x

Deretan Sanksi yang Siap Diterima Indonesia jika Tolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20

Kamis, 23 Maret 2023 21:37 WIB
Editor: Juni Adi
Ilustrasi bendera Israel.

INDOSPORT.COM - Sejumlah sanksi FIFA siap diterima Indonesia andai timnas Israel gagal tampil di putaran final Piala Dunia U-20.

Perhelatan Piala Dunia U-20 2023 memang menyisakan 58 hari lagi. Indonesia pun semakin bersiap menjadi tuan rumah pesta sepak bola dunia kategori usia 20 tahun ini.

Dalam perjalanan menuju Piala Dunia U-20 2023, kerikil-kerikil tajam pun kerap muncul ke permukaan.

Seperti halnya adanya Israel yang lolos dan bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023. Tentu bakal hadirnya Israel mendapat gelombang penolakan dari berbagai pihak.

Disinggung hal ini,Ketua Umum PSSI, Erick Thohir angkat bicara terkait Israel yang bakal tampil di Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. Ia menegaskan terkait keamanan adalah urusan pemerintah.

Baca Juga

Erick mengatakan bahwa PSSI hanya fokus mempersiapkan Timnas Indonesia untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Kemarin sudah ada rapat. Kalau PSSI fokusnya ke penyelenggaraan, kita fokus di situ,” kata Erick Thohir selepas peluncuran merchandise Piala Dunia U-20 2023 Indonesia, di FX Senayan, Rabu (08/03/23).

Erick menegaskan bahwa urusan politik adalah tugas dari pemerintah. Sehingga dia tidak akan menanggapi hal tersebut lebih jauh.

Baca Juga

“Kita juga fokus mempersiapkan Timnas (Indonesia), urusan politik itu domain-nya bukan di kita, itu jelas domain pemerintah,” ucapnya.

Lebih lanjut, Erick menyampaikan bahwa sudah ada perjanjian antara pemerintah pusat dengan daerah lokasi venue Piala Dunia U-20 2023 terkait pengamanan peserta.

Sehingga bukan hanya soal Israel saja, tetapi semua peserta juga dipastikan akan aman. 

Andai PSSI dan Pemerintah tidak mampu meredam gelombang protes kedatangan timnas Israel U-20 ke Indonesia untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023, sepak bola Indonesia tentu menjadi taruhannya karena berpotensi mendapat sanksi FIFA. Apa saja sanksinya?

Baca Juga

1. Status Tuan Rumah Dicopot

Logo Piala Dunia U-20 2023.

Sanksi utama dan pertama yang bisa diberikan oleh FIFA andai timnas Israel tak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 adalah pencabutan Indonesia sebagai status tuan rumah.

FIFA bisa saja melakukan hal tersebut dan menunda penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 untuk mengganti tuan rumah, andai Indoensia tak bisa menjamin Israel tampil.

Pasalnya, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB telah memastikan bahwa tuan rumah di event-event sepak bola di bawah naungan FIFA tak boleh membawa urusan politik.

Jepang hingga Qatar bisa menjadi negara yang ditunjuk FIFA menggantikan Indonesia jika status tuan rumahnya dicabut. Kedua negara tersebut memiliki fasilitas sepak bola yang mumpuni untuk menyelenggarakan event ini.

Jepang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade 2020 sedangkan Qatar baru saja menggelar Piala Dunia 2022 dan akan menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga

Indonesia Tak Lagi Dilirik FIFA

Sudah menjadi risiko bagi seluruh negara tuan rumah harus menjamu para peserta event FIFA yang akan digelar di negaranya, tidak peduli apapun latar belakang negara tersebut muslim maupun tidak.

Sebab event yang digelar itu adalah olahraga, yang seharusnya jauh dari pandangan politik dan mengedepankan sportivitas.

Baca Juga

Dilema itu yang saat ini tengah dialami oleh Indonesia terkati timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023. Secara politik, memang kedua negara tidak mempunyai hubungan bilateral karena kasus penjajahan di Palestina.

Namun secara kaca mata olahraga, Indonesia harus menjamunya karena mereka adalah salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Tanah Air.

Siapa yang tahu Israel U-20 bisa lolos ke putaran final, karena penunjukan tuan rumah Piala Dunia U-20 sendiri sudah ditunjuk sejak 2019 lalu. Oleh sebab itu Indonesia mau tidak mau harus menjamu timnas Israel.

Jika terjadi penolakan dan Israel benar-benar tidak bisa tampil di Piala Dunia U-20, maka wajah Indonesia yang akan dicoreng oleh FIFA.

Bisa dipastikan Indonesia tidak akan bisa lagi dilirik oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah event mereka lainnya.

Baca Juga

Sebab, FIFA akan menjadikan polemik ini sebagai acuan sebelum menunjuk sebuah negara menjadi tuan rumah event-event internasional.

Dibaned FIFA

Sanksi paling berat yang akan dirasakan Indonesia jika menolak Israel di Piala Dunia U-20 2023 adalah pembekuan atau banned dari FIFA.

Dengan pembekuan atau banned dari FIFA itu, sepak bola Indonesia pun tak akan bergeliat dan Timnas Indonesia maupun klub-klub di dalamnya tak bisa bermain di kompetisi resmi dibawah naungan FIFA.

Alhasil roda kompetisi sepak bola nasional juga ikut terhenti dan ranking Indonesia di FIFA juga melorot.

 

FIFAPSSIErick ThohirIsraelPiala Dunia U-20Piala Dunia U-20 2023

Berita Terkini