x

Tak Masuk Proyek Naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Zico Soree Malah Menggila di Belanda

Rabu, 8 Februari 2023 10:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Zico Soree saat bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Tak masuk proyek naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Zico Jamai Soree malah menggila bersama tim barunya, yakni Willem II U-21 di Liga Belanda.

Sebagaimana diketahui, Zico Soree adalah salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda, yang sempat masuk pantauan Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Proyek naturalisasi pemain keturunan ini adalah untuk membantu Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Zico Soree sendiri merupakan pemain keturunan Indonesia yang lahir di Zwolle, Belanda, pada 29 Januari 2003. Kini pemain yang berposisi sebagai striker itu berusia 20 tahun.

Zico Soree sempat bergabung dalam TC Timnas Indonesia U-20 di Spanyol pada pertengahan November 2022 lalu.

Baca Juga

Dari situ, terlihat jika Zico Soree adalah pemain jangkung setinggi 1,8 meter. Zico memiliki kelebihan dalam duel bola udara, serta kecepatan dan akurasi yang baik.

Sayangnya, karena berbagai pertimbangan, Zico Soree tidak masuk dalam kriteria Shin Tae-yong. Ia gagal menjalani naturalisasi dan tak bisa membela Timnas Indonesia.

Baca Juga

Saat akhirnya batal dinaturalisasi, Zico Soree justru menunjukkan kualitasnya sebagai penyerang muda yang patut diperhitungkan di kancah Eropa.

Zico memutuskan hijrah dari PEC Zwolle U-21 menuju Willem II U-21 pada Januari 2023. Hasilnya, ia sangat gacor mencetak gol untuk tim Belanda tersebut.

Baca Juga

1. Pembuktian Zico Soree di Belanda

Zico Soree saat bermain untuk Timnas Indonesia U-20. Foto: PSSI.

Bersama Willem II U-21, Zico Soree tampil menggila. Diketahui, pemain yang saat ini berusia 20 tahun itu telah mengantongi empat gol dari lima penampilannya.

Zico Soree menyarangkan empat gol ke gawang empat tim yang berbeda, yakni Kozakkenboys, Vitesse, NEC, dan FC Emmen, di turnamen level U-21.

Satu kali Zico Soree gagal melesakkan gol ke gawang SC Cambuur. Padahal saat itu ia bermain full time 90 menit.

Zico Soree menjadi top skor sementara di klub Willem II U-21. Di kompetisi resmi, ia membukukan tiga gol.

Sayangnya, penampilan apik Zico Soree tak diiringi dengan rapatnya pertahanan skuat Willem II U-21. Tim ini sering kebobolan, dan akibatnya sulit untuk meraih kemenangan.

Baca Juga

Meski Zico melesakkan gol, namun Willem II U-21 tetap kalah dari Vitesse, NEC, dan SC Cambuur. Sementara laga kontra Emmen berakhir dengan skor imbang 2-2.

Willem II U-21 sendiri tertahan di peringkat keenam dari total delapan kontestan Liga Belanda Divisi 2 kelompok usia U-21.

Namun, prestasi Zico Soree tetap mendapat apresiasi dari penggemarnya di Indonesia.

Baca Juga

Zico Soree juga menegaskan jika ia masih menyimpan kejutan, tidak sampai di sini saja. Ia siap mencetak lebih banyak gol demi mencuri perhatian Shin Tae-yong.

"Not done yet," kata Zico Soree melalui Instagram-nya, yang berarti: masih belum selesai.

Pada kesempatan itu, Zico Soree juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari para penggemar sepak bola di Indonesia.

Baca Juga
BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalLiga BelandaBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini

Berita Terpopuler