x

5 Pemain yang Dibuang tapi Bersinar di Liga Inggris, Malah Sekarang Jadi Kapten Arsenal!

Selasa, 7 Februari 2023 23:20 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Para pemain Arsenal merayakan gol cepat Martin Odegaard ke gawang Watford (06/03/22). (Foto: REUTERS/Ian Walton)

INDOSPORT.COM - Dalam sejarah sepak bola, terdapat sederet pemain yang dibuang klubnya namun bersinar di Liga Inggris. Bahkan salah satunya sekarang jadi kapten Arsenal.  

Setiap jendela transfer tiba, tentu klub-klub sepak bola memanfaatkannya untuk menambah kekuatan komposisi skuatnya. 

Baca Juga

Termasuk kompetisi sepak bola terbaik dunia, Liga Inggris, yang amat rajin membongkar pasang skuatnya. Tidak terkecuali di bursa transfer musim dingin Januari kemarin. 

Bahkan agar tidak memakan biaya terlalu banyak, tidak jarang klub-klub meminjam pemain berkualitas yang memang tidak terpakai di klub lamanya. 

Seperti yang kita ketahui di bursa transfer Januari 2023 kemarin, Chelsea melakukan peminjaman dari Atletico Madrid. 

Baca Juga

Ialah Joao Felix, yang jadi salah satu nama besar yang pindah ke Liga Inggris dengan status pemain pinjaman. Dia merasa butuh tantangan dan liga yang lebih besar. 

Tapi sayang, Joao Felix menodai debutnya sebagai pemain baru Chelsea dengan sanksi kartu merah dalam laga lanjutan Liga Inggris menghadapi Fulham.

Kesialan berlanjut untuk The Blues, di mana pasukan Graham Potter akhirnya kalah 2-1 dari Fulham di laga tersebut. 

Baca Juga

Peminjaman Felix memang belum membuahkan hasil yang diharapkan. Tapi Liga Inggris pernah menjadi tempat para pemain buangan untuk kembali bersinar. 

INDOSPORT sudah merangkum 5 pemain yang dibuang, alias dipinjamkan klub lamanya ke klub Liga Inggris dan hasilnya impresif. Bahkan salah satunya jadi kapten Arsenal sekarang.


1. Ada Pemain Buangan Manchester United

Jesse Lingard

5. Jesse Lingard

Jesse Lingard menjadi salah satu pemain pinjaman yang tampil impresif ketika Manchester United melepasnya ke West Ham United. 

Karena terbatasnya menit bermain, akhirnya Man United yang kala itu masih diasuh Ole Gunnar Solskjaer, melepas Lingard ke West Ham pada Januari 2021. 

Baca Juga

Sebagai pemain pinjaman selama setengah musim, Lingard berhasil menunjukkan penampilan impresif dengan total 16 penampilan, mencetak 9 gol dan 4 assist bersama The Hammers. 

4. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku bukan nama asing di Liga Inggris. Dia sudah melanglang buana di Liga Inggris, dengan membela Chelsea, Manchester United dan West Bromwich Albion. 

Nah, West Bromwich Albion merupakan tempat Lukaku menghabiskan karirnya sebagai pemain pinjaman, karena Chelsea tidak memberinya menit bermain yang reguler. 

Baca Juga

Selama di WBA, striker Timnas Belgia itu berhasil tampil produktif sebagai target man dengan mencetak 24 gol dari 35 pertandingan Liga Inggris. 

Bahkan, Lukaku sempat mencetak hattrick kala West Bromwich menghadapi Man United. Musim 2012/13, West Bromwich juga berhasil finish di papan tengah klasemen. 

3. Raul Jimenez

Ketika bergabung dengan Wolverhampton Wanderers pada 2018 lalu, Raul Jimenez masih dengan status pinjaman selama setahun. 

Baca Juga

Karena musim perdananya di Liga Inggris berhasil tampil impresif, akhirnya Wolves mempermanenkan statusnya di 2019. 

Dengan 37 penampilan di semua kompetisi musim 2018/19, Jimenez berhasil mencetak sebanyak 15 gol untuk Wolves.


2. Ada Kapten Arsenal Sekarang!

Martin Odegaard, pemain Arsenal. Foto: REUTERS/Andrew Couldridge

2. Carlos Tevez

Carlos Tevez pernah menjadi pemain pinjaman di Manchester United dari West Ham United selama dua tahun. 

Bersama Sir Alex Ferguson yang masih melatih, Tevez berhasil mempersembahkan dua gelar yakni Liga Inggris dan Liga Champions untuk Setan Merah. 

Selain gelar, Tevez sebagai striker haus gol juga terbukti moncer di Man United dengan 34 gol dan 14 assist dari 99 penampilan di semua kompetisi. 

Baca Juga

1. Martin Odegaard

Jika berbicara tentang pemain pinjaman yang dibuang klub lamanya, kita harus memasukkan nama Martin Odegaard, yang dilepas ke Arsenal oleh Real Madrid. 

Dipinjamkan Los Blancos pada 2021 lalu, gelandang serang Norwegia ini mampu bangkit dengan menunjukkan kualitasnya bersama tim asuhan Mikel Arteta. 

Bahkan selain dipermanenkan karena penampilan impresifnya, Arsenal lebih tepatnya Mikel Arteta, menunjuk Odegaard sebagai kapten sejak awal musim 2022/2023 ini.

Manchester UnitedChelseaArsenalCarlos TevezWest Bromwich AlbionRomelu LukakuMartin OdegaardRaul JimenezJesse LingardLiga InggrisWolverhampton Wanderers (Wolves)

Berita Terkini