x

Sedang Berada di Turki, Begini Kondisi Terakhir Ronaldo Kwateh Pasca Gempa

Selasa, 7 Februari 2023 17:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Kondisi pemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh, banyak dipertanyakan menyusul adanya gempa besar di Turki beberapa waktu lalu.

INDOSPORT.COM - Kondisi pemain Timnas Indonesia U-20, Ronaldo Kwateh banyak dipertanyakan menyusul adanya gempa di Turki. Pasalnya, ia dilaporkan sedang berada di negara tersebut untuk membicarakan peluang bergabung dengan beberapa klub.

Seperti diberitakan, berbagai wilayah di Turki mengalami kerusakan parah dan ada ribuan korban jiwa akibat gempa pada Senin (06/02/23). Bahkan ada warga negara Indonesia yang terkena dampaknya.

Beruntung, kondisi Ronaldo berada dalam keadaan baik-baik saja. Hal itu dikonfirmasi oleh agen sekaligus pamannya, Julius Kwateh.

"Iya, terima kasih atas perhatiannya. Kami baik-baik saja," kata Julius.

Dengan situasi berduka di Turki, Julius menyampaikan saat ini proses pembicaraan untuk perpindahan Ronaldo harus tertunda. Semua kegiatan sepak bola dihentikan hingga waktu yang belum diketahui.

Baca Juga

Federasi Sepak Bola Turki (TFF) menyatakan semua pertandingan liga divisi pertama dan divisi kedua yang digelar pada Rabu 8 Februari ditunda ke waktu yang lain.

"Belum ada kabar. Semua dihentikan karena gempa, banyak orang meninggal, jadi tidak ada bola dan semua pertandingan dibatalkan," jelas Julius Kwateh.

Baca Juga

Hal tak jauh berbeda disampaikan COO Madura United, Annisa Zhafarina Qosasi, yang memastikan Ronaldo Kwateh selamat dari gempa Turki.

Annisa tidak bisa menjelaskan secara detail, di kota mana posisi Ronaldo saat  gempa besar terjadi di Turki. Putri pemilik Madura United itu juga merahasiakan nama klub Turki yang memberikan pemain 18 tahun itu kesempatan trial.

Ronaldo Kwateh dirumorkan bakal bergabung dengan klub kasta kedua Turki, Bodrumspor. Lalu ada juga tim kasta teratas, Antalyaspor yang memantau anak muda blasteran Indonesia-Afrika itu sejak 2021 lalu.

Baca Juga

1. Klub Ronaldo Kwateh di Liga Turki

Achmad Figo saat mengawal Ronaldo Kwateh pada laga BRI Liga 1 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Selasa (20/12/22).

Dikonfirmasi soal klub tujuan Ronaldo, sang agen, Julius Kwateh masih merahasiakan. Dia minta penggemar sepak bola nasional bersabar, karena akan diumumkan dalam waktu dekat.

Ketika berbincang dengan INDOSPORT pada awal 2022, Julius Kwateh  mengungkapkan ada klub Liga 2 Turki yang melakukan komunikasi. Hanya saja, dia tak bisa membocorkan identitas klub peminat.

"Ada satu tim lainnya juga dari Turki sedang komunikasi dengan kami. Itu klub yang baru dari Liga 2 Turki, tapi mereka ambisi naik ke Liga 1, jadi mereka tak mau disebutkan namanya," ujar Julius.

Tim Liga Turki pertama yang melirik potensi Ronaldo Kwateh adalah Antalyaspor. Hal itu terjadi ketika pemain 17 tahun itu ikut pemusatan latihan bersama Timnas U-19 di Turki pada 2021 lalu.

Aziz Cetin selaku presiden klub Antalyaspor tertangkap kamera meminta nomor telepon Ronaldo Kwateh.

Baca Juga

Tim juara Liga Turki 1985 itu tertarik setelah melihat penampilan Ronaldo Kwateh yang sukses menyumbang dua gol saat Skuat Garuda Nusantara menang 3-1 atas skuad Antalyaspor U18, Minggu (21/11/21).

Setelahnya, Antalyaspor lantas melakukan komunikasi dengan Ronaldo, agennya dan Madura United selaku pemilik sang winger saat ini.

TurkiLiga TurkiBola InternasionalBakat Muda IndonesiaPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriRonaldo Kwateh

Berita Terkini