maldini cs Pasang Wajah Horor, Posisi Pioli Aman?

Senin, 6 Februari 2023 13:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kekalahan AC Milan dari rival sekota, Inter, pada lanjutan Liga Italia membuat suasana ruang ganti mencekam. Anehnya, posisi Stefano Pioli masih aman. Foto: REUTERS/Antonio Bronic

INDOSPORT.COM – Kekalahan AC Milan dari rival sekota, Inter, pada lanjutan Liga Italia (Serie A) membuat suasana ruang ganti mencekam. Bukan hanya itu, posisi Stefano Pioli kembali diragukan.

AC Milan kembali bertemu Inter Milan dalam lanjutan Liga Italia 2022-2023 pekan ke-21, Minggu (6/2/22) hanya beberapa pekan setelah final Piala Super Italia 19 Januari lalu.

Sayangnya, AC Milan belum bisa membalaskan kekalahan dari Inter Milan di final tersebut. Di pertemuan terbaru di Giuseppe Meazza, Rossonerri takluk lagi dari Inter 1-0.

Gol tunggal Lautaro Martinez di menit ke-34 jadi satu-satunya gol yang disahkan dari total tiga gol yang bersarang ke gawang AC Milan. Dua gol lainnya dianulir oleh wasit.

Pada laga ini, Stefano Pioli memainkan formasi 3-5-2 ketimbang formasi andalan 4-2-3-1. Taktik ini bahkan jarang dipakai di laga sekelas Derby della Madonnina.

Baca Juga

Benar saja. Takti baru Pioli ini malah tidak terlihat tidak efektif. Permainan Rafael Leao dan kawan-kawan bagaikan angin ribut menghadapi skuad besutan Simone Inzaghi.

Kekalahan ini membuat AC Milan kian terpuruk.  AC Milan kini berada di urutan keenam dengan 38 poin sedangkan Inter Milan ada di posisi kedua dengan 43 poin, terpaut 13 angka dari Napoli di puncak klasemen Liga Italia.

Baca Juga

Bukan hanya itu saja, kinerja Stefano Pioli pun menjadi sorotan. Taggar #PioliOut digemakan fans Milan di media sosial Twitter menuntung sang juru taktik mundur dari jabatannya.

Akan tetapi, Pepe Di Stefano kepada Sky Sport Italia, melalui cuitan jurnalis italia Francesco Nasato, membocorkan suasana ruang ganti AC Milan usai kekalahan dari Inter Milan.

Pepe Di Stefano mengungkapkan bahwa suasana ruang ganti AC Milan langsung berubah tegang setelah tiga petinggi klub, termasuk Paolo Maldini masuk.

Baca Juga

1. Ruang Ganti AC Milan Berubah Mencekam

Pemain AC Milan, Rafael Leao.

Dalam penuturannya, dua direktur AC Milan Paolo Maldini dan Ricky Massara, serta CEO Giorgio Furlani memasuki ruang ganti dengan wajah cemberut.

Belum diketahui dengan jelas, apa dan siapa yang membuat ketiga petinggi klub tersebut memasang wajah horror. Entah itu kekalahan dari Inter Milan ataukah taktik yang dipakai Pioli.

Pepe Di Stefano menegaskan bahwa saat ini posisi Stefano Pioli sebagai pelatih kepala AC Milan masih aman alias jauh dari ancaman pemecatan.

Meski masih aman untuk saat ini, AC Milan bisa saja mengambil langkah tegas soal posisi Pioli jika klub kembali menelan hasil buruk di pertandingan berikutnya.

Secara terpisah, Stefano Pioli tidak menyesal dengan keputusannya dalam mengubah taktik di laga penting melawan Inter Milan pada lanjutan Liga Italia kemarin.

Baca Juga

“Saya tidak menyesalinya, karena mengingat semua yang saya lihat selama satu pekan ini dan dalam pertandingan ini, posisi yang ingin saya ambil dan bentuk tim, ini adalah pilihan yang tepat,” beber Pioli.

Bisa dikatakan, taktik yang dimainkan Stefano Pioli ini membuat skuad AC Milan lebih banyak bertahan di areanya sendiri alih-alih menyerang.

Alhasil, Nerazzurri begitu dominan di laga ini. Mereka mencatatkan 65 persen penguasaan bola dibanding dengan 35 persen milik Milan.

Baca Juga

La Beneamata juga mampu memberi tekanan, di mana 15 tembakan dengan empat mengarah ke gawang berlasil dilakukan. Sebaliknya, empat tembakan Il Diavolo semuanya meleset dari sasaran.

Hasil ini menjadi kekalahan ketiga beruntun AC Milan  sekaligus tanpa kemenangan dalam tujuh pertandingan terakhirnya di semua kompetisi.

Dalam empat laga terakhirnya di semua kompetisi, Milan selalu kalah. Dalam empat laga itu, Milan juga kebobolan total 13 gol dan cuma mampu mencetak dua.

Satu-satunya kemenangan diraih AC Milan tepat setelah Piala Dunia 2022, yakni saat mereka membungkam tim papan bawah Salernitana 1-2 pada 4 Januari 2023.

Baca Juga
AC MilanInter MilanStefano PioliLiga ItaliaAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini