x

Gibran Rakabuming Siap Gelar Drawing Piala Dunia U-20 di Solo, Ketua KNPI Beri Ancaman

Rabu, 29 Maret 2023 12:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengaku siap menggelar drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Solo yang membuat sekelompok orang meradang.(Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mengaku siap menggelar drawing pembagian grup Piala Dunia U-20 2023 di Stadion Manahan Solo.

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu venue yang disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023, yang terletak di Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, awalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 akan dihelat di Bali, pada Jumat (31/03/23). Namun belakangan, FIFA membatalkan agenda penting ini.

Hal tersebut diduga karena Gubernur Bali, I Wayan Koster bersurat kepada Presiden RI, menolak kedatangan kontingen Israel ke Pulau Dewata.

Keputusan FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 di Bali, membuat status tuan rumah Indonesia terancam ikut dicabut. 

Baca Juga

Tak hanya gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia, Indonesia kini juga dihantui berbagai sanksi. Hal itu memantik Gibran Rakabuming Raka untuk berkomentar jadi juruselamat.

Gibran mengaku siap menggelar drawing Piala Dunia U-20, jika dapat perintah dari PSSI atau Menpora. Saat ini PSSI sendiri masih menempuh upaya diplomasi ke FIFA.

Baca Juga

"Enggak tahu saya (kelanjutan drawing). Jika ada perintah (jadi tuan rumah drawing) dari PSSI, dari Menpora, saya siap," kata Gibran.

Namun, tanggapan Gibran ini rupanya memantik komentar lagi dari Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Haris Pertama, yang menolak kontingen Israel datang ke Indonesia.

Baca Juga

1. Ketua KNPI Beri Ancaman

Walikota Solo, Gibran Rakabuming, menemani Wishnutama sebagai konseptor closing ceremony Piala Dunia U-20 2023 saat mengecek Stadion Manahan Solo. (Foto: Pemkot Surakarta)

Sejak awal, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) tegas menolak kedatangan kontingen Israel ke Indonesia, berkaca pada hubungan diplomatis dengan Palestina.

Salah satu orang yang vokal menyuarakan penolakan Israel adalah Ketua DPP KNPI, Haris Pertama. Ia aktif menyuarakan opininya melalui laman Twitter.

"Jika PSSI dan Erick Thohir tetap ngotot mengadakan Piala Dunia U-20 dengan mendatangkan Timnas Israel, Maka DPP KNPI akan kerahkan kekuatan di seluruh daerah untuk menolak timnas Israel di Piala Dunia U-20," ungkap Haris Pertama.

"Jika PSSI tetap ngotot melaksanakan Piala Dunia U-20 di Indonesia, maka PSSI sudah mengkhianati komitmen para pendiri bangsa terhadap memperjuangkan kemerdekaan Palestina," lanjutnya.

Baca Juga

Lantas, ketika mengetahui Walikota Gibran Rakabuming Raka siap menggelar drawing Piala Dunia U-20 2023 di Solo, Haris pun langsung menyentil anak Presiden Jokowi itu.

"Mas Gibran tolong baca sejarah bangsa ini. Sudah jelas pernyataan Bung Karno bahwa Indonesia tidak akan mengakui Israel selama menjajah Palestina," tulisnya.

Baca Juga

"Palestina harus diakui dunia sebagai negara yang merdeka. Semoga Mas Gibran tidak asal komentar lagi," ungkap Haris lagi.

Namun hingga kini, belum ada tanggapan dari Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, terkait ancaman dari Ketum DPP KNPI tersebut.

Sementara Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat ini sedang bertolak ke Doha, Qatar, untuk melakukan lobi-lobi tingkat tinggi pada FIFA, agar Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga
FIFAPSSIErick ThohirIsraelPiala Dunia U-20Stadion Manahan SoloIndonesia - FIFABola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Gibran Rakabuming Raka

Berita Terkini