x

Batal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Begini Doa Tulus Hokky Caraka

Kamis, 30 Maret 2023 20:48 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Selebrasi gol keempat Timnas Indonesia U-20 yang dicetak Hokky Caraka.

INDOSPORT.COM - Striker Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka mengatakan batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air harus jadi bahan evaluasi semua pihak.

Hokky Caraka mengaku sangat kecewa karena batal wujudkan mimpi tampil di kejuaraan bergengsi dua tahunan tersebut.

Meski Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia U-20 sebagai tuan rumah, Hokky menilai itu harusnya jadi harapan bagi pemain muda dan sepak bola Indonesia. 

Dia meminta pihak-pihak yang menyepelekan dan menyebut Piala Dunia hasil ‘give away’ untuk melihat secara menyeluruh karena dampaknya sangat luas. Apalagi, Hokky dan rekan-rekannya sudah berlatih dan mengorbankan banyak hal dama dua tahun terakhir.

“Ke depan jadi pembelajaran saja. Walaupun kita dapatnya karena tuan rumah, tapi kita berusaha semaksimal mungkin, latihan sehari tiga kali,” kata Hokky.

Baca Juga

“Kalian tak tau gimana kerja keras kami, jadi tolong hargai kami. Jadi kalau mau ngomong, berpendapat jangan seenaknya sendiri soalnya kita ini kena dampaknya. Bukan hanya kami, tapi semua pemain sepak bola karena kita gak tau ke depannya dapat apa dari FIFA,” tambahnya.

Setelah batal di Piala Dunia U-20, Hokky hanya berdoa agar Indonesia tidak dibanned FIFA. Pasalnya potensi sanksi tersebut tetap ada karena FIFA dalam surat resminya mengatakan potensi sanksi terhadap PSSI diputuskan pada tahap selanjutnya.

Baca Juga

“Harapan saya, cuma bisa berdoa agar iIndonesia gak kena sanksi, tapi dapat treatment baru dari FIFA agar dapat selamat dan bisa berkarir di sepak bola,” tuturnya.

Sebelumnya, Hokky sangat vokal soal gonjang-ganjing Piala Dunia U-20. Dia benar-benar merasa kecewa mendalam dan menuliskan status lewat Instagram pribadinya.

Baca Juga

1. Hokky 'Serang' Instagram Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang ikut berlari di Borobudur Marathon 2019

Sementara itu, FIFA memutuskan untuk mencoret Indonesia sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 FIFA 2023 setelah ada pertemuan dengan ketua umum PSSI, Erick Thohir pada Rabu (29/03/23).

Menurut FIFA, keputusan diambil berdasarkan keadaan saat ini di Indonesia. Adapun batalnya Piala Dunia U-20 di Indonesia ditenggarai karena maraknya aksi menolak Timnas Israel U-20 bermain di Indonesia. 

Gubernur Bali, I Wayan Koster dan gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo secara terang-terangan menyatakan menolak Israel bermain di wilayahnya.

Baca Juga

Karena itu, Hokky Caraka yang juga penggawa PSS Sleman turut membanjiri kolom komentar dari Instagram milik Ganjar Pranowo.

Dia menyebut Gubernur Jawa Tengah itu mengubur mimpi para pemain Timnas U-20. Padahal Piala Dunia U-20 2023 merupakan batu loncatan menuju karir yang lebih baik.

Baca Juga
FIFAPSSIIsraelPalestinaPiala Dunia U-20Bola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Hokky Caraka

Berita Terkini